(Terbaru) 4 Cara Cek Subsidi Upah (BSU) BPJS Ketenagakerjaan

Tempias.com, JAKARTA – Pemerintah kembali menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) atau BLT BPJS Ketenagakerjaan untuk pekerja dan buruh dengan upah secara bertahap pada daerah PPKM level III dan level IV. Penerima adalah pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta dan diutamakan belum menerima bantuan sebelumnya.

Bantuan dari pemerintah yang lebih populer dengan BLT BPJS Ketenagakerjaan itu sebesar Rp 500 ribu untuk 2 bulan bantuan yang dibayarkan sekaligus. Artinya penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan itu menerima Rp 1juta dari program subsidi gaji ini. 

BPJS Ketenagakerjaan sebagai pihak yang melakukan verifikasi  pada tahap pertama menyatakan sebanyak 947.669 pekerja telah lolos verifikasi awal. Pada tahap kedua pada 16 Agustus lalu diserahkan data 1,25 juta pekerja. 

 

BACA JUGA: Cara Mengatasi Error Aplikasi BPJSTKU milik BPJS Ketenagakerjaan

 

Pemerintah sendiri menargetkan 8,73 pekerja di daerah PPKM level 4 dan 3 menerima bantuan BSU gaji ini. 

Lalu bagaimana cara mengecek apakah kamu termasuk calon penerima BSU gaji? Terdapat tiga cara untuk cek bantuan subsidi upah yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan itu: 

  • Melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan

Cek bantuan subsidi upah yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan itu dapat dilihat pada laman bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

Jangan lupa siapkan sejumlah syarat administratif seperti nomor induk kependudukan (NIK), input juga tanggal lahir dan nama lengkap. 

“Pastikan data yang diisikan sesuai dengan data yang dilaporkan [perusahaan] kepada BPJamsostek,” ulas akun resmi BPJS Ketenagakerjaan. 

Untuk pekerja yang sudah memiliki aplikasi BPJS Ketenagakerjaan, proses pengecekannya lebih mudah yakni dengan login lalu memilih menu ‘bantuan subsidi upah’ atau melalui sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

  • Chat Whatsapp ke 0813 8007 0175

BPJS Ketenagakerjaan menyediakan layanan WA resmi untuk memudahkan pekerja mengecek apakah termasuk menerima bantuan subsidi upah ini. 

 

BACA JUGA: Cara Menabung, Mencairkan, dan Cek Saldo Emas di Pegadaian

 

“Setelah mendapatkan alternatif respon, pilih ‘informasi calon penerima BSU 2021’, selanjutnya ikuti petunjuk yang ditampilkan dalam layar ponsel

  • Calon penerima BSU juga dapat menggunakan layanan call center BPJS Ketenagakerjaan di: 175

Langkah menghubungi call center itu juga dapat melalui kanal media sosial facebook: BPJS Ketenagakerjaan, twitter: @BPJSTKinfo

“Mohon untuk tidak mencantumkan data pribadi seperti KTP, nama dan tanggal lahir pada kolom komentar Facebook atau reply twitter.”

  • Hubungi kantor cabang terdekat dengan mempersiapkan KTP dan Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan

2 komentar pada “(Terbaru) 4 Cara Cek Subsidi Upah (BSU) BPJS Ketenagakerjaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *