Hari Ini, Rights Issue BBRI dapat Ditebus dan Diperdagangkan

Tempias.com, JAKARTA – Aksi korporasi right issue PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk. (IDX: BBRI) memasuki periode perdagangan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD).

Periode perdagangan HMETD saham BBRI ini dijadwalkan mulai hari ini, Senin 13 September 2021 hingga 22 September 2021 mendatang. Artinya, investor yang tidak memiliki saham BBRI hingga tanggal cum date lalu, dapat berburu right HMETD BBRI dari investor yang tidak berniat mengambil haknya.

Perburuan hak menukar menjadi saham ini menawarkan keuntungan karena harga saham BBRI pada penutupan perdagangan pekan lalu berada pada level Rp 3.780 per lembar. Bandingkan dengan dengan harga tebus HMETD yang bertengger di Rp 3.400 per lembar. Artinya ada selisih Rp 380 per lembar yang dapat dijadikan ruang nego bagi investor dan pemegang rights HMETD BBRI.

“Pemegang HMETD yang hendak melakukan perdagangan wajib memiliki rekening pada Anggota Bursa atau Bank Kustodian yang telah menjadi Pemegang Rekening di KSEI,” tulis manajemen BBRI dalam prospektusnya yang dikutip kembali, Senin, 13 Agustus 2021.

 

BACA JUGA: Rasio Right Issue BBRI 1:0,23 Harga Pelaksanaan Rp 3.400, Ini Jadwal Lengkapnya

 

Meski potensi keuntungan mengemuka, risiko tetap membayangi investor karena besarnya jumlah saham baru yang diterbitkan yakni mencapai 28 miliar lembar dimana hanya 55 persen diserap pembeli siaga yakni pemerintah, membuat harga saham sangat rentan terhadap fluktuasi. Terutama dari investor yang mengincar keuntungan instan dari aksi korporasi ini.

Sementara, bagi investor yang sudah memiliki saham BBRI saat periode Cum datenya, dapat mulai menukarkan atau melaksanakan HMETD yang dimilikinya.

Untuk mendapatkan saham BBRI dapat dilakukan dengan dua cara yakni melalui penitipan kolektif KSEI dan non penitipan kolektif. Untuk non kolektif, penebusahan saham BBRI dilakukan dikantor sekuritas masing-masing.

Sedangkan bagi investor yang berniat mendapatkan saham BBRI tambahan, dapat mengisi FPPS tambahan. Form ini harus diserahkan kepada sekuritas tempat membuka rekening paling lambat hari terakhir pelaksanaan HMETD saham BBRI yakni 22 September 2021.

“Bagi Pemegang HMETD dalam bentuk warkat/Sertifikat Bukti HMETD yang menginginkan saham baru hasil pelaksanaan HMETD hasil penjatahannya dalam bentuk elektronik harus mengajukan permohonan kepada BAE Perseroan melalui Perusahaan Efek atau Bank Kustodian-nya dengan menyerahkan dokumen,” tercantum dalam prospektus lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *