5 Fakta Penting Evakuasi WNI Usai Taliban Kuasai Afghanistan

Tempias.com, JAKARTA- Sebanyak 26 Warga Negara Indonesia telah dipulangkan dari Kabul, Afghanistan. Pemulangan ini terkait dengan kembalinya Taliban sebagai penguasa baru afganistan. 

Sebelumnya, pasukan Taliban menguasai Kabul hanya dalam waktu singkat. Penguasaan Kabul oleh pasukan Taliban dilakukan mulanya dengan minim kontak senjata. Hal ini disebut-sebut menjadi salah satu upaya Taliban untuk membersihkan citra kelam di masa lalu. Meski begitu, penguasaan kembali Taliban atas Afganistan ini belum mendapat pengakuan penuh dunia internasional. 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebutkan pemulangan 26 warga negara Indonesia dilakukan untuk alasan keamanan sembari menunggu situasi politik dan keamanan di Afghanistan. 

“Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU,” ujar Retno seperti dikutip  dari aku twitter @menlu_RI Sabtu, 21 Agustus 2021. 

Berikut 5 Fakta di balik evakuasi WNI dari Taliban

1. Pesawat TNI AU

Evakuasi 26 WNI dari Afganistan dilakukan dengan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara. Pesawat yang digunakan adalah pesawat TNI Angkatan Udara (AU) Boeing 737-400. Evakuasi dilakukan tak lama setelah penguasa Taliban mengumuman pengambilalihan Kota Kabul. 

Menurut Menteri Retno awalnya kepulangan WNI akan menggunakan pesawat sipil. Namun sesuai perkembangan situasi di lapangan, evakuasi akhirnya dilakukan menggunakan pesawat militer milik TNI Angkatan Udara. 

2. Ke Islamabad

Setelah meninggalkan Kabul, pesawat TNI Angkatan Udara yang membawa WNI tidak langsung ke Tanah Air. Menurut penjelasan Menteri Retno, pesawat terlebih dahulu mendarat di Islamabad, Pakistan untuk kemudian melanjutkan kembali penerbangan ke Indonesia. 

3. Ada WNA di rombongan 

Bersama rombongan juga ada 5 WN Filipina dan 2 WN Afganistan. Lewat akun twitternya, Retno mengatakan warga Afganistan yang ikut evakuasi merupakan suami dari WNI dan staff lokal KBRI. 

“Tim evakuasi membawa 26 WNI termasuk staff KBR, 5 WN Filipina, dan WN Afghanistan (suami dari WNI dan staff lokal KBRI,” ujar Retno. 

4. Tiba di Bandara Halim

Kedatangan WNI dari Afganistan di Indonesia berlangsung pada Sabtu, 21 Agustus 2021 dinihari. Pesawat TNI Angkatan Udara  mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma5.

5. Disambut pejabat negara

Kedatangan WNI dari Afganistan disambut oleh pejabat negara. Saat WNI datang ada dua pejabat yang menunggu yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

 

Usai berkuasanya kembali pemerintan Taliban, sejumlah kantor berita internasional menyebutkan suasana di Kabul masih belum terkendali. Orang-orang masih berupaya mencari cara untuk bisa keluar dari Afganistan. Salah satunya dengan mencoba menerobos masuk ke pesawat sipil dan militer yang melakukan evakuasi. 

Tindakan nekad menerobos masuk pesawat cukup membahayakan. Terakhir dikabarkan pemain sepak bola muda asal Afganistan, Zaki Anwari tewas jatuh dari pesawat militer Amerika Serikat, Belum diketahui dengan pasti penyebab jatuhnya Zaki. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *