MNC Investama (IDX: BHIT) Kantongi Pembeli Siaga, Optimistis Lepas 12 Miliar Saham Baru

Tempias.com, JAKARTA- PT MNC Investama (IDX) BHIT) akhirnya mengumumkan telah mengantongi nama-nama pembeli siaga atas pelaksanaan Penambahan Modal Dengan HMETD (PMHMETD) atau right issue yang akan digelar September 2021. Dalam tambahan informasi prospektus right issue yang disampaikan ke bursa Efek Indonesia, MNC Investama menyatakan para pembeli siaga sudah siap dengan segala konsekuensinya. 

“(pembeli siaga)  telah secara tegas menyatakan kesanggupannya untuk mengambil bagian sisa saham yang merupakan seluruh jumlah saham yang menjadi hak dari pemegang saham lain Perseroan jika tidak diambil oleh mereka,” tulis manajemen BHIT seperti dikutip, Selasa, 31 Agustus 2021. 

Sebelumnya, BHIT telah mengumumkan akan melepas sebanyak 12, 9 miliar saham biasa atas nama. Jumlah ini setara dengan 14,94 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan setelah PUT VII dengan nilai nominal Rp 100 setiap saham. 

 

BACA JUGA: Right Issue Zebra Nusantara (IDX: ZBRA) Incar Rp1,3 triliun, Siapa Pembeli Siaga?

 

Perusahaan telah menetapkan harga pelaksanaan right issue kali ini pada Rp 173. Dengan perkiraan ini, BHIT akan mengantongi maksimal Rp 2,2 triliun. Saham yang ditawarkan  seluruhnya merupakan saham baru yang berasal dari portepel. Selanjutnya setiap pemegang 11 saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada tanggal 8 September 2021 berhak atas 2 HMETD.

Rencananya, masa right issue atau periode perdagangan HMETD di BEI dan periode pendaftaran, pemesanan dan pembayaran akan berlangsung selama sepuluh hari kerja mulai tanggal 10 September sampai 23 September 2021. HMETD yang tidak dilaksanakan hingga tanggal akhir periode tersebut dinyatakan tidak berlaku lagi. Sedangkan masa penjatahan akan berlangsung pada 28 september 2021.

“HT Investment Development Ltd selaku Pemegang Saham Utama Perseroan telah menyatakan tidak akan melaksanakan seluruh haknya dalam PUT VII dan tidak akan mengalihkan HMETD,” tulis manajemen. 

Pembeli Siaga Right Issue BHIT

Meski HT Investment tidak menyatakan kesiapakan ikut dalam right issue, manajemen BHIT kini telah mengantongi nama-nama pembeli siaga. Para pembeli siaga itu adalah Yaris International Ltd., Literati Capital Investment Limited, Literati Capital Investment Limited, Serica Credit Balanced Master Fund, Value Partners Greater China High Yield Income Fund, Felix Christian, Catherine Leung, Lingga Herlina / Felix Christian, Darryl Mark Flint dan Tseng Shih-Bin yang diwakilkan oleh Sasha Bharwani. 

“Apabila setelah konversi ini dan pemegang saham lainnya telah melaksanakan HMETDnya masih terdapat sisa saham yang ditawarkan, maka sisa saham tersebut tidak akan dikeluarkan Perseroan dari portepel.” 

BACA JUGA: Mengintip Tuah Northstar di Saham Mahaka Radio (IDX: MARI)

Selanjutnya seluruh dana yang diperoleh dari PUT VII setelah dikurangi dengan biaya emisi, akan dipergunakan seluruhnya oleh Perseroan untuk melunasi sebagian Obligasi Bersifat Senior Perseroan. Total nilai yang dianggarkan adalah USD 148,73 juta atau setara Rp 2,12 triliun. Sedangkan sisanya akan digunakan sebagai modal kerja termasuk biaya operasional  dengan mengikuti ketentuan peraturan yang berlaku. 

Saat ini harga saham BHIT di pasar berada di kisaran Rp 90. Pada perdagangan Senin, 30 Agustus 2021 harga saham BHIT ditutup pada Rp 95. Dalam sebulan terakhir harga saham tertinggi terjadi pada 6 Agustus 2021 di harga Rp 112. Nilai ini masih jauh di bawah harga pelaksanaan right issue yang dipatok Rp 173. 

PT MNC Investama Tbk lebih dikenal dengan MNC Corporation merupakan perusahaan multinasional yang bergerak di bidang media, finansial, properti, sumber daya alam, dan transportasi. Perusahaan berpusat di Jakarta, Indonesia. Perusahaan di bawah konglomerasi Hary Tanoe Sudibjo ini  didirikan pada 2 November 1989. (Ira Guslina)

One thought on “MNC Investama (IDX: BHIT) Kantongi Pembeli Siaga, Optimistis Lepas 12 Miliar Saham Baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *