Mengintip Kinerja Astra Financial dari Astra (IDX: ASII)

Tempias.com, JAKARTA – Astra Financial, lini keuangan dalam grup Astra menyiapkan sejumlah strategi untuk memacu kinerja hingga akhir 2022.

Yulian Warman, Group Function Committee Leader Communication & ESG Astra Financial menyebutkan setiap lini dalam konglomerasi keuangan Astra ini memiliki sejumlah strategi untuk memacu bisnis. Dia mencontohkan, FIFGroup memacu optimalisasi layanan kepada customer.

Bentuknya, kata Yulian, dengan melaksanakan pameran virtual FIFGroup Fest dan Spekta Fair di beberapa kota besar mulai dari Sabang sampai Merauke.Termasuk perluasan bisnis pembiayaan dengan menyasar pengusaha mikro.

Sementara itu, ACC dipacu pada core bisnis, yaitu pembiayaan. ACC sejak dulu sudah mengembangkan inisiatif digitalnya untuk memudahkan customer mendapatkan pembiayaan dengan meluncurkan aplikasi mobile ACCYes!, ACC One, serta ACC One On The Web.

“Di tahun ini, anak perusahaan ACC meresmikan Gedung Berjalan Digital Operation Center untuk memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk pelanggan,” ulas Yulian dalam keterangan tertulisnya jelang GIIAS Medan yang dikutip Senin, 10 Oktober 2022.

Bisnis leasing lainnya, TAF juga terus berinovasi demi memberikan pelayanan yang terbaik dan kualitas proses bisnis seperti mobile apps FLEX dan layanan baru TAF Online Services. Selain itu, TAF juga bekerja sama dengan ekosistem digital di Astra Financial, seperti kolaborasi TAF dengan AstraPay, TAF dengan Maucash, TAF dengan SEVA dan juga kolaborasi TAF dengan ekosistem digital di ranah dealer.

Lalu ada Asuransi Astra secara konsisten menerapkan strategi 3P yaitu portfolio, people, dan public contribution. Dari sisi portfolio, Asuransi Astra menerapkan diversifikasi portofolio. Dari sisi people, perusahaan secara aktif meningkatkan kemampuan karyawannya melalui sertifikasi keahlian. Dari sisi public contribution, Asuransi Astra turut serta dalam upaya perwujudan SDGs khususnya terkait bidang bidang kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta pendidikan berkualitas melalui berbagai bentuk kegiatan.

 

Kinerja Astra Financial dari Astra (IDX: ASII)

Lebih lanjut Yulian menjelaskan, saat ini Astra Financial yang merupakan brand dari divisi jasa keuangan PT Astra International Tbk (IDX: ASII) memiliki total aset sebesar Rp 144 triliun per Juni 2022.

Cakupan bisnis menjangkau lebih dari 15 juta pelanggan yang didukung oleh lebih dari 32.000 karyawan dan 900 jaringan di seluruh nusantara.

Brand ini melingkupi 13 entitas yakni FIFGroup, ACC, TAF, Asuransi Astra, KAF, SANF, Astra Life, Astra Ventura, Dana Pensiun Astra, Maucash, AstraPay, MOXA, serta SEVA.

Sedangkan jika dibedah lebih detail, pada semester I-2022 FIFGroup mencatatkan kinerja positif, hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan laba bersih perusahaan yang meningkat 58,65 persen menjadi Rp1,51 triliun dibanding semester I tahun 2021 sebesar Rp 949,27 miliar.

Untuk Provinsi Sumatera Utara, pada semester I-2022 FIFGROUP mencatatkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 657,63 miliar atau turun 11,3 persen dibanding periode sama tahun 2021 yang mencapai Rp 741,48 miliar. Begitupun dari sisi jumlah unit finance yang turun sebesar 15,7 persen menjadi 53.000 unit di semester I-2022 dibanding periode sama pada tahun lalu yang mencapai 63.000 unit.

Astra Credit Companies (ACC) mencatat pembiayaan kendaraan di wilayah Sumatera Utara dengan amount finance Rp 840,9 miliar selama semester pertama 2022 atau meningkat 14,5 persen dari tahun lalu sebesar Rp 734,6 miliar. 

Pada semester pertama tahun ini ACC mencatat jumlah unit finance yang mencapai 5.205 unit yang naik dari tahun lalu sebesar 5.043 unit. Sedangkan pembiayaan yang disalurkan oleh TAF senilai Rp620,4 miliar di wilayah ini Angka tersebut meningkat 35,4 persen dibanding periode sebelumnya yang hanya sebesar Rp458,3 miliar. Hal ini tercermin pula dari unit finance yang diberikan pembiayaan pada semester pertama tahun ini sejumlah 3.159 unit, meningkat dari periode yang sama tahun 2021 sebesar 2.487 unit.

Selain itu, pada semester 1 tahun ini, Asuransi Astra wilayah Sumatera mencatat pertumbuhan positif premi bruto sebesar Rp188 miliar, angka ini meningkat 15% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp164 miliar. (Putra O. Permana)

Redaksi Tempias

Tempias.com, portal berita pasar modal, ekonomi dan gaya hidup kekinian. Kontak kami di: redaksi@tempias.com atau divisi usaha: marketing@tempias.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk mengcopy teks yang dibutuhkan hubungi marketing@tempias.com .