IHSG Hari Ini Menguat Tipis, Saham BBRI Top Trading Value

Tempias.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini, Kamis, 9 September 2021 ditutup menguat tipis 0,7 persen ke level 6.068. Meski berakhir di zona hijau pada akhir hari, IHSG hari ini sempat terperosok ke level di bawah 6.000. 

Bursa Efek Indonesia mencatat IHSG hari ini menyentuh titik terendah di level 5.982, setelah perdagangan sesi 2 berjalan 25 menit. Indeks kemudian berbalik arah seiring melonjaknya saham-saham blue chip atau IDX30 yang menopang laju indeks ke zona hijau.

IDX30 yang terdiri dari saham-saham blue chip tercatat menguat 1,92 persen. Menguat kedua tertinggi setelah indeks acuan SMIInfra 18 yang melaju 1,97 persen.

 

BACA JUGA: Update Daftar Saham LQ45 2021, Bidang Usaha & Kantor Pusat

 

Data statistik yang dikeluarkan Bursa Efek Indonesia juga menunjukkan meski IDX30 melaju paling kuat secara sektoral, emiten yang paling cuan secara harian masih berasal dari perusahaan-perusahaan lapis kedua.

Secara keseluruhan saham-saham di BEI pada hari ini sebanyak 134 emiten anjlok di bawah 2 persen, selanjutnya 168 perusahaan anjlok sekitar 2 persen. Sedangkan 210 saham lainnya berada di zona hijau dan 241 emiten stagnan tanpa perubahan harga.

 

SAHAM PALING CUAN

Top gainers dalam perdagangan hari ini terdiri dari ASMI, DYAN, SAFE, RELI hingga YELO. Sedangkan saham yang kinerjanya paling tertekan secara harian adalah SOFA, LUCY, MGLV, SAME dan DFAM.

Menguatnya IHSG juga ditopang oleh belanja investor asing. Para trader global itu tercatat melakukan beli bersih sebanyak Rp 830,22 miliar. Belanja yang membuat belanja bersih asing di lantai bursa sepanjang tahun berjalan menjadi Rp 23,17 triliun.

 

BACA JUGA: Daftar Saham Blue Chip 2021 dari Rebalancing MSCI Indonesia Index

 

BEI juga melaporkan 10 saham dengan nilai transaksi terbesar dilakukan pada perdagangan saham hari ini dipimpin oleh Bank Rakyat Indonesia (BBRI). Bank pelat merah yang tengah melakukan aski korporasi right issue itu ditransaksikan sebesar Rp1,25 triliun. Meski nilai transaksi terbesar, harga saham BBRI pada hari ini berakhir stagnan di level Rp 3.730 per lembar.

Di belakang BRI, saham yang ditransaksikan dengan nilai terbesar adalah BBCA (menguat 2,02 persen), RSGK (melemah 4,65 persen), BMRI (menguat 1,6 persen), ARTO (menguat 0.18 persen), ANTM (menguat 5,17 persen), CARE (stagnan), BUKA (melemah 3,55 persen), TLKM (menguat 1,8 persen) dan ASII (menguat 3,81 persen).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *