IPO Indo Oil Perkasa (IDX: OILS) Incar Rp 45 Miliar, Begini Prospek dan Bidang Usahanya

Tempias.com, JAKARTA- PT Indo Oil Perkasa Tbk (IDX: OILS) akan melaksanakan penawaran umum perdana atau IPO. September 2021. Rencananya pabrik pengolah kopra ini mulai melantai di Bursa pada 3 September 2021. 

Berdasarkan prospektus yang sudah dipublikasikan, jadwal IPO OILS dimulai sejak berlangsungnya book building pada 9 Agustus- 1 September 2021. Investor yang belum berkesempatan pada book building bisa mengikuti masa penawaran umum perdana pada 30 Agustus – 1 September 2021. 

Pada IPO ini OILS akan menerbitkan maksimal 150 juta lembar saham dengan nominal Rp 100 atau setara 33,04 persen dari modal ditempatkan  dan disetor penuh dalam Perseroan setelah Penawaran Umum. Rencananya perusahaan akan melepas saham Rp 270 – Rp 300 setiap lembar saham. Dari IPO perusahaan akan meraih Rp 45 miliar. 

Selain menerbitkan saham, OILS juga akan menerbitkan 37,5 juta Waran Seri I yang menyertai saham baru atau sebanyak 12,34 persen. Waran Seri I diberikan secara cuma-cuma  sebagai  insentif bagi para pemegang saham baru yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada tanggal penjatahan.

“Seluruh dana yang diperoleh dari hasil IPO setelah dikurangi biaya emisi seluruhnya akan digunakan oleh perseroan untuk modal kerja perseroan yaitu pembelian bahan baku produksi. Sedangkan dana  yang  diperoleh perseroan dari pelaksanaan Waran  Seri I  jika dilaksanakan oleh pemegang waran juga akan digunakan oleh Perseroan untuk modal kerja yaitu pembelian bahan baku produksi.”

 

BACA JUGA: IPO September 2021, Ini Profil & Prospek Cemindo Gemilang (IDX: CMNT)

 

Profil dan Prospek Usaha OILS 

Indo Oil Perkasa didirikan pada Januari 2016 dan berkedudukan di Jl Raya Perning Desa  Perning, Kecamatan Jetis, Mojokerta,Jawa Timur. OILS bergerak dalam bidang industri kopra meliputi produksi dan memasarkan produk utamanya yaitu minyak kelapa murni atau Crude Coconut Oil (CNO).

Selain produksi, OILS juga memproduksi dan memasarkan produk turunan dari CNO, yaitu minyak kelapa murni yang diproses kembali atau Refined Coconut Oil (RBD). Juga memproduksi tepung kopra atau Copra Meal, yaitu sisa/ residu dari hasil ekstraksi produk minyak kelapa. Selain memproduksi CNO,perseroan juga memasarkan produk-produk CNO, RBD dan Copra Meal.

Semenjak tahun 2017 Perseroan tidak hanya melakukan pemasaran secara domestik tetapi juga memulai mengekspor produknya.  Sejak tahun 2018, OILS telah meningkatkan produksi hariannya dan mulai melakukan ekspor ke Srilanka. 

Pada 2020 OILS mencatat rekor penjualan,dengan nilai penjualan mencapai hampir Rp 300 miliar dan pertumbuhan sekitar 300 persen dalam lima tahun terakhir,serta menambah negara  tujuan ekspornya yaitu ke China.

BACA JUGA : IPO Geoprima Solusi (IDX: GPSO): Begini Profil, Prospek dan Bidang Usahanya

 

Jadwal IPO OILS

Berikut adalah jadwal pelaksanaan IPO Indo Oil Perkasa (IDX: OILS)

  • Perkiraan Masa Penawaran Awal : 9 – 16 Agustus 2021 
  • Perkiraan Tanggal Efektif : 26 Agustus 2021 
  • Perkiraan Masa Penawaran Umum Perdana Saham : 30 Agustus – 1 September 2021 
  • Perkiraan Tanggal Penjatahan Saham : 1 September 2021 
  • Perkiraan Tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik : 2 September 2021 
  • Perkiraan Tanggal Pencatatan Pada BEI : 3 September 2021 

 

Penyampaian minat atas Efek yang akan ditawarkan disampaikan dengan:

  1. Secara langsung melalui Sistem Penawaran Umum Elektronik (e-IPO);
  2. Melalui Perusahaan Efek 
  3. Melalu Perusahaan Efek yang bukan merupakan partisipan sistem di mana pemodal yang bersangkutan menjadi nasabahnya.

 

 

 

3 komentar pada “IPO Indo Oil Perkasa (IDX: OILS) Incar Rp 45 Miliar, Begini Prospek dan Bidang Usahanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *