Bergerak Liar, Bursa Tetapkan UMA Saham KAYU, TRIS dan BIMA

Tempias.com, JAKARTA- PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memperingatkan investor untuk lebih memperhatikan saham tiga emiten pada perdagangan Kamis, 23 September 2021. BEI mengeluarkan Unusual Market Activity untuk tiga emiten.

Emiten yang mendapat peringatan UMA adalah PT Trisula International Tbk (IDX: TRIS, PT Primarindo Asia Infrastruktucture Tbk (IDX: BIMA) dan PT Darmi Bersaudara Tbk (IDX: KAYU). Pada perdagangan Rabu, 22 September 2021 BEI juga memberi status UMA pada perdagangan saham PT Yanaprima Hastapersada Tbk (YPAS) dan PT Mahkota Group (IDX: MGRO).

Dalam keterangan resminya, Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI, Lidia M Panjaitan mengatakan BEI melihat adanya pola transaksi yang tak biasa pada saham KAYU. BEI juga melihat ada peningkatan harga di luar kebiasaan pada saham TRIS dan BIMA.

“Pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundangundangan di bidang Pasar Modal,” ujar Lidia seperti dikutip Kamis, 23 September 2021.

 

BACA JUGA: Tak Mempan Disemprit, Ini Alasan BEI Suspend Saham AYLS dan CBMF

 

Untuk saham BIMA sebelumnya BEI pernah mengeluarkan status UMA pada perdagangan 25 Juni 2021. Sedangkan informasi terakhir pada Bursa dari BIMA dilakukan pada 10 September 2021 berupa laporan bulanan pemegang efek.

Berdasarkan data bursa, harga saham BIMA pada penutupan perdagangan Rabu, 22 September 2021 adalah Rp 228. Harga ini naik 72,73 persen dibanding perdagangan Jumat, 17 September 2021 dengan harga Rp 132.

Sedangkan harga saham TRIS naik 72,73 persen dari perdagangan Jumat 17 September 2021 dari Rp 110 menjadi Rp 194 pada penutupan perdagangan Rabu, 22 September 2021. Sedangkan KAYU naik Rp 24,19 persen dari Rp 62 pada perdagangan Jumat, 17 September 2021 menjadi RP 82 pada penutupan perdagangan Rabu, 22 September 2021.

 

BACA JUGA: Bank Neo Commerce (IDX: BBYB) Tunda Pengesahan Akulaku, Begini Penjelasan Direksi

 

 

Meski memberikan status UMA pada emiten KAYU, BIMA dan TRIS, bursa menyatakan bahwa pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang undangan di bidang Pasar Modal. BEI hanya meminta kepada investor bahwa bursa saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi empat emiten. 

Atas status UMA, BEI meminta investor untuk memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa. Serta mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasinya. 

Selain itu investor diminta mengkaji kembali rencana corporate action Perusahaan Tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS. Juga mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

Selain memberikan UMA, Bursa juga mencabut suspend untuk PT Agro Yasa Lestari (IDX: AYLS) dan PT Cahaya Bintang Medan (IDX: CBMF). Dengan begitu suspend hanya berlaku pada sehari perdagangan, Rabu 22 September 2021 saja. 

 Ira Guslina

Redaksi Tempias

Tempias.com, portal berita pasar modal, ekonomi dan gaya hidup kekinian. Kontak kami di: redaksi@tempias.com atau divisi usaha: marketing@tempias.com

One thought on “Bergerak Liar, Bursa Tetapkan UMA Saham KAYU, TRIS dan BIMA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk mengcopy teks yang dibutuhkan hubungi marketing@tempias.com .