Hari Terakhir Right Issue, Asing Borong Saham BRI (IDX: BBRI)

Tempias.com, JAKARTA – Pada hari terakhir perdagangan, saham right issue Bank Rank Indonesia (IDX: BBRI) diborong asing. Sejak pembukaan perdagangan Rabu 22 September 2021 saham BBRI bergerak ke zona hijau. 

Harga saham BBRI dibuka pada Rp 3.570 dan sempat menyentuh level bawah pada Rp 3.520. Namun tak berlangsung lama karena harganya terus merangkak naik. Hingga berita ini ditayangkan pukul 10.55 WIB harga saham BBRI berada di Rp 3.620. 

Bila dilihat dari neraca perdagangan, saham BBRI termasuk yang paling banyak diborong investor asing. Asing tercatat memborong saham BBRI hingga Rp 169,1 miliar.  

Aksi borong saham BBRI oleh asing ini turut mendongkrak IHSG. Sejak perdagangan pagi, IHSG bergerak di zona hijau dan menyentuh level Rp 6.120 naik 0,95 persen dari harga pembukaan Rp 6.060. Hal ini menepis sentimen negatif tapering dan rontoknya pasar dunia. 

 

BACA JUGA: Prospek Saham BBRI, dari Right Issue hingga Pembentukan Holding Ultra Mikro

 

Sebelumnya, berdasarkan laporan biro registrasi efek yang menangani rights issue Bank Rakyat Indonesia (IDX: BBRI), Datindo Entrycom, jumlah rights yang belum ditukar menjadi saham hingga kemarin atau H-1 perdagangan mencapai 7,33 miliar lembar. 

Dengan mengacu harga pelaksanaan right issue BBRI sebesar Rp 3.400 per lembar, maka nilai HMETD yang belum dilaksanakan hingga 21 September 2021 mencapai Rp 24,93 triliun. 

Meski demikian jumlah ini telah menurun. Pasalnya pada penutupan perdagangan Senin, 20 September 2021, jumlah HMETD yang belum dilaksanakan sebanyak 10,84 miliar lembar. 

“Bersama ini kami sampaikan bahwa pada tanggal 21 September 2021 telah diterbitkan saham baru hasil pelaksanaan PUT I sejumlah 3,51 miliar lembar saham,” tulis E. Agung Setiawan, Direktur Utama Datindo Entrycom, Biro Administrasi Efek BRI dalam pengumuman resminya, Selasa, 21 September 2021.

Agung menyampaikan dengan realisasi HMETD hingga H-1, maka saham BBRI yang telah beredar di masyarakat mencapai 144,22 miliar lembar. 

Sementara itu,, pada hari terakhir perdagangan dan penebusan HMETD BBRI ini, investor yang ingin melakukan pemesanan tambahan dapat menghubungi perusahaan sekuritas terkait.. Proses ini harus diselesaikan sebelum penutupan sesi I atau sebelum pukul 11.30. Jam yang sama ditentukan untuk perdagangan rights BBRI. (Ira Guslina)

Redaksi Tempias

Tempias.com, portal berita pasar modal, ekonomi dan gaya hidup kekinian. Kontak kami di: redaksi@tempias.com atau divisi usaha: marketing@tempias.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk mengcopy teks yang dibutuhkan hubungi marketing@tempias.com .