Duet Salim Group-Emtek (IDX: EMTK), Jalan Baru untuk BUKA?

Tempias.com, JAKARTA- PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (IDX: EMTK) mengumumkan kolaborasi dengan konglomerasi Anthoni Salim. Kerjasama ini dikembangkan untuk pengembangan ekosistem digital bagi kedua grup. 

Direktur Utama Emtek Group, Alvin Sariaatmadja mengatakan dukungan dari ekosistem teknologi dan digital yang dimiliki oleh Anthoni Salim Group akan meningkatkan daya saing Emtek Group dalam mengembangkan usahanya yang telah lebih difokuskan dalam industri berbasis teknologi. 

Peluang kerjasama ekosistem ini diharapkan dapat menciptakan sinergi dan pertumbuhan bagi kedua grup. Infrastruktur teknologi yang secara komprehensif dimiliki oleh Anthoni Salim Group akan mendukung platform teknologi unggulan yang dimiliki Emtek.

“Kami beruntung memiliki mitra yang merupakan salah satu grup yang paling berhasil dalam mengembangkan berbagai bidang usahanya menjadi salah satu pemain besar di kancah internasional,” ujar Alvin melalui keterangan tertulis, Kamis, 12 Agustus 2021. 

Lebih jauh, Alvin mengatakan  pengembangan ekosistem digital diharapkan dapat menciptakan sinergi dan pertumbuhan bagi kedua grup. Infrastruktur teknologi yang secara komprehensif dimiliki oleh Anthoni Salim Group akan mendukung platform teknologi unggulan yang dimiliki Emtek. 

PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek Group) merupakan perusahaan terdepan yang terintegrasi di bidang media, teknologi dan layanan kesehatan. Di lini bisnis media dan hiburan, Emtek mengelola berbagai platform media dan produksi konten unggulan. Emtek juga mengembangkan media di platform digital  seperti Vidio.com. 

 

BACA JUGA : Menakar Saham UVCR dan Kedatangan Pieter Tanuri

 

Di bidang teknologi lainnya, Emtek juga memiliki jaringan all commerce Bukalapak dengan lebih dari 100 juta pengguna. EMTK juga memiliki jaringan lebih dari 7 juta mitra Bukalapak. Kemajuan usaha Bukalapak juga semakin meningkatkan pengembangan UMKM di Indonesia.

Sedangkan Anthoni Salim Group memiliki berbagai usaha yang menjadi pemimpin pasar domestik dan internasional. Group yang dinahkodai Anthoni Salim ini selain sukses membesarkan berbagai bisnis offline seperti bisnis distribusi, transportasi dan retail terbesar di Indonesia, juga memiliki infrastruktur teknologi dan digital yang komprehensif serta berbagai platform bisnis digital.

Axton Salim, putera mahkota yang menjadi perwakilan Salim Group menyebutkan dampak positif akan tercipta dari potensi kerjasama kedua belah pihak. Apalagi kedua grup sama-sama fokus dalam pengembangan bisnis digital. 

“Kami melihat ekspansi usaha digital di ekosistem Emtek yang sangat pesat dan yakin bahwa dengan potensi kolaborasi strategis ini akan memberikan dampak positif bagi pengembangan usaha kedua grup kedepannya,’ jelas Axton. 

 

BACA JUGA : Tangan Midas GIC ke Bukalapak (IDX: BUKA), Mengulang Kisah Bank Jago (IDX:ARTO) & EMTK?

 

Kerjasama pengembangan bidang digital antara Salim Group dan Emtek merupakan kelanjutan atas kepemilikan saham Anthoni Salim di grup  EMTK. Saat ini, Anthoni Salim tercatat memiliki 9 persen saham EMTK. Sedangkan Eddy K Suriatmaja memiliki 23 persen saham. 

 

IPO BUKA
Pencatatan saham BUKA di BEI

IDX EMTK Terbang 

Pengumuman rencana kolaborasi antara Salim Group dan EMTK ini rupanya segera disambut pasar. Saham EMTK yang sempat masuk ke zona merah pada sesi I perdagangan Kamis, 12 Agustus 2021 langsung melesat ke zona hijau pada perdagangan sesi II. 

Pada penutupan perdagangan saham EMTK ditutup naik 2,65 persen pada harga Rp 2.320. Sepanjang pekan ini, harga saham EMTK terus berada di zona merah dan berada di titik terendah dibanding pembukaan perdagangan Agustus dari harga  Rp 2.740

Penurunan harga saham EMTK ini berbarengan dengan merosotnya saham Bukalapak (IDX: BUKA) sejak dua hari setelah perdagangan perdana. Sentimen negatif akan saham BUKA masih berlanjut mengingat aksi jual pada investor yang masih tinggi. 

Saham BUKA sudah dua kali ditutup pada titik ARB atau auto rejection bawah dan hanya sekali menyentuh ARA Harga tertinggi mencapai Rp 1.325 dan meluncur menjadi Rp 965 mendekati harga IPO di RP 850. 

Rencana kolaborasi digital antara Grup Salaim dan EMTK selanjutnya diharapkan bisa menjadi katalisator bagi kedua grup untuk mengembang usaha. Apakah akan berlanjut dengan penguatan harga saham di bursa? . 

 

 

 

 

5 komentar pada “Duet Salim Group-Emtek (IDX: EMTK), Jalan Baru untuk BUKA?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *