Doodle Hari Ini, Google! Selamat Ulang Tahun yang ke-23

Tempias.com, JAKARTA – Pengguna Google Doodle hari ini, 27 September 2021 disuguhi kejutan doodle Selamat Ulang Tahun yang ke-23, Google! 

Dalam lamannya, Google menjelaskan perusahaan internet raksasa itu lahir dari satu pertemuan kebetulan. Takdir yang dapat mengubah jalan hidup. 

“Dalam kasus Google, pertemuan kebetulan antara dua ilmuwan komputer mengubah arah Internet dan kehidupan jutaan orang,” tulis Doodle dalam lamannya.    

 

BACA JUGA: Sosok Sariamin Ismail, Novelis yang jadi Google Doodle Hari Ini

 

Pertemuan yang melahirkan perubahan arah internet itu terjadi 1997. Sergey Brin, mahasiswa pascasarjana di Universitas Stanford, kebetulan ditugaskan untuk memandu Larry Page menunjukkan areal kampus. Larry saat itu sedang mempertimbangkan Stanford untuk sekolah pascasarjananya. 

Pertemuan tidak sengaja itu kemudian membawa keduanya terlibat dalam diskusi serius membangun mesin pencari internet yang lebih praktis. Keduanya kemudian mengembangkan prototipe pertama mereka. 

Fokusnya adalah mengupayakan cara meningkatkan orang berinteraksi di internet. Saat itu pemanfaatan World Wide Web (WWW) belum seperti saat ini. Informasi dinikmati secara terbatas.

Google kemudian memperkenalkan mesin pencari yang mampu merangkum beragam informasi yang tersedia dari miliaran situs dengan alamat www.

 

BACA JUGA: Jadi Tokoh Google Doodle, Ini Profil Marie Thomas Dokter Pertama dari Indonesia

 

Perusahaan kemudian menetapkan 27 September 1998 sebagai hari lahir perusahaan. Nama Google sendiri merupakan pengembangan dari buku ahli matematika dari Amerika Serikat, Edward Kasner.

Penulis buku “matematika dan imajinasi itu” meminta keponakannya memberi nama untuk angka 1 diikuti 100 nol. Maka lahirlah istilah Googol untuk pertamakali.

Filosofi nama ini yang kemudian melandasi perjalanan Google. Tidak berujung. Jadi seberapa besar Google saat ini? maka ingat kembali namanya… Googol. Bilangan yang sangat besar dengan 100 angka nol di belakangnya..

“Pada tahun 1998, Google Inc. resmi lahir,” tulis Google Doodle. 

 

BACA JUGA: Google Doodle Hari Ini, 22 Tahun Google Mengubah Dunia 

 

Kini setelah 23 tahun, sejak prototipe pertama yang dirayakan hari ini diluncurkan, ada miliaran pencarian di Google. Perambahan itu mencakup 150 bahasa di seluruh dunia. 

“Meskipun banyak yang telah berubah dari masa-masa awal Google, dari server pertamanya bertempat di lemari yang terbuat dari balok mainan ke servernya yang sekarang ditempatkan di lebih dari 20 pusat data secara global, misinya untuk membuat informasi dunia dapat diakses oleh semua orang tetap sama.”

 

Redaksi Tempias

Tempias.com, portal berita pasar modal, ekonomi dan gaya hidup kekinian. Kontak kami di: redaksi@tempias.com atau divisi usaha: marketing@tempias.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk mengcopy teks yang dibutuhkan hubungi marketing@tempias.com .