Final! Right Issue BBRI Tembus Rp 93 Triliun, Siap Kebut Holding Ultra Mikro

Tempias.com, JAKARTA – PT Datacom Entrycom mengumumkan rights issue PT Bank Rakyat Indonesia (IDX: BBRI) hanya menyisakan 732,41 juta lembar saham yang tidak terserap. Dalam prospektus awal, BBRI menerbitkan saham baru sebanyak-banyaknya 28,21 miliar lembar.

Dengan realisasi ini, maka BBRI berhasil meraih tambahan modal sebesar Rp 93,46 triliun. Dengan kata lain, jumlah rights yang ditebus mencapai 27,49 miliar lembar.

E. Agung Setiawai, Direktur Utama Datindo menyebutkan berdasarkan surat dari KSEI pada penutupan perdagangan rights yang ditebus ditebus 3,69 miliar saham BBRI oleh investor.

“Bersama ini kami sampaikan bahwa pada tanggal 23 September 2021 telah diterbirkan saham baru hasil pelaksanaan PUT I sejumlah 3.692.243.648 saham,” katanya dalam pengumuman hari ini, Kamis, 23 September 2021.

 

Baca Juga: Realisasi Right Issue BRI (IDX: BBRI) Capai Rp 80,8 Triliun, Kapitalisasi Rp 531 Triliun

 

Setelah rights issue ini rampung, maka saham BBRI yang beredar di masyarakat menjadi 150,82 miliar lembar saham. Dengan harga saham BBRI pada penutupan perdagangan hari ini, Kamis, 23 September di level Rp 3.770, maka kapitalisasi BBRI menjadi Rp 568,61 triliun.

Capaian realisasi right isue BBRI ini merupakan sejarah baru dalam pasar modal tanah air. Sekretaris Perusahaan BRI, Aestika Oryza Gunarto mengatakan pencapaian realisasi right issue merupakan bukti bahwa BBRI masih diminati investor. Hal ini membuat perusahaan makin optimistis dalam menghadapi terbentuknya Holding Ultra Mikro (UMi).

“Atas realisasi right issue yang dipergunakan untuk membentuk Holding Utra Mikro ini akan menjadi sumber pertumbuhan baru bagi BRI,” ujar Aestika kepada Tempias.com

Menurut dia sinergi ekosistem Ultra Mikro ini juga akan memberikan akses layanan keuangan yang lebih luas kepada segmen ultra mikro di Indonesia. Bisnis model BRI, Pegadaian dan PNM diyakini akan saling melengkapi dan memberikan layanan keuangan terintegrasi untuk keberlanjutan pemberdayaan usaha ultra mikro.

Sebelumnya, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara, Kartiko Wirdjoadmojo dalam rapat dengan Dewan Perwakilan Rakyat menyambut hasil right issue yang telah diperoleh oleh BRI. Menurut dia, pelaksanaan right issue telah melampau target realisasi pemerintah yaitu 70 persen. Kartika menyebut hasil right issue BRI mencatatkan sejarah baru dalam pasar modal tanah air.

“Ini moga-moga menjadi angin segar bagi pada pasar modal. Right issue ini memberi ruang pada BRI untuk tumbuh agresif ke depan. Sehingga memberikan angin segar baik pada BRI maupun pasar modal indonesia karena selama ini transaksi BUMN kecil-kecil dan right issue BRI ini akan menjaid yang besar di pasar modal,” ujar Kartiko di ruang rapat Komisi VI DPR, Rabu 22 September 2021. (Ira Guslina)

Ira Guslina

Editor In Chief. Memulai perjalanan jurnalistik sejak mahasiswa. Menjadi wartawan dan editor di beberapa media untuk kemudian mulai memimpin Tempias.com sejak 2020 lalu. Hubungi saya di guslina@tempias.com

3 komentar pada “Final! Right Issue BBRI Tembus Rp 93 Triliun, Siap Kebut Holding Ultra Mikro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk mengcopy teks yang dibutuhkan hubungi marketing@tempias.com .