Right Issue Bank Victoria (IDX: BVIC) Incar Rp 1,19 Triliun, Awas Dilusi 40,17 Persen

Tempias.com, JAKARTA – PT Bank Victoria International Tbk (IDX: BVIC) menyatakan kesiapan untuk melaksanakan Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD). Rencana right issue tersebut telah disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang berlangsung 3 Juni 2022. 

Berdasarkan RUPS tersebut BVIC akan mengeluarkan sebanyaknya 7,04 miliar lembar saham baru dengan nominal masing-masing Rp 100. Sedangkan harga pelaksanaan direncanakan pada kisaran Rp 140- Rp 170 per lembar saham. 

“Setiap pemegang 137 saham lama yang namanya tercatat dalam DPS pada penutupan perdagangan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 3 Agustus 2022 mempunyai 92 HMETD, di mana setiap 1 (satu) HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli sebanyak 1 (satu) Saham baru,” jelas manajemen dalam keterbukaan informasi yang dikutip, Senin, 13 Juni 2022. 

Melalui Right issue ini, Bank Victoria menargetkan bisa meraup dana hingga Rp 1,19 triliun. Dana ini akan memperkuat struktur permodalan dalam rangka pemenuhan modal inti minimum dan modal kerja pengembangan usaha Perseroan melalui kredit termasuk pemberian kredit dengan layanan digital.

Berdasarkan surat pernyataan tanggal 8 Juni 2022, PT Victoria Investama Tbk selaku Pemegang Saham Utama dan Pengendali dengan kepemilikan 39,37 persen menyatakan akan melaksanakan seluruh HMETD yang menjadi haknya sebanyak 2,7 miliar lembar saham. Dengan perkiraan harga pelaksanaan maksimal Rp 170 maka Victoria Investama telah menyediakan dana hingga Rp 471 miliar. 

Dalam hal terdapat sisa saham yang tidak diambil bagian oleh pemegang saham lain akan dialokasikan terlebih dahulu kepada pemegang saham yang melakukan pemesanan saham tambahan. Apabila masih terdapat sisa saham dalam PMHMETD VI ini, maka saham tersebut tidak akan dikeluarkan dari portepel.

Adapun untuk setiap pemegang saham yang tidak melaksanakan haknya maka akan mengalami dilusi hingga 40,17 persen. 

Berikut perkiraan jadwal pelaksanaan right issue BVIC: 

Tanggal Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (”RUPST”) : 3 Juni 2022

Tanggal Efektif : 22 Juli 2022

Tanggal Cum HMETD di Pasar Reguler dan Negosiasi : 1 Agustus 2022

Tanggal Cum HMETD di Pasar Tunai : 3 Agustus 2022

Tanggal Ex HMETD di Pasar Reguler dan Negosiasi : 2 Agustus 2022

Tanggal Ex HMETD di Pasar Tunai : 4 Agustus 2022

Tanggal Pencatatan (Recording Date) Untuk Memperoleh HMETD : 3 Agustus 2022

Tanggal Distribusi HMETD : 4 Agustus 2022

Tanggal Pencatatan Saham Hasil HMETD di Bursa Efek Indonesia : 5 Agustus 2022

Tanggal Perdagangan dan pelaksanaan HMETD: 5-11 Agustus 2022

(Ira Guslina )

Redaksi Tempias

Tempias.com, portal berita pasar modal, ekonomi dan gaya hidup kekinian. Kontak kami di: redaksi@tempias.com atau divisi usaha: marketing@tempias.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Untuk mengcopy teks yang dibutuhkan hubungi marketing@tempias.com .