(Terbaru) Rasio Right Issue BBRI 1:0,23 Harga Pelaksanaan Rp 3.400, Ini Jadwal Lengkapnya

Tempias.com, JAKARTA – Harga tebus hak memesan efek terlebih dahulu atau right issue PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (IDX: BBRI) pada level Rp 3.400 per lembar. Setiap pemegang 1 miliar saham berhak atas 230 juta HMETD. Setiap HMETD berhak menukar dengan 1 lembar saham BRI (Rasio right issue 1:0,23). 

Dalam keterbukaannya yang disampaikan hari ini, Selasa, 31 Agustus 2021, manajemen BRI menyebutkan saham seri B dengan nominal Rp 50 sebanyak 28,21 miliar. Dengan demikian, jika seluruh pemegang saham menebus haknya, maka BRI akan mendapatkan tambahan ekuitas sebesar Rp 95,92 triliun. 

Dari tambahan ekuitas itu, pemerintah sebagai pemegang saham terbesar menyebutkan akan mengambil haknya dengan menempatkan PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) di bawah BRI. Nilai taksir Pegadaian ditetapkan sebesar Rp 48,67 triliun, sedangkan PNM dihargai sebesar Rp 6,1 triliun. Artinya, BRI berasumsi dapat menyerap dana publik sebesar Rp 41,15 triliun.

 

Baca Juga: Tok! Harga Teoritis Right Issue Saham BBRI di Bawah Penutupan

 

Pemegang saham yang tidak mengambil haknya maka nilai sahamnya akan mengalami dilusi maksimal 18,62 persen. Dengan asumsi hanya pemerintah yang menebus saham maka kepemilikan negara akan naik menjadi 61,75 persen dari sebelumnya 56,75 persen. Sedangkan saham publik akan susut dari 42,64 persen menjadi 37,72 persen.

BRI menyebutkan selain mendapatkan PNM dan Pegadaian sebagai anak usaha, dana tunai dari publik yang terhimpun akan digunakan perusahaan untuk modal kerja dan mengembangkan ekosistem ultra mikro serta bisnis mikro dan kecil.

“Secara umum, tujuan dari transaksi ini adalah untuk memperkuat pertumbuhan bisnis Perseroan terutama di segmen mikro melalui pembentukan ekosistem ultra mikro dengan menambah portofolio perusahaan anak yang bergerak di segmen Ultra Mikro. Hal ini sangat diperlukan sebagai sumber pertumbuhan baru ke depan sehingga Perseroan dapat tumbuh berkelanjutan dan memberikan kontribusi  positif  bagi  para  pemegang  saham  dan  pemangku  kepentingan  lainnya,” kata manajemen dalam prospektusnya.

 

BACA JUGA: Pilih Saham BBCA, BBRI, BMRI atau BBNI; Ini Rekomendasi dari Mirae Semester II/2021

 

Cara Tebus Saham Right Issue BRI 2021

Pelaksanaan HMETD BBRI dilakukan 13 September 2021 sampai dengan 22 September 2021. Terdapat 2 cara bagi investor untuk menebus haknya, yakni melalui mekanisme yang berada dalam penitipan kolektif dan prosedur pelaksanaan di luar penitipan kolektif. 

– Cara Tebus saham Right Issue BRI penitipan kolektif

  1. Para  Pemegang  HMETD  dalam  Penitipan  Kolektif  di  KSEI  yang  akan  melaksanakan  HMETD-nya  dapat  mengajukan  permohonan pelaksanaan haknya melalui partisipan (pemegang rekening KSEI) kepada KSEI dengan menyediakan dana serta HMETD-nya di account pada saat pengajuan permohonan pelaksanaan kepada KSEI.

ii  . Satu hari Bursa setelah recording date BAE menerima instruksi deposit HMETD dari KSEI ke rekening-rekening KSEI dan rekening Perseroan untuk sisa dari hasil perhitungan pembulatan ke bawah HMETD yang dilakukan KSEI sesuai dengan persetujuan tertulis dari Direksi Perseroan.

 

BACA JUGA: Prospek Saham BBRI, dari Right Issue hingga Pembentukan Holding Ultra Mikro

 

iii.    Pada  hari  yang  sama  dengan  saat  permohonan  diajukan,  KSEI  akan  melakukan  pemeriksaan  persyaratan permohonan  tersebut dan KSEI akan langsung mendebet account tersebut dan memasukkan dananya ke rekening KSEI di Bank yang digunakannya.

  1.   Pada  hari  bursa  berikutnya  setelah  permohonan  diajukan,  KSEI  akan  melakukan  transfer  dana  dari  rekening  KSEI  ke  rekening Perseroan dengan menggunakan fasilitas RTGS (dana akan efektif pada hari yang sama).

– Cara Tebus saham Right Issue BRI di luar penitipan kolektif

  1. Pendaftaran pelaksanaan HMETD dilakukan di kantor pusat Biro Administrasi Efek (BAE).
  2. Para pemegang HMETD dalam bentuk warkat/sertifikat bukti HMETD yang akan melaksanakan HMETD-nya harus membayar Harga  Pelaksanaan  HMETD  ke  dalam  rekening  bank  khusus  dan  mengajukan  permohonan  pelaksanaan  HMETD kepada BAE Perseroan, dengan menyerahkan dokumen pendukung mulai dari formulir pemesanan sampai identitas diri. 

 

Jadwal Lengkap Rights Issue Bank Rakyat Indonesia (IDX: BBRI) September 2021:

  • Tanggal Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (“RUPSLB”) 22 Juli 2021
  • Tanggal Efektif Pernyataan Pendaftaran HMETD dari OJK 30 Agustus 2021
  • Tanggal Pencatatan (Recording Date) untuk memperoleh HMETD 9 September 2021
  • Tanggal Terakhir Perdagangan Saham Dengan HMETD (Cum-Right) di:
  • – Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi 7 September 2021
  • – Pasar Tunai 9 September 2021
  • Tanggal Mulai Perdagangan Saham Tanpa HMETD (Ex Right) di:
  • – Pasar Reguler dan Negosiasi 8 September 2021
  • – Pasar Tunai 10 September 2021
  • – Tanggal Distribusi HMETD 10 September 2021
  • Tanggal Pra-Pencatatan Saham di Bursa Efek Indonesia 13 September 2021
  • Periode Perdagangan HMETD 13 – 22 September 2021
  • Periode Pendaftaran, Pembayaran dan Pelaksanaan HMETD 13 – 22 September 2021
  • Periode Penyerahan Saham Hasil Pelaksanaan HMETD 15 – 24 September 2021
  • Tanggal Terakhir Pembayaran Pemesanan Saham Tambahan 24 September 2021
  • Tanggal Penjatahan untuk Pemesanan Saham Tambahan 27 September 2021
  • Tanggal Pengembalian Uang Pemesanan Saham Tambahan 29 September 2021

5 komentar pada “(Terbaru) Rasio Right Issue BBRI 1:0,23 Harga Pelaksanaan Rp 3.400, Ini Jadwal Lengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *