Teka-teki Calon Investor Bank Of India Indonesia (IDX: BSWD), EMTK Angkat Bicara

Tempias.com, JAKARTA – PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (IDX: EMTK) atau Emtek angkat bicara atas rumor masuknya perusahaan ke dalam bisnis bank.

Seperti diketahui, dalam beberapa waktu terakhir, sejumlah kabar di media menyebutkan EMTK tengah melakukan pembicaraan dengan manajeman Bank Of India Indonesia (IDX: BSWD) untuk melakukan akuisisi. Kabar yang bermula dari pemberitaan media berbahasa Inggris, Deal Street Asia.

Bagaimana penjelasan Emtek, perusahaan induk dari SCTV hingga Bukalapak (IDX: BUKA) atas kabar akuisisi BSDW?

Titi Maria Rusli, Sekretaris Perusahaan Elang Mahkota Teknologi menyebutkan perseroan sama sekali tidak memiliki rencana mengakuisisi BSDW.

“Saat ini perseroan tidak memiliki rencana untuk mengakuisisi Bank of India Indonesia (IDX: BSDW),” tulis Titi menjawab pertanyaan BEI, dalam surat bertanggal 20 Agustus 2021.

 

BACA JUGA: BOI Lepas Bank of India Indonesia (IDX: BSWD), Siapa Investor Baru Penampungnya?

 

Dia juga menyebutkan sepanjang pengetahuan perseroan tidak terdapat informasi atau kejadian penting lainnya yang material dan dapat mempengaruhi kelangsungan hidup perseroan.

“Serta [tidak terdapat informasi yang] dapat mempengaruhi harga saham perseroan yang belum diungkapkan kepada publik,” tulis Titi lebih lanjut.

Sementara itu, kepastian BSDW mendapatkan investor baru disampaikan bank yang memiliki induk BUMN Bank di India itu melalui keterbukaan informasi 17 Agustus lalu.

 

BACA JUGA: Duet Salim Group-Emtek (IDX: EMTK), Jalan Baru untuk BUKA?

 

Rencana divestasi ini akan diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa yang akan berlangsung 7 September 2021 mendatang.

“Agenda acara RUPSLB direncanakan sebagai berikut: 1) melepaskan seluruh saham milik Bank of India Indonesia,” tulis direksi Bank of India Indonesia seperti dikutip dari keterbukaan informasi, Selasa 17 Agustus 2021.

Berdasarkan data perusahaan hingga 31 Juli 2021, kepemilikan saham Bank of India di BSWD adalah 1 miliar saham atau setara dengan 76 persen. Selanjutnya ada PT Panca Mantra Jaya dengan kepemilikan 18 persen saham.

Sedangkan masyarakat menggenggam 3,92 persen saham BSWD. Dengan keluarnya Bank of India, selanjutnya BSWD akan kedatangan investor baru.

 

BACA JUGA: Main Saham Patrick Waluyo & Direksi Surya Esa (IDX: ESSA), Sinyal Masuk atau Average Down?

 

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, per 31 Juli 2021, Bank of India Indonesia mencatatkan laba Rp 7,57 miliar. Jumlah ini meningkat dibanding Juni 2020 yang hanya Rp 7,2 miliar. Sedangkan total aset adalah Rp 3,5 triliun.

Bila melihat dari rasio kinerja, nilai kredit macet atau NPL Gross adalah 5.01 persen dan NPL Nett 2,2 persen. Sedangkan nilai untuk biaya operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO) adalah 90,8 persen.

 

One thought on “Teka-teki Calon Investor Bank Of India Indonesia (IDX: BSWD), EMTK Angkat Bicara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *