Mengintip Transformasi Digital ala Astra Financial

Tempias.com, JAKARTA- Aplikasi dengan kombinasi warna biru tua, putih dan jingga kini bertengger di sebagian pengguna smartphone Indonesia. Dengan dominasi warna abu muda di layar utama, pengguna akan dimanja untuk beragam kebutuhan keuangan masa kini. 

Dalam satu aplikasi terdapat sejumlah fitur utama. Ada tabungan digital. Pinjaman dengan dan tanpa jaminan, pembiayaan mobil dan motor baru, serta pembiayaan religi. Bahkan beberapa keperluan masa kini seperti sewa mobil dan bus, berbagai pilihan asuransi tersedia di sini. 

Moxa, begitu nama aplikasinya. Sejak diperkenalkan pada 18 Agustus 2020 oleh PT Sedaya Multi Investama atau biasa dikenal dengan Astra Financial ini kini telah didownload lebih dari satu juta kali. 

Hal yang menarik dari kehadiran aplikasi Moxa adalah adanya kemudahan bertransaksi untuk segala kebutuhan financial. Bayangkan saja, pengguna bisa mengakses beragam produk pembiayaan, tabungan, hingga kebutuhan kendaraan masa  kini yang selama ini dikelola oleh sejumlah unit bisnis di bawah payung PT Astra International Tbk. 

Lewat aplikasi Moxa, pengguna bisa mengelola dan merencanakan keuangan dengan lebih baik lagi. Tak salah bila pada grand launching aplikasi ini pada akhir Maret 2021 lalu, Direktur Astra sekaligus Director in Charge Astra Financial Suparno Djasmin menyebut Moxa sebagai kolaborasi Astra Finansial dalam menghadirkan solusi finansial terbaik masa kini. 

“Moxa mengintegrasikan seluruh kebutuhan finansial dalam satu aplikasi sebab #DenganMOXASemuaBisa dan menjadi pusat dari berbagai layanan keuangan terbaik dari Astra Financial,” ujar Suparno saat peluncuran seperti dikutip dari website Astra Financial, Rabu, 8 September 2021. 

 

BACA JUGA: Siap Saingi Gopay – LinkAja, Konglomerasi Astra Kenalkan AstraPay

 

Hadirnya Moxa, rupanya mendapat sambutan dari masyarakat. Terlebih, lewat inovasi ini pengguna bisa memanfaatkan layanan jasa keuangan dan pinjaman dari bebeberapa entitas bisnis Astra Internasional yang selama ini terpisah. Setidaknya ada tujuh brand perusahaan afiliasi Astra Financial yang tergabung di dalam MOXA antara lain, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Finance (TAF), FIFGROUP, Astra Life, Asuransi Astra, Surya Artha Nusantara Finance (SANF), dan MauCash.

Eka Krismianti, tenaga administrasi online shop di Jakarta menyatakan sangat terbantu dengan keberadaan Moxa. Salah satunya untuk kemudahan pengurusan asuransi kesehatan. Menurut Eka kemudahan pengajuan asuransi yang disediakan aplikasi ini sangat mudah karena ia tak perlu harus ke luar rumah untuk pengurusan asuransi. 

“Baru tahu sebagus itu aplikasinya mulai dari pengajuan di moxa yang simple dan cepat juga feature aplikasinya lengkap,” ujar Eka. 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Bayu Riski. Karyawan swasta di daerah Jakarta Barat ini menyatakan mengenal Moxa dari salah satu temannya. Karena sedang butuh pendanaan, ia pun mencoba mengajukan pinjaman lewat aplikasi Moxa. Dia senang karena pinjaman yang diajukan diterima dengan limit dan angsuran yang sesuai dengan kondisi finansialnya. 

 

Peluncuran Astra Financial
Peluncuran Aplikasi Moxa oleh Astra Financial

Transformasi Digital 

Hadirnya aplikasi Moxa memang diharapkan bisa menjadi solusi berbagai masalah dan kebutuhan finansial masyarakat. Menurut  Suparno, hal itu sejalan dengan visi Astra Financial, yakni menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia. 

Selain itu, menurut dia kehadiran MOXA juga merupakan wujud nyata dari Astra Financial dalam mendukung kebijakan Otoritas Jasa Keuangan yang tercantum dalam Master Plan Sektor Jasa Keuangan Indonesia (MPSJKI) 2021-2025. Salah satu poin yang digarisbawahi adalah perlunya akselerasi transformasi digital dan pengembangan ekosistem jasa keuangan. Transformasi ini diharapkan bisa mewujudkan sistem keuangan nasional yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil.

Sebelum Moxa diluncurkan, Astra Financial telah menaungi sejumlah unit bisnis keuangan yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pengguna. Sebagai contoh ada pembiayaan kendaraan roda dua dan empat lewat FIFGroup, dan layanan asuransi jiwa yang ditawarkan oleh Astra Aviva Life atau lebih dikenal sebagai Astra Life. 

Selama ini saat seorang pengguna memanfaatkan layanan dari salah satu unit bisnis Astra International, dia belum tentu mengetahui dan merasakan manfaat dari layanan unit bisnis Astra yang lain. Dengan adanya Moxa maka layanan dan perencanaan keuangan pengguna menjadi lebih terintegrasi. Aplikasi ini menjadi alternatif digital terkoneksi langsung dengan aplikasi-aplikasi business unit di bawah naungan Astra Financial.

“Moxa hadir sebagai Astra Financial Wealth Hub dengan mengintegrasikan berbagai kebutuhan finansial di dalam satu aplikasi,” ujar Suparno lagi. 

Lebih jauh lagi, Direktur Astra Financial, Handoko Liem mengatakan kehadiran Moxa diharapkan bisa mewujudkan semangat dari nama Moxa itu sendiri yang berasal dari bahasa sanskerta yang berarti kebebasan dari ikatan. Astra Financial ingin semua pengguna Moxa bisa merasakan bahwa Moxa tidak hanya sebagai solusi untuk permasalahan finansial saat ini, tetapi juga turut serta dalam memenuhi tujuan keuangan sampai meraih kebebasan finansial.

Untuk mewujudkan ketahanan finansial inilah, Handoko mengatakan Moxa menjadi bagian dari ekosistem digital Astra Financial yang berperan sebagai Astra Financial Wealth Hub. Lewat Moxa, Astra Financial bisa memberi layanan setiap saat (24/7) untuk memenuhi dan mengelola beragam kebutuhan finansial pengguna. 

“Melalui sebuah kolaborasi ekosistem, baik internal maupun eksternal, kami percaya Moxa dapat menjadi solusi terpadu untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat Indonesia,” ujar Handoko. 

 

Moxa Astra Financial
Peresmian kerjasama Moca dan PermataBank

Inovasi dan Kolaborasi 

Visi Menjadi aplikasi yang menjawab berbagai kebutuhan finansial tak hanya tampak dari integrasi layanan bisnis keuangan dan pembiayaan dalam satu wadah. Astra Financial juga memperhatikan trend penggunaan gawai masyarakat masa kini dan juga kebutuhan pelanggan.

Menurut Handoko, alasan ini membuat pengembangan Moxa selalu berorientasi pada  pendekatan yang fokus memberikan kemudahan bagi pelanggan. Hasilnya, Moxa hadir dengan interface dan customer journey yang simpel dan modern. 

Salah satu inovasinya adalah dengan menghadirkan fitur conversational UI yang dapat membantu pengguna dalam mengeksplorasi fitur dan produk yang ada, Tampilan Moxa yang ringan dan user friendly ini menjadi daya tarik bagi pengguna dari kalangan anak muda. 

“Punya tampilan yang menarik perhatian, simple but elegant, cocok untuk semua kalangan terutama anak muda seperti saya,” ujar Valentino salah satu pengguna aplikasi Moxa, 

Menurut Valentino, keunggulan utama aplikasi Moxa terlihat dari transisi antar tampilan yang halus. Selain itu fitur-fitur yang ada juga mudah dimengerti dan dipahami bahkan oleh pengguna awam. 

Mengenai fitur dan tampilan, Handoko mengatakan, Moxa memang didesain memanfaatkan aggregator dengan kombinasi seluruh produk di bawah naungan Astra Financial yang dijamin sudah berpengalaman puluhan tahun dan lebih terpercaya. Selain itu juga ditopang user centric yang membuat tampilan pada aplikasi ramah bagi pengguna (UI/UX friendly) sehingga tidak membingungkan.

Berbagai inovasi ini menjadi salah satu pendorong melesatnya penggunaan Moxa di masyarakat, Menurut Handoko dalam kurun waktu 6 bulan yaitu sejak soft launching pada Agustus 2020 hingga Januari 2021, aplikasi Moxa telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna dengan dengan pencapaian lebih dari 2.000 contract valid. Hal ini menunjukkan bentuk kepercayaan masyarakat terhadap produk terbaru Astra Financial.

 

BACA JUGA: Ini Profil Lengkap Jajaran Direksi dan Komisaris Baru Astra Group (ASII)

 

Untuk memberi nilai tambah pada pengguna, Moxa juga dilengkapi dengan sejumlah fitur seperti conversational chat, wishlist, dan share (social engagement). Selain itu juga ada  kalkulator simulasi yang berfungsi untuk membantu pengguna dalam menghitung estimasi jumlah cicilan yang akan dibayarkan untuk layanan pembelian mobil. Saat ini Aplikasi Moxa juga dilengkapi dengan beberapa layanan baru yaitu syariah, sewa mobil dan Tabungan Permata moxaKu. 

Layanan Tabungan Permata moxaKu merupakan fitur baru yang diluncurkan Astra pada awal Agustus lalu. Dengan fitur baru ini, pengguna dapat membuka tabungan langsung melalui aplikasi Moxa tanpa perlu berkunjung ke kantor bank. Tabungan Permata moxaKu merupakan kolaborasi PermataBank dan Moxa dimana pelanggan dapat menikmati berbagai keuntungan dan saldo awal terjangkau mulai dari Rp 100 ribu. 

“Kerja sama Moxa dan PermataBank, sebagai Bank BUKU IV yang terdepan dan inovatif dalam layanan digital, melengkapi ekosistem digital Astra Financial yang senantiasa hadir di setiap fase kehidupan masyarakat,” ujar Suparno dalam acara peresmian kerjasama tersebut. 

Direktur Teknologi dan Operasi PermataBank, Abdy D Salimin mengatakan, kerjasama merupakan titik awal penting antara PermataBank dan Moxa dalam memberikan pengalaman finansial yang inklusif dan menyeluruh kepada customer. Menurut dia Pengembangan layanan pembukaan rekening menggunakan jalur Application Programming Interface (API) PermataBank yang ditanamkan di aplikasi Moxa, merupakan inisiatif digital yang pertama tersedia di Indonesia.

Bagi Astra Financial, kerjasama Moxa dengan PermataBank bukan merupakan akhir dari pencapaian. Saat ini Moxa terus mengembangkan sejumlah fitur yang menyesuaikan dengan trend masyarakat. Beberapa fitur yang tengah dikembangkan antara lain penyediaan voucher lewat Moxa Mart, Emas dan pilihan investasi lainnya. 

Presiden Direktur Moxa (PT Astra Kreasi Digital) Daniel Hartono mengatakan peluncuran fitur Tabungan merupakan bagian dari rencana strategis Moxa untuk menjadi sebuah platform yang tidak hanya melayani kebutuhan pembiayaan dan asuransi, tetapi juga membantu para pengguna. (Ira Guslina Sufa)

 

 

 

3 komentar pada “Mengintip Transformasi Digital ala Astra Financial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *