IHSG Hari Ini (8/9) Longsor 1,41 Persen Kapitalisasi Hilang Rp 100 T, Asing Justru Borong Saham Ini

Tempias.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini, Rabu, 8 September 2021 ditutup pada level 6.026 atau anjlok 1,41 persen. 

Saham-saham yang menjadi pemberat IHSG utamanya emiten dari LQ45 seperti BBRI yang anjlok 2,1 persen, BBCA turun 1,98 persen, MDKA turun 3,19 persen, UNVR turun 3,53 persen hingga JSMR anjlok 3,45 persen. Asing terlihat melakukan jual bersih atas efek-efek dengan kapitalisasi jumbo itu. 

Sedangkan top loser dipegang oleh emiten debutan yang IPO pada 2021 ini seperti MGLV, CASH, SOFA. Selanjutnya saham di zona merah adalah IPAC, hingga emiten baru GTSI, LABA serta GPSO.

 

BACA JUGA: IPO Prima Andalan Mandiri (IDX: MCOL), Ini Profil Eddy Sugianto Pemegang Saham Pengendali

 

Akan tetapi di tengah anjloknya IHSG dan obral big caps oleh investor Asing, para pemilik dana jumbo dari pasar global itu juga terlihat masih melakukan belanja pada sejumlah emiten. 

Saham-saham yang ditadah asing itu terkait batu bara serta sektor pendukungnya serta manufaktur seperti ASII yang secara harian sahamnya melemah -1,87 persen, BMRI, PTBA, ADRO, IBP, ITMG, BUKA, UNTR, LPPF, TOWR, TPIA hingga GGRM. 

Secara keseluruhan, asing melakukan net sell harian sebesar Rp 544,57 miliar. Meski demikian jika dihitung dari awal tahun, asing masih membukukan beli bersih Rp22,34 triliun.

 

BACA JUGA: Perkebunan Nusantara III Merger ESW-SAN ke Dalam KPBN, Ini Nasib Karyawan

 

Data Bursa Efek Indonesia dalam statistik harian, Rabu, 8 September 2021 juga mencatat total transaksi dalam perdagangan hari ini sebesar Rp 13,1 triliun tidak berbeda jauh dengan hari sebelumnya. 

Meski demikian, dengan kejatuhan IHSG, maka kapitalisasi pasar modal turun dari Rp7.386 triliun menjadi Rp7.286 triliun atau hilang Rp100 triliun.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *