IPO PT Venteny Fortuna International (Kode Saham: VTNY): Bidang Usaha, Pemilik, dan Jadwal

Tempias.com, JAKARTA –  PT Venteny Fortuna International Tbk. merancang jadwal IPO pada 14 Desember 2022. Jadwal bersifat sementara sembari menunggu pernyataan efektif dari OJK.

Dalam prospektur ringkasnya hari ini, Senin, 21 November 2022, bidang usaha Venteny Fortuna International adalah perusahaan holding, portal web, dan atau platform digital dengan tujuan komersial, dan aktivitas pengembangan aplikasi perdagangan melalui internet. 

Pada web perusahaan, Venteny Fortuna International sebagai holding didirikan pada 2021. Meski demikian, dalam pernyataan resmi perusahaan, operasi di Indonesia dilaksanakan pada 2019. Badan hukum yang beroperasi di Indonesia mulanya adalah Venteny Matahari Indonesia (2018). Anak usaha lain adalah Venteny Pte Ltd, yang didirikan di Singapura pada 2016. Perusahaan di Singapura ini memiliki anak usaha  di Filipina yakni Venteny Inc dan Deltapeak Lending Inc yang berdiri pada 2015 dan 2017. 

Alamat Venteny Fortuna International berada di World Trade Center (WTC) 5 Lt. 13, Jl. Jend. Sudirman, RT.8/RW.3, Kuningan, Karet, Setiabudi, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia 12920. 

Dalam prospektusnya Venteny menyebutkan akan melepas 939,78 juta saham atau 15 persen dari modal ditempatkan. 

Harga saham IPO Venteny Fortuna International dipatok pada level Rp350 hingga Rp450 per saham. Dengan asumsi ini, maka dari IPO Venteny akan meraup dana sebanyak-banyaknya Rp422,9 miliar. Perusahaan juga dirancang melakukan ESA dan MESOP setelah IPO.

Dijelaskan penggunaan dana jumbo dari IPO ini nantinya akan dijadikan pinjaman kepada entitas anak yakni PT Venteny Matahari Indonesia yakni perusahaan teknologi finansial. 

Jumlah dana yang akan dipinjamkan ke anak usaha itu mencapai 42 persen dari dana IPO atau sekitar Rp 177,62 miliar. Sedangkan sisa dana tidak dijelaskan penggunaannya, namun disebutkan detailnya dapat dilihat dalam prospektus Bab II. 

Melaksana IPO ini, Venety telah menunjuk BRI Danareksa Sekuritas, Surya Fajar Sekuritas dan Mirae Asset Sekuritas Indonesia sebagai broker alias penjamin pelaksana emisi efek. 

Dalam webnya, perusahaan menyebut membangun ekosistem employee super-app melalui kerjasama dengan pihak ketiga untuk menyelenggarakan beberapa layanannya, seperti Program Teknologi Keuangan (V-Nancial), Program Asuransi Berbasis Teknologi (VENTENY Insurance & Protection Program) atau “VIP”, Program Keuntungan Karyawan (V-Merchant), dan Program Pendidikan Berbasis Teknologi (V-Academy). 

Kini, pengguna dapat menikmati kemudahan transaksi layanan Venteny dengan menggunakan e-wallet yang terintegrasi di dalam aplikasi Venteny. Fitur e-wallet ini didukung oleh sistem QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). 

Pemilik PT Venteny Fortuna International Tbk. 

Dalam prospektus awal, pemilik atau pemegang saham Venteny setelah IPO, ESA, dan MESOP adalah: 

  1. Carta Holdings, Inc. (sebeumnya Voyage Group Inc): (19,41 persen)
  2. Junichiro Waide: (19,20 persen)
  3. Ocean Capital, Inc.: (10,23 persen)
  4. Fintech Business Innovation LPS.: (9,11 persen)
  5. KK Investment Holdings Pte. Ltd.: (8,13 persen)
  6. Relo Club, Limited: (6,92 persen)
  7. Lain-lain (dibawah 5%): (5,34 persen)
  8. Masyarakat (13,81 persen)
  9. ESA (0,01 persen)
  10. MESOP (7,38 persen). 

Setelah IPO, OJK melarang 22 nama untuk mengalihkan sahamnya dalam 8 bulan sejak pernyataan pendaftaran.

 

Jadwal IPO Sementara PT Venteny Fortuna International Tbk.

  • Tanggal izin pengumuman Prospektus Ringkas: 18 November 2022
  • Masa penawaran awal: 21 s/d 29 November 2022 
  • Perkiraan Efektif: 2 Desember 2022
  • Perkiraan masa penawaran umum: 6 s/d 12 Desember 2022 
  • Perkiraan tanggal penjatahan: 12 Desember 2022
  • Perkiraan distribusi saham secara elektronik: 13 Desember 2022
  • Perkiraan tanggal pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia: 14 Desember 2022 (Putra, O. Permana)

Redaksi Tempias

Tempias.com, portal berita pasar modal, ekonomi dan gaya hidup kekinian. Kontak kami di: redaksi@tempias.com atau divisi usaha: marketing@tempias.com

One thought on “IPO PT Venteny Fortuna International (Kode Saham: VTNY): Bidang Usaha, Pemilik, dan Jadwal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk mengcopy teks yang dibutuhkan hubungi marketing@tempias.com .