Rights Issue Bumi Resources (IDX: BRMS), Simak 6 Fakta Ini

Tempias.com, JAKARTA – PT Bumi Resources Minerals Tbk. (IDX: BRMS) merilis detail rencana rights issue melalui penawaran umum terbatas 2 (PUT II). Aksi korporasi tambah modal melalui penerbitan saham baru ini telah mendapatkan persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) pada tanggal 6 Agustus 2021. 

Herwin Hidayat, Director & Investor Relations BRMS melalui keterangan tertulis menyebutkan pihaknya telah menyerahkan prospektus kepada OJK untuk dinilai. 

“Prospektus tersebut menjelaskan mengenai rencana detail dari BRMS untuk melaksanakan transaksi penawaran umum terbatas,” ulas Herwin dalam keterangan tertulis, Jumat, 13 Agustus 2021. 

 

BACA JUGA: Daftar Saham Grup Bakrie & Afiliasi di BEI Serta Bidang Usahanya

 

Lalu apa saja yang disampaikan oleh BRMS dalam rancangan prospektusnya? Berikut 6 fakta yang disampaikan manajemen: 

  1. Harga Pelaksanaan Rights Issue Bumi Resources (IDX: BRMS)

Dalam penyelenggaraan rights issue kali kedua ini, emiten dalam kelompok Bakrie itu akan menyelenggarakan dengan harga Rp 70 per lembar. Saham baru yang akan diterbitkan sebanyak-banyaknya 23,67 miliar lembar. 

Artinya, BRMS menargetkan memperoleh dana segar dari investor sebesar Rp 1,65 triliun. 

 

  1. Rasio Rights Issue Bumi Resources (IDX: BRMS)

Dalam aksi penambahan modal Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) ini ditetapkan rasio 5:1. Artinya setiap pemegang 5 lembar saham eksisting berhak memperoleh 1 lembar saham baru dengan harga Rp 70 per lembar. 

Dalam rights issue ini, setiap 1 saham baru melekat 6 waran yang dapat ditebus diperkirakan sampai Mei 2022. Jadwal ini  masih tentatif dikarenakan menunggu pernyataan efektif dari OJK. Dengan rasio ini jumlah waran yang diterbitkan sebanyak 8,35 miliar lembar.

 

BACA JUGA: Pasang Surut Saham BBKP – Antara Tambah Utang & Sayonara Bosowa

 

  1. Harga Tebus Warran Bumi Resources (IDX: BRMS)

Dalam rencananya, BRMS menetapkan harga tebus waran menjadi saham sebesar Rp 70 per lembar. Artinya dari waran jika terlaksana sepenuhnya, BRMS akan mengantongi tambahan modal Rp 584,86 miliar. 

 

  1. Estimasi Jadwal Rights Issue dan Waran Bumi Resources (IDX: BRMS)

Dalam rancangan awal yang masih menunggu persetujuan OJK, BRMS menetapkan ancang-ancang pelaksanaan PUT II pada 19-27 Oktober 2021. Sedangkan pelaksanaan waran dilakukakan pada 20 April-20 Mei 2022. 

 

  1. Pembeli Siaga Rights Issue Bumi Resources (IDX: BRMS)

Dalam pernyataan tertulisnya, Herwin menyatakan 2 pemegang saham eksisting telah menyatakan posisinya sebagai pembeli siaga. 

Pembeli siaga rights issue BRMS ini adalah Summer Ace Ventures Limited (komitmen 76 persen), dan  Hartman International. Pte. Ltd. (24 persen).  Artinya, pemegang saham eksisting yang tidak mengambil haknya maka kedua entitas akan menyerap hak itu sehingga menimbulkan dilusi.

 

BACA JUGA: Menakar Saham UVCR dan Kedatangan Pieter Tanuri

 

  1. Penggunaan Dana Rights Issue Bumi Resources (IDX: BRMS)

Setelah aksi galang dana ini rampung, dalam rencana awal, Herwin menyatakan menyiapkan penggunaan berupa US$ 29 juta untuk membangun pabrik pengolahan emas dengan kapasitas 2.000 ton bijih per hari. 

Selanjutnya US$ 21 juta untuk fasilitas pendukung, US$ 24 juta mendukung pengeboran, US$ 24 juta membangun jalan tambang, US$ 10 juta untuk instalasi pengolahan limbah tambang, sedangkan US$ 3 juta untuk belanja peralatan tambang. 

“Bila ada sisa dari dana hasil PUT2 tersebut maka akan digunakan untuk mendanai kebutuhan modal kerja Perusahaan  atau anak-anak usahanya,” ulas Herwin.

Sementara mengenai dana jumbo dari rights issue yang diselenggarakan April 2021, Herwin menjelaskan dana yang terhimpun tengah digunakan untuk mengembangkan proyek tambang emas di Palu, Sulawesi. 

Pengembangan proyek tersebut berupa pembangunan pabrik pengolahan bijih emas yang baru dengan kapasitas 4.000 ton bijih per hari hingga pengeboran beberapa prospek emas demi menambah jumlah cadangan bijih emas maupun mineral ikutan. 

“Oleh karenanya BRMS berharap dapat segera menghasilkan pendapatan dan laba Bersih dari kedua proyek tambang emas di Palu dan Gorontalo dalam waktu dekat,” katanya. 

 

One thought on “Rights Issue Bumi Resources (IDX: BRMS), Simak 6 Fakta Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *