Sosok Murdaya Poo, Crazy Rich di Balik PRJ dan Gurita Bisnisnya

Tempias.com, JAKARTA – Di kalangan pengusaha Indonesia, nama Murdaya Poo sudah tidak asing lagi. Dia masuk dalam 50 daftar orang terkaya di Indonesia alias crazy rich Indonesia versi majalah Forbes. Pria multitalenta ini sukses dalam dunia bisnis dan politik.

Murdaya dikenal luas karena ia adalah pendiri Central Cipta Murdaya yang memiliki investasi di bidang teknik, IT, kelapa sawit, dan kayu lapis. Salah satu pusat konveksi terbesar di Jakarta, Jakarta International Expo pun adalah miliknya.

Tak hanya itu. Nama Murdaya kini makin berkibar setelah tercatat sebagai pemilik saham besar di pengembang properti terdaftar, Metropolitan Kentjana Tbk. Metropolitan Kentjana merupakan pengembang properti yang memiliki Pondok Indah Mall beserta Puri Indah Mall.

Jejak Penjual Koran 

Pemilik nama lengkap Murdaya Widyawimarta Poo mengawali karirnya dari berjualan Koran eceran. Ini ia lakukan di awal masa dewasanya dahulu. Cukup lama ia bergelut dengan polusi, debu dan panasnya aspal jalanan membuat ia pantang menyerah dan memikirkan cara lain untuk menyambung hidup.

Singkat cerita, pada 1972, pria kelahiran Blitar ini memulai usahanya di bidang kontraktor. Sedikit demi sedikit, berkat keuletan dan kerja keras usahanya berkembang pesat dan cepat.

Beruntung, pada masa itu usaha kontraktor hanya dia yang punya, alias di zaman dan era tersebut hanya dia yang membuka usaha itu. Hal ini membuktikan bahwa Poo punya ide bisnis yang menarik dan sangat brilian.

Karena bisnis kontraktornya jadi intan payung di Indonesia, perkembangannya jadi begitu cepat dan mampu membuat Murdaya memperluas dan mendirikan bisnis kontraktor yang yang lebih besar yaitu Central Cipta Murdaya Group pada tahun yang sama.

Jika tak pernah dengar nama itu, mungkin kamu akan tahu PT. Jakarta International Expo (JIExpo) yang mengelola event Jakarta Fair. Event yang jadi salah satu pusat konvensi terbesar di Jakarta ini juga dikelola oleh Poo.

Dari sinilah Poo mulai lebarkan sayap bisinis. Tidak hanya dalam bidang kontraktor saja, melainkan turut juga terjun dalam bidang teknologi informasi, manufaktur, baja, real estate dan agribisnis.

Selain dalam bidang bisnis, ternyata Poo juga ikutan dalam dunia politik. Ia terdaftar sebagai anggota legislatif partai PDIP periode 2004 hingga 2009. Sebelum jadi anggota legislatif, pria ini juga pernah menduduki posisi sebagai bendahara dan pimpinan cabang PDIP.

Keluarga yang selalu mendukung

Murdaya kelahiran Blitar pada 12 Januari 1946. Saat umurnya 25 tahun, tepatnya pada 1971 ia menikahi seorang perempuan cantik dan juga pebisnis tangguh, Siti Hartati.

Jodoh itu cerminan diri, barangkali benar pepatah tersebut. Siti sendiri merupakan orang terkaya nomor 13 di Indonesia.

Istri sah Murdaya ini melakukan kesepakatan kerjasama dengan perusahaan alat olahraga terbesar dunia yaitu Nike. Ia dirikan PT. Hardaya Abeja Shoes Industry khusus untuk memproduksi produk-produknya Nike di Indonesia sendiri.

Seiring berjalannya waktu, Siti ingin punya merk sendiri pula, ia buka pula League.

Pernikahan Murdaya dengan perempuan pebisnis ini melahirkan empat orang anak. Pajna Murdaya, Metra Murdaya, Uppeicha Murdaya dan anak yang paling bungsu adalah Karuna Murdaya.

Kini, tiga orang dari keempat anaknya bahkan menduduki kursi dewan.

Keputusan dan naluri bisnis Poo yang sangat berani dan brilian tidak terlepas dari istrinya. Kerjasama dengan Siti Hartati membuat kekayaan mereka berdua terus saja berkembang. Istrinya memiliki naluri bisnis dan keterampilan yang sangat hebat membuat Poo tidak ragu menempatkan Siti pada posisi yang penting dalam usaha propertinya.

Hasilnya tidak bikin kecewa.

Siti Hartati membuktikannya dengan merekrut manajer hebat dari Korea Selatan untuk pabrik mereka. Karenanya, bisnis mereka terus berkembang.

Kekayaan dan kerjasama Internasional

Kisah Murdaya Poo menarik untuk dibahas karena menjadi inspirasi banyak orang. Kini ia menjadi pemilik grup mal mewah di Jakarta. Puri Indah Mal dan Pondok Indah Mal.

 Selain itu Beliau adalah pendiri Central Cipta Murdaya Group, sebuah perusahaan raksasa yang bergerak di bidang investasi perkebunan kelapa sawit, produksi kayu lapis, teknik dan IT.

Awal yang sederhana dari penjual Koran kini mencakup berbagai macam kategori bisnis yang luas. Murdaya bahkan bermitra dengan perusahaan terkenal seperti Nike, Hitachi, HP, dan IBM. Company tersebut memiliki basis konsumen dan nasabah yang besar di Indonesia.

Gak hanya itu, Poo juga bertanggung jawab untuk tren layanan broadband WiMAX saat ini, serta WIGo WiMAX.

Gedung Jakarta International Expo juga dibeli oleh pria ini sebagai investasinya dalam bidang properti, karena hal itu, ia meraup banyak keuntungan.

Sebelumnya, Murdaya pernah mencari nafkah sebagai penjual koran. Kini, hasil yang dimulai dari menjual koran itu, telah menempatkan Murdaya Poo sebagai orang terkaya di Indonesia. (Wilingga)

 

Redaksi Tempias

Tempias.com, portal berita pasar modal, ekonomi dan gaya hidup kekinian. Kontak kami di: redaksi@tempias.com atau divisi usaha: marketing@tempias.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Untuk mengcopy teks yang dibutuhkan hubungi marketing@tempias.com .