Tahan Serbuan Alibaba Cs, Telkom (IDX: TLKM) Rampungkan Pangkalan Data 2024

Tempias.com, JAKARTA- PT Telkom Indonesia Tbk (IDX: TLKM) terus mwmatangkan bisnis data center. Langkah ini seiring dengan masuknya pusat data asing ke Tanah Air seperti Alibaba, Amazon, dan Tencent.

PGS VP Investor Relation Telkom Raden Achmad Faisal menjelaskan dalam rangka meningkatkan competitive advantages dan sustainable competitive growth, TLKM telah melakukan restrukturisasi bisnis data center. Caranya dengan konsolidasi bisnis dan aset data center TelkomGroup ke dalam satu entitas yaitu Telkom Data Ekosistem (TDE).

“Entitas yaitu Telkom Data Ekosistem (TDE) diharapkan akan dapat diselesaikan pada tahun 2024,” jelas Raden dalam penjelasan resmi kepada Bursa Efek Indonesia, Jumat, 9 September 2022.

Menurut Raden, konsolidasi ditujukan untuk mengakselerasi peningkatan kapabilitas portofolio data center serta mendukung pembangunan ekosistem bisnis data center TelkomGroup sehingga meningkatkan value bisnis data center di masa mendatang. Ke depannya, TelkomSigma akan bertransformasi menjadi B2B IT Services Company yang berfokus pada 3 (tiga) portofolio utama yaitu Cloud, IT services dan digital services.

“Dengan dialihkannya bisnis data center TelkomSigma ke TDE, TDE akan menjadi konsolidator bisnis data center TelkomGroup sehingga layanan yang diberikan kepada pelanggan akan lebih optimal serta memiliki daya tawar yang lebih tinggi dibanding kompetitor,” jelas Raden lagi.

Sedangkan untuk TelkomSigma, menurut Raden setelah pengalihan bisnis data center akan menjadi salah satu new growth engine TelkomGroup. Transformasi
ini diklaim bisa menjadikan TelkomSigma sebagai end-to-end managed service company yang meliputi cloud platform management, cybersecurity, service management, infra management, monitoring dan opimization, dan risk & compliance.

“TelkomSigma juga diproyeksikan untuk bermitra dengan raksasa teknologi dunia dalam memberikan world class IT service dengan standar layanan (SLA).”

Sebelumnya, pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan TDE tanggal 24 Juni 2022 lalu salah satu keputusan pemegang saham menyetujui perubahan nama PT Sigma Tata Sadaya (STS) menjadi PT Telkom Data Ekosistem (TDE). Perubahan nama STS menjadi TDE merupakan tindakan Perseroan yang bersifat formal dan administratif, sehingga tidak memiliki dampak secara materiil terhadap TDE selaku entitas sekaligus subjek hukum.

Selanjutnya, menurut Raden PT Sigma Cipta Caraka akan memfokuskan portofolio bisnisn dan Digital Services ya pada IT Services, Cloud. Bisnis dijalankan dengan mempertimbangkan potensi pertumbuhan yang signifikan hingga beberapa tahun mendatang, khususnya peningkatan permintaan Cloud dan Services 4. di pasar Indonesia.

Sementara itu untuk proyek Hyperscale Data Center dengan kap asitas IT Load Cikarang sudah beroperasi sesuai rencana awal, awal 1,75 Mega Watt (MW). Adapun untuk mencapai capacity full HDC, saat ini dalam proses penyelesaian Campus 1 Lantai 2, 3, dan 4 serta pengembangan Campus 2 dan 3. 5. (Ahmad Ridwan)

Redaksi Tempias

Tempias.com, portal berita pasar modal, ekonomi dan gaya hidup kekinian. Kontak kami di: redaksi@tempias.com atau divisi usaha: marketing@tempias.com

2 komentar pada “Tahan Serbuan Alibaba Cs, Telkom (IDX: TLKM) Rampungkan Pangkalan Data 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk mengcopy teks yang dibutuhkan hubungi marketing@tempias.com .