Harga Saham IPO GPSO Rp 180, Ini Jadwal Pemesanan dan Pencatatan di BEI

Tempias.com, JAKARTA – PT Geoprima Solusi Tbk (IDX: GPSO) mengumumkan harga saham IPO per lembar Rp 180. Saham IPO ini akan ditawarkan mulai 30 Agustus 2021 hingga 2 September 2021.

Berdasarkan pengumuman dari KSEI, 27 Agustus 2021, Geoprima Solusi akan menerbitkan 166,66 juta saham baru yang dikeluarkan dari portepel. Jumlah ini setara dengan maksimal 25 persen modal ditempatkan dan disetor penuh. Nominal saham yang dikeluarkan adalah Rp 50.

Dengan harga pelaksanaan IPO Rp 180 per lembar saham, maka perusahaan diperkirakan akan mendapatkan Rp 29,99 miliar.

Berindak sebagai penjamin pelaksana IPO GPSO adalah PT NH Korindo Sekuritas Indonesia. Sedangkan penjamin emisi adalah PT Surya Fajar Sekuritas.

 

BACA JUGA: IPO Geoprima Solusi (IDX: GPSO): Begini Profil, Prospek dan Bidang Usahanya

 

Syafruddin, Direktur KSEI menyebutkan bersama dengan IPO juga akan diterbitkan waran 166,66 juta lembar atau sebesar 33,33 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka Penawaran Umum Perdana Saham ini.

“Waran Seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang Saham Baru yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada Tanggal Penjatahan. Setiap pemegang 1 Saham Baru Perseroan berhak memperoleh 1 Waran I dimana setiap 1 Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru Perseroan yang dikeluarkan dalam portepel. Waran seri I yang diterbitkan mempunyai jangka waktu pelaksanaan selama 1 tahun,” ulasnya.

 

BACA JUGA: Jadwal IPO Hasnur Internasional Shipping (IDX: HAIS), Ini Cara Pesan & Harga Saham

 

Dana yang diperoleh dari hasil IPO rencananya akan digunakan GPSO untuk belanja modal terdiri dari 30,6 persen untuk pembelian aset berupa Ruko dari pihak terafiliasi Perseroan. Selanjutnya sekitar 36,74 persen untuk pembelian Lidar Optech atau Light Detection and Ranging yang merupakan sebuah teknologi peraba jarak jauh optik yang mengukur dengan cahaya yang tersebar untuk menemukan jarak dan informasi lainnya. Pembelian atas Lidar Optech tersebut adalah dengan pihak ketiga.

Selanjutnya, sekitar 20.41 persen akan digunakan untuk pembelian persediaan yaitu Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau pesawat tanpa awak dengan principal dari luar negeri yang merupakan pihak ketiga. Pembelian UAV ini adalah sebagai persedian yang akan dijual oleh Perseroan. Sedangkan 12,24 persen akan digunakan untuk biaya pemasaran, promosi dan iklan serta sewa kantor perwakilan.

Sedangkan dana yang diperoleh Perseroan dari pelaksanaan Waran Seri I, jika dilaksanakan oleh pemegang waran, maka akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja Perseroan yaitu untuk pembelian persediaan barang.

 

Rangkaian Jadwal IPO GPSO September 2021

  • Tanggal Efektif IPO GPSO: 26 Agustus 2021
  • Masa Penawaran Umum IPO GPSO: 30 Agustus – 2 September 2021
  • Tanggal Penjatahan IPO GPSO: 2 September 2021
  • Tanggal Distribusi Saham dan Waran secara Elektronik IPO GPSO: 3 September 2021
  • Tanggal Pencatatan Saham dan Waran pada Bursa Efek Indonesia IPO GPSO: 6 September 2021
  • Awal Perdagangan Waran Seri I Saham GPSO: 6 September 2021
  • Akhir Perdagangan Waran Seri I
  • Pasar Regular dan Negosiasi : 31 Agustus 2022
  • Pasar Tunai: 5 September 2022
  • Periode Pelaksanaan Waran Seri I : 7 Maret 2022 – 6 September 2022
  • Tanggal Berakhirnya Masa Berlaku Waran Seri I : 6 September 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *