Profil Nobertus Rahardjo Muljono, Mitra Crazy Rich Hermanto Tanoko dalam IPO Penta Valent (IDX: PEVE)

Tempias.com, JAKARTA – IPO PT Penta Valent Tbk. (IDX: PEVE) resmi terlaksana hari ini, Selasa, 24 Januari 2023.

Penta Valent adalah perusahaan dengan bidang usaha healthcare. Berdiri sejak 1968,  PEVE memiliki kemampuan yang luas dalam distribusi produk farmasi. 

Produk-produk farmasi dan barang-barang konsumsi yang didistribusikan seperti kosmetik, personal care, toiletries dan household.

Sejak tahun 2009 Perseroan meningkatkan kompetensinya untuk mendistribusikan produk-produk rantai dingin (Cold Chain Products/CCP) di mana produk harus dijaga pada rentang temperature 2°- 8°C secara konstan pada waktu penyimpanan, pengiriman, sampai dengan diserahkan kepada Rumah Sakit atau Apotek.

 


 

Tercatat  jelang IPO PEVE memiliki 34 kantor cabang di seluruh Indonesia yang melayani 16.500 outlet untuk produk farmasi dan lebih dari 8.200 outlet untuk produk konsumsi. 

Selain cabang, jaringan distribusi Perseroan juga didukung oleh 1 Sales Office, 8 Salesman Station dan 4 Sub-distributor untuk wilayah Papua dan Maluku.

Profil Nobertus Rahardjo Muljono Pemilik Penta Valent IDX PEVE

PEVE menjadi perusahaan publik ke-7 dari group Tancorp milik crazy rich Hermanto Tanoko. Hermanto sendiri masuk ke PEVE sejak 2022.

Dalam IPO hari ini, PEVE menawarkan 353,12 juta lembar saham perdana dengan harga Rp 149. Dengan pelaksanaan ini, maka PEVE meraup dana sebesar Rp52,61 miliar yang akan digunakan untuk memperkuat modal kerja Perseroan.

 

BACA JUGA: Crazy Rich Surabaya Hermanto Tanoko Akuisisi Cahayaputra Asa Keramik (IDX: CAKK)

 

“Kehadiran PT Tancorp Mega Buana sebagai salah satu pemegang saham utama memberikan dukungan penting bagi tiap langkah bisnis Perseroan, mengingat reputasi sebagai korporasi yang besar dan jaringan bisnisnya yang luas,” tulis manajemen PEVE dalam pernyataan resminya jelang IPO. 

Pemilik  Penta Valent (IDX: PEVE)

Sebelum IPO terlaksana, struktur pemegang saham  PEVE terdiri dari PT Tancorp Mega Buana (50,44 persen), PT Maramakmur Selaras (25,28 persen) dan PT Multi Pindotama Mandiri (24,28 persen). 

PT Tancorp Mega Buana adalah entitas yang dikendalikan keluarga Hermanto Tanoko. Crazy Rich dari Surabaya yang juga memiliki emiten lain di BEI seperti PT Avia Avian Tbk. (IDX: AVIA) hingga PT Sariguna Primatirta Tbk. (IDX: CLEO). 

Lalu siapa pemilik Makmur Selaras dan Multi Pindotama Mandiri yang juga pemegang saham terbesar Penta Valent? 

Entitas ini adalah perusahaan yang dikendalikan oleh konglomerat duo bersaudara Muljiono. 

Maramakmur Selaras dimiliki oleh Nobertus Rahardjo Muljono (84 persen), Ratnawati Muljono Bintoro dan Yvon Tjandrawati masing masing 8 persen. 

Sedangkan Albertus Tjondro Muljono memiliki 75 pesen saham Multi Pidotama Mandiri. Sisanya Digenggam Robertus Hartono (9,09 persen) dan Diana Hartono (15,91 persen). 

 

BACA JUGA: Depo Bangunan IPO (IDX: DEPO), Ini Profil 3 Crazy Rich Pemiliknya

 

Hubungan kekerabatan dalam keluarga Muljono ini adalah Nobertus Rahardjo Muljono selaku Komisaris PEVE, merupakan Kakak dari Albertus Tjondro Muljono, dan Robertus Hartono. Sementara Diana Hartono merupakan kemenakan. 

Nobertus merupakan konglomerat dengan beragam usaha. Nama ini berada di balik PT Kajima Indonesia, PT Maris Utama Enterprise, PT Airmas Asri, PT Lingga Hamparan Krida, PT Multi Eraguna Usaha, PT Wahanagriya Aneka Pesona, PT Suryamas Centra Perkasa, PT Penta Valent, hingga PT Prima Sarana Gemilang. 

Sebagai gambaran  Kajima Indonesia adalah perusahaan dengan bidang usaha desain, rancang bangun, konstruksi dan pengembangan sedangkan Prima adalah kontraktor pertambangan dan konstruksi.Nobertus sendiri merupakan alumni Akademi Bahasa Asing Bandung pada 1974. (Putra, O. Permana)

Redaksi Tempias

Tempias.com, portal berita pasar modal, ekonomi dan gaya hidup kekinian. Kontak kami di: redaksi@tempias.com atau divisi usaha: marketing@tempias.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk mengcopy teks yang dibutuhkan hubungi marketing@tempias.com .