Gelar RUPSLB, BBYB Bersiap Private Placement. Siapa Pembelinya?

Tempias.com, JAKARTA – PT Bank Neo Commerce Tbk (IDX: BBYB) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Rapat akan digelar pada 21 Juli 2022 dengan agenda utama persetujuan rencana Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu atau privat placement. 

Lewat private placement ini, BBYB berniat mengeluarkan sebanyaknya 942 juta lembar saham baru atau setara dengan 10 persen dri modal ditempatkan dan disetor perusahaan. Dengan pelaksanaan penambahan modal ini maka setiap pemegang saham akan mengalami dilusi sebanyak 9,09 persen. 

“Dana yang diperoleh dari PMTHMETD setelah dikurangi biaya-biaya, seluruhnya akan dipergunakan oleh Perseroan untuk memperkuat struktur permodalan Perseroan,: tulis manajemen BBYB dalam keterbukaan informasi yang dikutip, Rabu, 15 Juni 2022. 

PMTHMETD ini dapat dilaksanakan sekaligus atau bertahap dalam jangka waktu 2 tahun terhitung sejak disetujui oleh RUPSLB Perseroan pada hari Kamis, tanggal 21 Juli 2022. Setelah pelaksanaan privat placement BBYB akan mendapatkan tambahan dana sebesar Rp 94 miliar. 

Calon Pembeli 

Penambahan modal lewat privat placement ini selanjutnya akan mengubah komposisi pemegang saham BBYB. PT Akulaku Silvrr Indonesia yang  semula memegang 25,66 persen saham akan mengalami dilusi menjadi 23,33 persen. Selanjutnya PT Gozco Capital sebanyak 13,4 persen, Rockore Financial Technology C0.Ltd sebanyak 5,57 persen, Yellow Brick Enterprise sebanyak 4,7 persen dan masyarakat sebanyak 43,85 persen. 

Selanjutnya calon pembeli saham baru dari privat placement akan menggenggam sebanyak 9,09 persen saham. Lalu siapa yang menjadi calon pembeli saham baru BBYB lewat private placement ini? 

Meski telah mengumumkan pelaksanaan PMTHMETD, BBYB belum mengumumkan siapa yang akan menjadi calon pembeli. Meski begitu, manajemen menjelaskan bahwa private placement mungkin saja akan dilakukan oleh satu atau beberapa investor. 

“Pada tanggal diterbitkannya Keterbukaan Informasi ini belum ditentukan pihak-pihaknya sehingga belum dapat diungkapkan pada Keterbukaan Informasi ini.” (Ira Guslina)

Redaksi Tempias

Tempias.com, portal berita pasar modal, ekonomi dan gaya hidup kekinian. Kontak kami di: redaksi@tempias.com atau divisi usaha: marketing@tempias.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Untuk mengcopy teks yang dibutuhkan hubungi marketing@tempias.com .