Mengintip Tuah Northstar di Saham Mahaka Radio (IDX: MARI)

Tempias.com, JAKARTA- Kinerja Saham PT Mahaka Radio Integra tbk (IDX: MARI) terbilang moncer di lantai bursa. Dalam satu bulan terakhir, harga saham MARI melonjak 91 poin atau setara 19,6 persen. 

Pada perdagangan Jumat 30 Juli 2021, harga saham MARI berada pada level Rp 464. Sedangkan pada pembukaan perdagangan Senin, 30 Agustus 2021  harga saham MARI dibuka pada pada Rp 565. 

Moncernya saham MARI salah satunya ditopang oleh ekspansi yang dilakukan perusahaan. Dalam empat bulan terakhir MARI aktif menggandeng investor besar dalam mengembangkan usaha seperti Alpha JWC Venture dan Kinesys Group. Ppada Maret giliran perusahaan Northstar Pacific asal Singapura juga ikut menyuntikkan dana disusul oleh Kenangan Fund. 

Mengenai investasi di emiten milik Erick Thohir ini, Managing Partners Northstar Patrick Waluyo mengatakan hal itu didasarkan performa MARI. Menurut Patrick MARi telah memiliki label dan disuport penyiar handal yang bisa menggerakkan pasar. 

“Kami lihat MARI punya talenta di stasiun radio. Mereka bisa menarik pengikut baru dengan lebih cepat,” ujar Patrick dalam webinar Indonesia Investment Education (IIE) akhir pekan lalu. 

 

BACA JUGA: Ada Proyek Mas Menteri, Omset Zyrex (IDX ZYRX) Malah Turun

 

Lebih jauh, Patrick menyebutkan bahwa label rekaman yang dimiliki oleh Noice yang merupakan bagian dari MARI merupakan aset yang bisa dikembangkan. Selama ini, Northstar memang dikenal sebagai perusahaan yang jeli dalam melihat emiten-emiten potensial di pasar. 

Selanjutnya, Active Investor and Partner Grup Northstar Henky Prihatna menyatakan masuknya Northstar dalam bisnis platform podcast yang dibesut Noice merupakan realisasi keinginan perusahaan yang sudah ada sejak 2019. Saat itu riset perusahaan menyebutkan konten berbasis radio memiliki prospek pasar yang bagus.

Berdasarkan analisis dari google trends dan youtube, Northstar menemukan pencarian untuk kata kunci Podcast meningkat drastis. Pasar pun mulai menyenangi podcast yang bagus dan berkualitas dibanding youtube.

Keinginan merambah bisnis radio menjadi klop setelah Northstar mencermati bahwa Mahaka Radio lewat program Noice tengah bertransformasi menggarap pasar audio Tanah Air. Apalagi, saat ini Mahaka Radio merupakan jaringan radio terbesar dengan channel yang sudah familiar seperti Jak FM dan Gen FM. 

Saat ini kepemilikan saham MARI dipegang oleh PT Beyond Media dengan 40,35 persen diikuti PT Mahaka Media sebanyak 15,49 persen. Selanjutnya masyarakat memiliki 43,9 persen saham MARI. MARI memiliki sejumlah anak usaha di antaranya PT Mahaka Radio Digital Platform Digital, PT Radio Attahiriyah, PT Radio Camar, PT Radio Kirana Insan Suara,  PT Radio Merpati Dharmawangsa, PT Radio Mustang Utama, dan lainnya yang bergerak di bidang penyiaran radio. 

Saat ini MARI lewat Noice tengah menyiapkan sejumlah gebrakan usaha. Platform konten audio digital itu bahkan merekrut dua veteran Google sebagai pimpinan Noice yaitu Rado Adrian dan Niken Sasmaya.  Rado dinobatkan menjadi  Chief of Executive (CEO) Noice. Sebelum itu ia telah berpengalaman dalam mengembangkan bisnis Google ads di industri FMCG.

 

BACA JUGA:  Saham Mahaka Medika (IDX: ABBA): Menakar Prospek dan Kinerja, Terkerek Northstar?

Kinerja Keuangan MARI

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, kinerja usaha pada tahun buku 2020 menurun dibanding pada 2021. Perusahaan membukan rugi Rp 49 miliar pada tahun buku 2020, sedangkan pada tahun buku 2019 perusahaan mencatatkan untung Rp 31 miliar. 

Penurunan laba ini disebabkan membengkaknya beban program dan siaran dari Rp 4,3 miliar pada 2019 menjadi Rp 8,1 miliar pada 2020. Selain itu juga terjadi penurunan nilai goodwill sebanyak Rp 5 miliar. Sedangkan total aset berkurang dari Rp 355 miliar pada 2019 menjadi Rp 317 miliar pada 2020. 

Mengenai perkembangan kinerja usaha, rencananya, MARI akan mengadakan public expose pada 26 Agustus 2021. Belakangan Direktur Utama MARI, Adrian Syarkawi mengatakan perusahaan menunda pelaksanaan Pubex. 

“Perseroan menyampaikan akan menunda pelaksanaan Public Expose sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut,”ujar Adrian dalam Keterbukaan Informasi yang dikutip Senin, 30 Agustus 2021. 

3 komentar pada “Mengintip Tuah Northstar di Saham Mahaka Radio (IDX: MARI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *