Tips Memilih Hotel untuk Liburan Keluarga

Tempias.com, JAKARTA– Berlibur bersama keluarga merupakan cara paling ampuh untuk meningkatkan bonding dengan seluruh anggota keluarga. Alasannya, selama berlibur kita akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk makin dekat antara satu dengan lainnya. 

Saat berlibur bersama keluarga, kita juga bisa melakukan berbagai aktivitas bersama yang akan meninggalkan kesan dan kenangan tak terlupa sepanjang hayat. Selain itu, kita jadi memiliki waktu untuk mendengar kisah dari anggota keluarga lain dan mungkin saja bisa mencarikan solusi bersama atas masalah yang dihadapi salah satu anggota keluarga. 

Salah satu cara untuk menghabiskan waktu bersama keluarga adalah dengan menginap di hotel atau biasa disebut dengan staycation. Staycation adalah momen terbaik bagi keluarga untuk mengisi waktu bersama. Nah, agar staycation menjadi lebih seru, tak ada salahnya memilih hotel keluarga. 

Tak hanya untuk staycation, memilih hotel keluarga juga perlu dilakukan saat melakukan perjalanan bersama. Hotel keluarga biasanya dilengkapi dengan fasilitas yang ramah untuk seluruh anggota keluarga mulai dari kamar tidur, lobby, restoran atau kafe, dan juga fasilitas umum seperti kolam renang dan taman ramah keluarga juga. 

Nah, agar bisa mendapatkan hotel keluarga yang nyaman untuk berlibur bersama, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan. 

1. Sesuaikan kebutuhan

Saat memilih hotel, carilah hotel yang cukup luas sehingga kita bisa lebih leluasa menghabiskan waktu bersama keluarga. Ada baiknya menghindari hotel bisnis karena ukuran kamarnya biasanya relatif terbatas. Hotel bisnis biasanya diperuntukkan bagi eksekutif yang melakukan tugas dinas. 

Apabila ingin menginap dengan keluarga besar, pilihlah hotel yang bisa dipakai untuk bersama. Misalkan, saat kita menginap degan tiga anak (dua balita dan 1 anak dibawa 10 tahun) pilihlah hotel yang tidak saklek dalam menerima jumlah tamu per kamar. 

Perlu dicatat bahwa beberapa hotel memiliki aturan hanya boleh membawa anak maksimal 1 atau 2 saja di tiap kamar. Karena itu, sebelum memasan kamar pastikan sudah bertanya pada resepsionis agar tidak dikenai additional fee. 

2. Ketahui fasilitas kamar

Saat menginap di hotel bersama keluarga pastikan sudah mengetahui fasilitas kamar yang bisa digunakan. Apakah pihak hotel menyediakan bed tambahan bila dibutuhkan. 

Tanyakan juga mengenai fasilitas kamar yang bisa diperoleh seperti apakah dilengkapi kulkas, dan apakah menggunakan saluran TV berlangganan atau tidak. Saat menginap di hotel bersama keluarga biasanya TV bisa menjadi sarana untuk berkumpul bersama. Dan kulkas bisa dimanfaatkan untuk menyimpan camilan yang akan dinikmati bersama keluarga. 

Apabila menginap dalam jumlah besar seperti membutuhkan dua kamar karena ada kakek dan nenek, ada baiknya menanyakan apakah kamar dilengkapi dengan connecting door. Connecting door akan memudahkan kita berkumpul bersama keluarga pada momen tertentu seperti saat menonton bersama. 

3. Ketahui aturan sarapan

Saat menginap bersama keluarga, pastikan juga kita sudah mengetahui aturan sarapan yang berlaku di hotel. Beberapa hotel memberi batasan usia anak yang bisa mendapatkan sarapan gratis include dengan orang dewasa. Namun ada juga hotel yang menerapkan harga normal untuk setiap anak. 

Karena itu bila ingin memanfaatkan fasilitas sarapan gratis dari hotel jangan lupa tanyakan aturan sarapan ini ya. Kita tentu bisa menyiapkan dana yang sesuai saat menuju restoran saat sarapan bila sudah mengetahui aturan hotel. 

4. Pilih Hotel yang dilengkapi fasilitas outdoor.

Saat menginap di hotel bersama keluarga terutama untuk tujuan staycation, kita tentu ingin menikmati waktu bersama keluarga dengan melakukan aktivitas seru seperti berenang atau bersantai di taman. 

Nah, agar tujuan tercapai lihatlah dengan teliti fasilitas hotel sebelum melakukan pemesanan. Agar liburan bersama keluarga lebih seru, pastikan bahwa hotel juga dilengkapi dengan kolam renang, taman, dan area bermain anak. 

5. Pilih Hotel Keluarga

Nah, agar lebih mudah dan tidak perlu repot memeriksa ini dan itu, saat akan melakukan pemesanan hotel langsung saja pilih hotel keluarga pada fitur pencarian. Dengan begitu kita akan lebih mudah dan terbantu. 

Saat akan memesan hotel di Traveloka misalnya, maka masukkan di bagian tamu jumlah anak dan dewasa yang akan menginap. Nah, nanti aplikasi pemesanan hotel ini akan langsung merekomendasikan pilihan hotel ramah keluarga. 

Memasukkan jumlah anak dan dewasa dengan akurat sejak awal akan memudahkan kita pada saat check ini dan berada di hotel. Hotel keluarga biasanya dilengkapi dengan fasilitas ramah anak

Itu dia ya beberapa tips yang bisa jadi perhatian saat memilih hotel keluarga baik untuk staycation maupun untuk perjalanan. Saat kita pergi ke bandung misalnya carilah hotel keluarga di bandung agar liburan menjadi lebih nyaman. 

Kita juga bisa menjadi hotel ramah anak di puncak, atau hotel keluarga di Jakarta saat butuh menginap bersama keluarga tercinta. 

Dan yang paling penting, bagaimanapun keadaannya, jangan lupa untuk selalu menikmati setiap momen yang dihabiskan bersama keluarga. ***

Redaksi Tempias

Tempias.com, portal berita pasar modal, ekonomi dan gaya hidup kekinian. Kontak kami di: redaksi@tempias.com atau divisi usaha: marketing@tempias.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk mengcopy teks yang dibutuhkan hubungi marketing@tempias.com .