Tera Data Indonusa (IDX: AXIO) Resmi IPO Rp145 Miliar, Ini Strategi ke Depan

Tempias.com, JAKARTA – PT Tera Data Indonusa Tbk. (IDX: AXIO) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini, Rabu (20/7/2022). Besaran saham yang ditawarkan setara dengan 17,81 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Dalam hajatan IPO ini, AXIO meraup dana segar sejumlah Rp 145,617 miliar atau setara harga pelaksanaan Rp 140 per saham.

“Investor sangat antusias menyambut saham AXIO. Sehingga mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed sebanyak 78 kali,” kata Direktur Utama AXIO Michael Sugiarto dalam siaran pers di Jakarta, Rabu, 20 Juli 2022.

Dia mengatakan dengan kinerja keuangan yang sangat baik dan potensial secara industrinya, bersamaan dengan prospek usaha AXIO dengan Bridging the world technology gap through Innovative−Yet−Affordable (IYA) solutions.

 

BACA JUGA: Profil Michael Sugiarto, Pemilik Tera Data Indonusa (IDX: AXIO)

 

Michael menyampaikan, dana hasil IPO sekitar 90 persen akan digunakan untuk modal kerja (working capital) untuk menunjang peningkatan penjualan Perseroan berupa keperluan pembelian bahan baku komponen dan suku cadang produk Perseroan yang meliputi  LCD, motherboard, SSD, hingga RAM.

Selain itu, akan digunakan untuk pembiayaan piutang usaha, peningkatan kualitas Human Capital Development melalui pengembangan melalui pelatihan internal maupun eksternal serta pengembangan channel distribusi melalui tenaga pemasaran dan perluasan cakupan service centre pada area pemasaran perseroan.

Sisanya 10 persen akan digunakan untuk belanja modal (Capital Expenditure) antara lain untuk perluasan area gudang dan produksi yang berlokasi di pabrik Perseroan saat ini dan pembelian peralatan pendukung produksi berupa conveyor line, forklift, racking management, serta mesin berupa Surface Mounting Technology (SMT) untuk keperluan produksi motherboard dan alat pendukung pengembangan berupa alat tes hasil produksi (Quality Control Kit). 

Untuk memenuhi kenaikan volume permintaan dan penjualan tahun 2022 dan kedepannya serta dapat meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan proses produksi Perseroan.

 

BACA JUGA: Profil Aditiya Fajar Junus, Pemilik Dewi Shri Farmindo (IDX: DEWI) yang Bersiap IPO

 

Dalam kinerja 2021 AXIO mencatatkan kenaikan laba bruto sebesar 400 persen menjadi Rp264 miliar. Alhasil laba bersih tahun berjalan berhasil mengalami kenaikan sebesar 1.056 persen YoY menjadi Rp135 miliar.

Pada tahun 2020 dan 2021, terjadi peningkatan permintaan akan produk Teknologi Informasi (TI), khususnya notebook dan laptop. Kondisi ini turut meningkatkan bisnis notebook dan laptop AXIO di Indonesia karena adanya new normal, dampak dari Covid-19.

Dia menyebutkan, AXIO juga memiliki strategi yang mengedepankan keberlanjutan usaha secara jangka panjang dan strategi memenuhi kepuasan pelanggan. 

“Perusahaan kami terintegrasi secara vertikal dimana peran daripada principal sampai dengan Master Dealer (atau Sub Distributor) dilakukan oleh satu entitas,” ungkap Michael. 

Menurut Michael, AXIO merupakan perusahaan yang paling siap memenuhi ketentuan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) sesuai dengan kebijakan Pemerintah.

Pada 2021, Pemerintah Republik Indonesia membuat kebijakan melalui Perpres No. 12/2021, yang mewajibkan setiap pengadaan di Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah mengutamakan produk dalam negeri yang harus memenuhi standar TKDN dan BMP.

Sesuai dengan ketentuan tersebut, demikian Michael, AXIO memiliki produk-produk dengan jumlah angka TKDN dan BMP melebihi 50%. “Dengan pencapaian angka TKDN dan BMP melebihi 50 persen, AXIO menjadi pilihan dari pengadaan instansi Pemerintah dan BUMN di Indonesia. 

Dalam perhelatan IPO ini, AXIO menunjuk PT CIMB Niaga Sekuritas dan PT BNI Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek. (Ahmad Ridwan)

 

Ira Guslina

Editor In Chief Tempias.com Hubungi saya di guslina@tempias.com

One thought on “Tera Data Indonusa (IDX: AXIO) Resmi IPO Rp145 Miliar, Ini Strategi ke Depan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk mengcopy teks yang dibutuhkan hubungi marketing@tempias.com .