Pojok Otomotif Lazada & Cerita Manis dari Rizki-Aries

 

Program Otomotif Anak Negeri lewat kanal Pojok Otomotif Lazada menjadi pembuka jalan bagi UMKM lokal untuk mengembangkan usaha. 

***

 

Tempias.com, JAKARTA – Senyum bahagia terbersit di wajah Aries, Owner Ghento King Shop. Pemilik UMKM otomotif yang fokus membuat sparepart dan aksesoris motor RX King dari daerah Cikarang itu tak bisa menyembunyikan rasa syukurnya atas pencapaian yang ia peroleh sejak bergabung menjadi seller toko daring Lazada. 

“Pada mulanya, konsumen saya hanya terbatas dari komunitas RX King di sekitar. Namun sejak bergabung dengan Lazada, market kami menjadi semakin luas,” tutur Aries saat menjadi narasumber dalam Ngobrol Virtual Santai Lazada dengan Forum Pewarta Otomotif Jumat, pekan lalu. 

Menurut Aries, ia bergabung dengan Lazada Agustus 2020. Pada mulanya ia ragu lantaran selama ini hanya hobi mengotak atik sparepart RX King. Kalaupun ada order hanya untuk teman saja. Namun karena melihat peluang pasar di e-Commerce, apalagi di masa pandemi ia akhirnya mencoba membuka toko online. 

Hal yang membuat Aries bertambah semangat lantaran sejak awal bergabung di Lazada ia mendapat pendampingan. Jadi ia mulai belajar cara mengupload produk yang menarik minat pelanggan. 

“Sekarang konsumen dari Sabang sampai Merauke, order harian meningkat  tinggi. Apalagi di masa-masa kampanye, profit penjualan meningkat hingga 100 persen,” ujar Aries lagi. 

 

Baca Juga : Mengintip Jurus Lazada Dorong UMKM Lokal Lewat Otomotif Anak Negeri

 

Cerita bahagia juga datang dari Nurrizki, Owner Raja Spare Part yang berdomisili di Cirebon. Menurut Rizki, pada awal bergabung di Lazada, ia tidak terlalu yakin bisa menjual leher knalpot secara online karena terbiasa berjualan lewat offline.

“Ternyata, pasar online sangat besar dibandingkan dengan berjualan secara offline. Kadang-kadang saya sampai kehabisan stok,” ujar Rizki. 

Rizki bercerita, pada awal berjualan ia cukup kagok untuk bertransformasi dari jualan offline ke online. Namun dengan bantuan pendampingan dari tim Lazada, ia bisa cepat menyesuaikan diri. Selama beberapa bulan, ia diajari cara menggunakan fitur-fitur yang ada dan bagaimana menampilkan foto yang bagus untuk meningkatkan nilai produk. 

Ia merasa beruntung karena peningkatan omset membuat produksi leher knalpot yang ditekuni bisa berkontribusi untuk masyarakat di sekitar. Sejak menjadi seller di Lazada, karyawan Rizki kini bertambah dari 3 menjadi 17 orang. 

“Kalau orderan banyak, lingkungan saya juga bisa ikut terbantu,” ujar Rizki. 

 

Lazada berikan banyak bonus untuk manjakan konsumen dan seller
Lazada bonus

Dari Hati Membangun Otomotif Anak Negeri 

Salah satu kunci di balik sukses bisnis Aries dan Rizki  adalah adanya pendampingan dari Lazada lewat program The Rising Star. The Rising Star merupakan inovasi dan kontribusi Lazada lewat program Otomotif Anak Negeri. 

VP sekaligus Commercial – Automotive, Lazada Indonesia, Canggih Satriatama menyatakan program Otomotif Anak Negeri memang dihadirkan untuk membantu para UMKM lokal bertumbuh lebih baik. Apalagi Lazada melihat industri otomotif merupakan salah satu industri yang sangat terdampak saat pandemi melanda.

“Program Otomotif Anak Negeri ini ditujukan untuk meningkatkan gairah konsumen dalam mendukung seller UMKM lokal sekaligus memudahkan mereka memenuhi berbagai kebutuhan otomotif,” jelas Canggih. 

Untuk mendukung program, Lazada menyediakan fitur Pojok Otomotif yang memberi ruang pada UMKM lokal untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Menurut Canggih, dari data internal tim Lazada terlihat pengunjung ke kanal Pojok Otomotif meningkat dua kali lipat dibandingkan 2020. Sedangkan penjualan meningkat tiga kali lipat pada periode September 2021 dibandingkan April 2021. 

“Jadi dari segi sumber daya kami beri pelatihan lewat The Rising Star dan dari segi jangkauan pasar kami sediakan fitur Pojok Otomotif yang memberikan diskon hingga 80% untuk suku cadang, dan servis, promo gratis ongkir juga kesempatan untuk memenangkan unit motor Yamaha tipe Yamaha Gear 125 Standard,” ujar Canggih lagi. 

Hadirnya pojok otomotif menurut Canggih juga memberi ruang bagi produk otomotif lokal naik kelas. Konsumen juga bisa melihat produk berkualitas dari merek dalam negeri yang tidak kalah saing di pasar global. 

“Ternyata di indonesia ada merek luar biasa dari industri lokal tetapi banyak yang belum tahu. ini yang ingin kita kembangkan.” 

Mengenai Pojok Otomotif, baik Rizki maupun Aries mengakui telah memberi banyak manfaat untuk bisnis mereka. Konsumen menjadi lebih mudah menemukan produk otomotif yang diincar. Apalagi, Lazada sangat royal dalam membagi promo diskon pada konsumen. Kalau sedang musim promo, dan festival belanja, orderan harian Raja Sparepart’ dan Gento King meningkat signifikan. 

Selain itu Aris mengatakan saat terbantu dengan adanya fitur-fitur yang menarik dan tepat guna seperti fitur free shipping, cashback, dan bonus dadakan. Pada saat promo tak hanya pembeli yang senang, seller pun diuntungkan karena order meningkat drastis. 

“Saya  senang jadi seller di Lazada karena  orderan selalu ada dan makin meningkat. Dan kami disupport asal mau belajar,” ujar Rizki.  (Ira guslina)

 

 

Redaksi Tempias

Tempias.com, portal berita pasar modal, ekonomi dan gaya hidup kekinian. Kontak kami di: redaksi@tempias.com atau divisi usaha: marketing@tempias.com

One thought on “Pojok Otomotif Lazada & Cerita Manis dari Rizki-Aries

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk mengcopy teks yang dibutuhkan hubungi marketing@tempias.com .