Scomi Malaysia Jual RIGS, Jalan Ekspansi Kartika Samudra ke Lantai Bursa?

Tempias.com, JAKARTA – PT Rig Tenders Indonesia Tbk (IDX: RIGS) bersiap kedatangan investor baru. Kepastian itu setelah Scomi Marine Services Pte. Ltd., anak usaha Scomi Group Berhad Malaysia mengumumkan menjual seluruh sahamnya yang ada di PT Rig Tenders Indonesia Tbk (IDX: RIGS). 

RIGS adalah perusahaan logistik dengan bidang usaha distribusi batu bara. Per akhir Juli, pemegang saham di atas 5 persen RIGS hanya Scomi Marine Services Pte. Ltd.

Jumlah saham yang dilego oleh Scomi Marine sebanyak 490,59 juta lembar saham atau setara 80,54 persen. Perjanjian jual beli bersyarat (CSPA) sendiri telah ditandatangani pada 26 Agustus 2021.

 

BACA JUGA: Tangan Midas GIC ke Bukalapak (IDX: BUKA), Mengulang Kisah Bank Jago (IDX:ARTO) & EMTK?

 

Perusahaan tidak mengumumkan harga penjualan, akan tetapi, harga tender wajib saham publik (tender offer) diperkirakan berada pada level Rp 212 per lembar. Dengan mengacu harga yang sama, maka Scomi akan menerima Rp 104 miliar dari divestasi ini.

Bertindak sebagai pembeli adalah PT Surya Indah Muara Pantai. Perusahaan yang teregistrasi di Berita Negara sejak 2003. 

Dalam pengumumannya, Surya Indah Muara Pantai beralamat di Jalan Jelawat No 23, Samarinda, Kalimantan Timur. Alamat ini adalah Graha KSA. Gedung milik PT Kartika Samudra Adijaya (KSA).     

 

BACA JUGA: BOI Lepas Bank of India Indonesia (IDX: BSWD), Siapa Investor Baru Penampungnya?

 

Kartika Samudra adalah perusahaan yang memiliki bidang usaha mirip dengan RIGS. KSA adalah salah satu penyedia kapal tongkang batu bara terbesar di Tanah Air. 

Perusahaan yang dipimpin oleh Kartika Hadi itu juga memiliki jasa pengangkutan pasir silika, bijih besi dan baru koral dengan cakupan pengiriman Asia Tenggara. 

Sementara itu, Hadi Sunarto, Direktur Utama Surya Indah Muara Pantai menyebutkan akusisi RIGS dapat meningkatkan keberhasilan perseroan secara menyeluruh karena pengambilalihan merupakan tindakan ekonomi, strategis, keuangan dan komersial yang terbaik bagi perusahaan. 

“Negosiasi dilakukan secara langsung oleh perusahaan dengan penjual. Penyelesaian rencana pengambilalihan akan dilaksanakan sesuai sesuai dengan ketentuan-ketentuan dan syarat pendahuluan sebagaimana diatur dalam PPSB telah terpenuhi,” kata Hadi. 

 

BACA JUGA: IPO September 2021, Ini Profil & Prospek Cemindo Gemilang (IDX: CMNT)

 

Dari lantai bursa, Presiden Direktur RIGS Mastura Binti Mansor mengatakan masuknya pengendali baru diharapkan menjadi jalan bagi perseroan meningkatkatkan kinerja. 

Dia mengatakan dengan status hukum investor baru, maka RIGS akan berubah dari perusahaan asing menjadi perusahaan penanaman modal dalam negeri. Dampaknya, ekspansi dapat lebih meluas. 

“Perseroan dapat mengembangkan aktivitas bisnis perseroan yang sebelumnya terhambat dengan adanya asas cabotage law. Hal ini akan memberikan dampak positif terhadap kinerja operasional dan keuangan perseroan dan dapat meningkatkan profitabilitas perseroan,” kata Mastura. 

RIGS sendiri belum melaporkan kinerja keuangan Juni 2021. Sementara itu, per akhir Maret 2021, RIGS memiliki aset setara USD 45,38 juta atau setara Rp 655,85 miliar rupiah. 

Dari aset itu, sebanyak USD 42,15 juta merupakan ekuitas. Meski demikian jumlah kekayaan perusahaan ini menyusut dibandingkan periode 30 Juni 2020 dimana perusahaan membukukan ekuitas USD 44,54 juta dolar. 

Saat aset menyusut, RIGS juga tercatat mengalami kerugian akibat susutnya pendapatan. Pada Maret 2021, pendapatan perseroan tinggal USD 12,23 juta. Berbanding USD 25,53 pada Juni 2020. 

 

BACA JUGA: Jadwal IPO Hasnur Internasional Shipping (IDX: HAIS), Ini Cara Pesan & Harga Saham

 

Penyusutan pendapatan itu akhirnya membalik keadaan keuangan perusahaan dari untung USD 1,77 juta dolar pada Juni 2020 menjadi rugi USD 2,38 per Maret 2021 lalu. 

Harga saham RIGS sendiri pada penutupan perdagangan Kamis, 26 Agustus 2021 ditutup pada level Rp 212 per lembar. Harga saham ini sepanjang tahun berjalan (year to date/ytd) melemah 20,3 persen dari level Rp 266 per lembar saham.

One thought on “Scomi Malaysia Jual RIGS, Jalan Ekspansi Kartika Samudra ke Lantai Bursa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *