5 Film tentang Saham yang Bisa Bikin Melek Investasi

Tempias.com, JAKARTABelajar saham terkadang cukup rumit dan membosankan. Namun, mau enggak mau, suka enggak suka, bagi kamu yang tertarik berinvestasi ya tetap harus tahu dan dipelajari. Apalagi belakangan ini berinvestasi saham banyak sekali dipilih anak-anak di Indonesia terutama Gen Z dan Milenial.

Kini, sudah banyak sekali metode pembelajaran yang menarik. Mulai dari menonton video, mendengarkan lagu, podcast, bahkan menonton film.

Nah, cara-cara belajar yang lebih kreatif ini bisa menyulap pembahasan yang membosankan seperti saham ini jadi lebih menarik. Misalnya saja film tentang saham, ini dapat menjadi salah satu pilihan kita yang ingin mulai terjun ke dalam dunia investasi.

Apalagi sekarang, banyak sekali sineas kreatif yang mengangkat cerita tentang dunia investasi ke dalam film layar lebar. Nantinya, film ini dikemas semenarik mungkin agar banyak yang menonton dan tentunya dapat menginspirasi kamu untuk berani terjun di dunia investasi loh, wow.

Nah, ini nih film tentang investasi yang wajib kamu tonton sebelum berkecimpung dalam dunia saham:

Film The Big Short

Film yang disutradarai oleh Adam McKay ini dirilis tahun 2016. Ia mengangkat tentang saham biografi bertema drama yang dibalut dengan komedi-komedi unik.
Film ini mengisahkan empat pria yang punya ide brilian di tengah krisis ekonomi tahun 2007-2010. Mereka memprediksi bahwa KPR di Amerika akan mengalami kemacetan. Karena hal itu, empat sekawan ini memiliki strategi menjual instrument investasi yang belum mereka punya.

Dengan berbagai cara dan strategi tersebut, mereka dapat meraup keuntungan besar dan turut menyukseskan kliennya.

Menariknya dari film ini, enggak hanya hadirkan aktor terkenal, ia turut gandeng langsung ekonom Richard Thaler yang menjelaskan konsep-konsep dunia ekonomi seperti hipotek atau kewajiban utang terjamin.

Film Inside Job

Berikutnya, ada film yang dibuat tahun 2010 yang juga angkat tentang saham. Dokumenter ini meneliti seluk beluk krisis keuangan tahun 2000an.

Charles Ferguson sebagai sutradara, menggali pemicu krisis lewat wawancara dengan ekonom Nouriel Roubini, pengelola investasi Bill Ackman, dan direktur pelaksana IMF saat itu Christine Lagarde.

Film Money

Ini merupakan film tentang investasi yang bermula dari seorang pemuda bernama Jo Il Hyun (Ryu Jun Yeol). Sama seperti mimpi anak muda lainnya, ia ingin sekali menjadi orang kaya dengan uang berlimpah.

Kemudian, Ryu bertemu dengan Beon Ho Pyo (Yoo Ji Tae) seorang penipu pasar saham yang ingin juga jadi milyarder.

Film ini semakin seru saat seorang supervisor jasa finansial mencurigai mereka. Keinginan menjadi orang kaya pun tinggal harapan belaka, Jo Il Hyun terlibat dalam penipuan pasar saham dan mengalami masalah yang tidak juga kunjung usai.

Sebenarnya, film ini memberikan gambaran bahwa penipuan dalam dunia investasi harus diwaspadai dan seringkali terjadi.

Film Margin Call

Margin Call bermula dari sebuah perusahaan finansial yang melakukan pemutusan hubungan kerja pada karyawannya. Pimpinan dan karyawannya dengan segera melakukan rapat dan menjual segala saham hingga perusahaan tersebut jadi tidak bernilai lagi.

Film yang dibintangi Zachary Quinto menjadi salah satu film tentang saham yang layak untuk kamu saksikan. Dikarenakan, penonton disuguhkan istilah seputar investasi. Ia juga sebagai pembelajaran, betapa pentingnya calon investor melakukan riset riwayat saham perusahaan yang dituju.

Enron: The Smartest Guys in the Room

Ini merupakan film dokumenter yang disutradarai oleh Alex Gibney. Bermula dari sebuah penelitian tentang runtuhnya sebuah perusahaan energy dan komoditas Houston yang tersangkut satu kasus penipuan keuangan dan akuntansi terbesar dalam sejarah.

Karena ini film dokumenter, kamu dapat melihat wawancara yang dilakukan Bethany McLean dan Peter Elkind, serta mantan eksekutif dan karyawan dan perusahaan Enron, analisis saham. Enron dibuat tahun 2001 dan dirilis pada 2005.

Nah, itu tadi 5 Film tentang dunia saham dan investasi. Bagi kamu yang ingin terjun dalam dunia investasi, tapi masih malas-malasan belajar, boleh banget tonton dulu 5 film tadi agar pengetahuanmu semakin terbuka.

Selamat mencoba. (Wilingga)

Redaksi Tempias

Tempias.com, portal berita pasar modal, ekonomi dan gaya hidup kekinian. Kontak kami di: redaksi@tempias.com atau divisi usaha: marketing@tempias.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Untuk mengcopy teks yang dibutuhkan hubungi marketing@tempias.com .