Profil Denny Sorimulia Karim, Plt. Direktur Utama Bank Banten (kode saham: BEKS)

Tempias.com, JAKARTA – Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. (Bank Banten/kode saham: BEKS) yang diselenggarakan Jumat, 2 Desember 2022 memutuskan mengangkat Muhammad Busthami sebagai Komisaris Utama Independen, Hoiruddin Hasibuan sebagai Komisaris dan Bambang Widyatmoko sebagai Direktur Operasional.

Tiga nama calon petinggi Bank Banten ini akan efektif setelah dinyatakan lulus Fit and Proper Test dari Otoritas Jasa Keuangan.

Dalam RUPSLB awal Desember 2022 itu, Banten Global Development sebagai pemegang saham pengendali memutuskan memberhentian seluruh dewan direksi dan dewan komisaris BEKS.

Meski demikian, sampai dengan efektifnya pejabat baru maka Komisaris, M. Yusuf dan Direktur Operasional dan Transformasi, Denny Sorimulia Karim, diamanahkan menjadi Pelaksana Tugas (Plt.) Komisaris Utama dan Direktur Utama sampai dengan susunan kepengurusan Dewan Komisaris dan Direksi perseroan terpenuhi.

 

BACA JUGA: Kata Komisaris BEI Pandu Sjahrir Tentang Perusahaan Teknologi (Startup)

 

“Pertimbangan mengganti susunan kepengurusan Bank Banten adalah dalam rangka penguatan dan perbaikan Bank Banten ke depan, juga sebagai upaya percepatan program-program Pemprov,“ tutur Plt. Komisaris Utama Independen, M. Yusuf dalam keterangan tertulisnya.

Dalam RUPSLB yang sama, pemegang saham telah merestui Bank Banten melakukan pembentukan Kelompok Usaha Bank (KUB) sebagai upaya pemenuhan permodalan Bank sesuai POJK 12/2020. Jika berstatus bank umum pembangunan daerah, Bank Banten wajib memiliki modal inti sebesar Rp3 Triliun selambat-lambatnya pada akhir 2024. Sedangkan dengan KUB minimal Rp1 triliun dan Bank Banten telah memenuhinya. Akan tetapi risiko pembentukan KUB adalah pengendalian beralih kepada entitas KUB.

Sementara saat dikonfirmasi, Rahmat Hidayat, Sekretaris Perusahaan Bank Banten menuturkan proses mencari inang untuk KUB masih berproses.

 

BACA JUGA: Best Denki Indonesia Diputus Pailit, Simak Jadwal Kreditor

 

“Untuk KUB, masih dalam proses penjajakan, namun intinya, kami diperbolehkan untuk menjalankan cara pemenuhan modal inti dengan KUB. Belum banyak kandidat dan target untuk menuju ke situ. Masih dalam proses dari BPD besar yang siap untuk jadi inang nya Bank Banten,” ujar Rahmat kepada Tempias.com, Sabtu, 3 Desember 2022.

Lalu bagaimana Profil Denny Sorimulia Karim, Plt Dirut Bank Banten yang menjalankan transisi pengelola ini?

Sebelum menjabat sebagai Plt. Dirut, Denny adalah Direktur Operasional & Transformasi Bank Banten sejak 10 Maret 2021.

Denny merupakan bankir yang telah melewati karir di sejumlah bank swasta. Sebelum ke Bank Banten, ia menjabat sebagai Director And Chief Marketing Officer di Reliance Capital Management (2018-2019), dan menjabat sebagai Direktur Bisnis di Bank Mega Syariah (2019).

Sebelumnya, Sarjana Ekonomi Universitas Trisakti (1997) itu memulai karirnya sebagai Corporate Banking Relationship Manager (1998-2002) di Standard Chartered Bank, ke American Express Bank Jakarta (2022 hingga 2004), Relationship Manager di Citibank (2004-2006), Investment Sales Head Lippo Bank (2006-2007), SAVP Branch Network Development Head Bank Danamon (2007-2010), VP Branch Channel Development Head Bank Danamon (2010-2011).

Pada 2011, Denny kemudian bergabung bersama CIMB Niaga menjadi VP Business Development Retail Banking. Karirnya kemudian dipindahkan sebagai SVP Branch Network Development Head CIMB Niaga hingga 2014.
Karir direksi Denny dimulai pada 2015 di Techcombank, Vietnam sebagai Director Business Development.

Setelahnya ia menjadi Associate Director Operation, Marketing & Data Analytics di PT Commonwealth Life (2016-2018). (Putra, O. Permana)

 

Redaksi Tempias

Tempias.com, portal berita pasar modal, ekonomi dan gaya hidup kekinian. Kontak kami di: redaksi@tempias.com atau divisi usaha: marketing@tempias.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk mengcopy teks yang dibutuhkan hubungi marketing@tempias.com .