Soal Tenggat Bosowa di KB Bukopin (IDX: BBKP), Begini Kata OJK

Tempias.com, JAKARTA-  Nasib PT Bosowa Corporindo di KB Bukopin (IDX: BBKP) akan ditentukan hari ini. Sesuai perintah tertulis dari Otoritas Jasa Keuangan, Bosowa harus melepas seluruh kepemilikan saham paling lambat satu tahun setelah surat dikeluarkan atau tepatnya pada 24 Agustus 2021 ini. 

Perintah agar Bosowa meninggalkan Bukopin ini tertuang dalam Surat Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No.64/KDK.02/2020. Surat itu merupakan kelanjutan dari keputusan OJK yang menyatakan Bosowa tidak memenuhi fit and proper sebagai pemegang saham pengendali. 

Komisaris Utama PT Bosowa Corporindo Erwin Aksa mengatakan perusahaannya masih berkomitmen bersama-sama dengan PT KB Kookmin yang menjadi pemegang saham pengendali untuk membesarkan KB Bukopin. Bosowa pun telah berkirim surat pada OJK. 

“Kita telah menyurat ke OJK untuk perpanjangan, sedang menunggu tanggapan,” ujar Erwin Aksa pekan lalu. 

BACA JUGA: Genjot Kinerja, Repower Asia (IDX: REAL) Siapkan Privat Placement

Saat dikonfirmasi, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Heru Kristiyana mengatakan sudah memutuskan mengenai surat perintah atas nasib Bosowa di KB Bukopin  tersebut. Meski begitu ia tak memerinci detail penyelesaian yang telah disiapkan. 

“Sudah beres. Tunggu saja,” ujar Heru pada Tempias.com, Senin, 23 Agustus 2021. 

Sebelumnya, Direksi KB Bukopin menyampaikan bahwa Bosowa telah mencabut gugatan untuk OJK dengan nomor perkara No.693/Pdt.G.2020/PN.Jkt.Pst pada 10 Agustus 2021. Pencabutan itu dilakukan seiring dengan keluarnya putusan Majeslis Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Negara Tata Usaha Negara (PTUN) pada 21 Juni 2021 yang memenangkan OJK atas gugatan yang dilayangkan Bosowa. 

 

BACA JUGA: Bertahan di KB Bukopin (IDX: BBKP), Begini Penjelasan Bosowa Soal Tenggat OJK

 

Bosowa pun telah menyatakan berdamai dengan Kookmin dan OJK. Pada 07 Juni 2021, KB Kookmin dan Bosowa yang disaksikan OJK telah menandatangani kesepakatan dan penyelesaian kasus gugatan dan sepakat saling mencabut tuntutan hukum.

Saat ini berdasarkan keterbukaan informasi 10 Agustus Bosowa masih tercatat memiliki saham KB Bukopin dengan porsi 8,51 persen hingga akhir Juli 2021. Sedaangkan KB Kookmin menjadi pemegang saham pengendali dengan total kepemilikan 67 persen diikuti negara RI sebanyak 3,18 persen. Sedangkan publik memegang 20 persen saham. (Ira Guslina

 

 

 

One thought on “Soal Tenggat Bosowa di KB Bukopin (IDX: BBKP), Begini Kata OJK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *