Mengenal ORI dan Cara Beli Obligasi Ritel

Tempias.com, JAKARTA – Jika kamu sering berkecimpung di dunia investasi, pastilah pernah mendengar ORI. Tapi buat yang baru belajar bisa jadi masih belum familiar. Tapi tidak masalah karena pada artikel ini, kita akan bahas tuntas soal ORI ini.

ORI adalah singkatan dari Obligasi Negara Ritel. ORI merupakan suatu produk investasi surat berharga negara (SBN) yang ditawarkan oleh pemerintah secara aman, terjangkau, mudah dan menguntungkan. Salah satu manfaat dana ORI bagi pemerintah adalah untuk pembiayaan pembangunan. Makanya jangan salah bila kamu akan disebut sebagai pahlawan negara bila memilih ORI sebagai pilihan investasi. 😊

Selama ini, pendanaan yang diperoleh dari penjualan ORI memang lebih banyak digunakan untuk untuk pembangunan infrastruktur negara dalam kurun waktu tertentu. Pada 2006, pemerintah pertama kali menerbitkan ORI01. Lalu di awal 2022 juga melahirkan kembali obligasi negara ritel seri ORI21.

Pada awal pandemi Covid, pemerintah juga munculkan obligasi baru dengan nama 0RI019. Nah, dana tersebut akan digunakan untuk biaya penanggulangan yang diakibatkan virus. Intinya, sumber pendapatan investasi ini ditujukan untuk mendukung pembangunan nasional. Wah, berarti secara tidak langsung, memberikan keuntungan buat negara kita juga.

Sebenarnya, investasi ini tergolong yang paling aman karena memiliki resiko yang sangat rendah. Bentuknya adalah obligasi atau surat utang yang diterbitkan pemerintah dan kemudian ditawarkan ke masyarakat secara individu. Kemudian nantinya pemerintah akan bayar utang obligasi tersebut pada investor hingga jatuh tempo disertai imbal hasilnya. Nah ini nantinya akan dibuat dalam bentuk kupon.

Kupon tersebut selanjutnya akan dibayar perbulan pada masyarakat yang merupakan investor. Ia juga memiliki tingkat bunga tetap (fixed rate) sampai waktu jatuh tempo.

Sebenarnya, ada banyak sekali keuntungan dan manfaat  investasi obligasi negara ritel ya, misalnya:

  1. Negara telah menjamin investor nantinya akan menerima kupon imbal hasil yang jumlahnya relatif tetap setiap bulannya.
  2. Tiap penawaran produk surat berharga negara, pemerintah berikan kupon yang jumlahnya lebih tinggi dibanding rata-rata tingkat bunga deposito bank. Enggak hanya itu, kamu sebagai investor juga berpotensi dapatkan keuntungan dari memperjual belikannya di pasar sekunder dengan harga yang lebih tinggi.
  3. Pemerintah memberi ruang dan kesempatan kepada seluruh elemen masyarakat untuk berinvestasi secara aman dan terjangkau dengan potensi resiko yang amat rendah.
  4. Investastor dapat melakukan transaksi secara praktis dan mudah dengan sistem online.
  5. Makin banyak yang investasi, maka akan memperkuat nilai mata uang rupiah serta berpartisipasi dalam pembangunan nasional.

Nah, setelah tahu pengertian dan segudang manfaatnya, tentunya semakin tertarik dengan investasi ini kan. Gimana sih caranya?

Sebenarnya mudah saja, Kamu dapat melakukan pemesanan dan investasi ORI secara online melalui e-SBN dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1.       Registrasi

Karena daring, registrasi ini dapat dilakukan setiap saat dan dimana saja bahkan sebelum masa penawaran SBN ritel dibuka.

Calon investor mendaftarkan diri pada sistem elektronik yang disediakan oleh mitra distribusi atau Midis. Seperti registrasi pada umumnya, kamu dapat menginput data diri, nomor single investor identification SID, nomor rekening Dana dan nomor rekening surat berharga.

SID di sini maksudnya adalah kode tunggal dan khusus yang diterbitkan oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) selaku lembaga penyimpanan dan penyelesaian. Jika kamu belum punya nomor SID, rekening surat berharga, dan Rekening Dana, bisa langsung hubungi mitra distribusi.

  1.   Pemesanan

Usai registrasi berhasil, calon investor dapat langsung melakukan pemesanan ORI dengan ketentuan sebelumnya membaca Memorandum Informasi. Perlu diingat, pemesanan ORI memiliki jangka waktu terbatas. Pemesanan hanya dapat dilakukan satu masa-masa penawarannya saja.

 

  1. Pembayaran

Setelah pemesanan berhasil diverifikasi, kamu akan mendapatkan kode pembayaran atau billing code melalui email/sms sesuai kebijakan masing-masing dari mitra distribusi. Nantinya kode pembayaran digunakan untuk menyetor dana investasi. Penyetoran tersebut biasanya lewat ATM, teller, mobile banking, internet banking, Pos atau lembaga persepsi lainnya dalam batas waktu yang telah ditentukan.

 

  1. Konfirmasi

Setelah pembayaran dilakukan, investor akan menerima nomor transaksi penerimaan negara (NTPN) dan notifikasi completed order dan akan menerima alokasi ORI pada tanggal penerbitan.

 

Selanjutnya, kamu bisa langsung meminta bukti konfirmasi kepemilikan ORI pada mitra distribusi. Jika bingung, setidaknya ada beberapa Mitra Distribusi yang dapat dipercaya dan dapat jadi opsi pilihan, berikut diantaranya:

  • PT Bank Central Asia, Tbk
  • PT Bank CIMB Niaga, Tbk
  • PT Bank Commonwealth
  • PT Bank Danamon Indonesia, Tbk 
  • PT Bank DBS Indonesia 
  • PT Bank HSBC Indonesia 
  • PT Bank Mandiri (Persero), Tbk
  • PT Bank Maybank Indonesia Tbk 
  • PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk
  • PT Bank OCBC NISP,Tbk
  • PT Bank Panin, Tbk 
  • PT Bank Permata, Tbk
  • PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk
  • PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk
  • PT Bank UOB Indonesia
  • PT Bank Victoria International, Tbk

Nah, itu tadi penjelasan obligasi ritel dan cara membelinya. Perlu diketahui, bahwa penawaran obligasi ritel yang ditawarkan pemerintah ini semakin diminati oleh investor-investor muda terutama Generasi Milennial dan Gen Z. Ini dikarenakan instrumen investasi pilihan tepat bagi investor pemula yang ingin berinvestasi aman dengan modal terjangkau dan sesuai di kantong.

Jadi, apa kamu tertarik untuk berinvestasi di seri ORI? (Willingga)

Redaksi Tempias

Tempias.com, portal berita pasar modal, ekonomi dan gaya hidup kekinian. Kontak kami di: redaksi@tempias.com atau divisi usaha: marketing@tempias.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Untuk mengcopy teks yang dibutuhkan hubungi marketing@tempias.com .