IPO Geoprima Solusi (IDX: GPSO): Begini Profil, Prospek dan Bidang Usahanya

Tempias.com, JAKARTA- PT Geoprima Solusi Tbk (IDX: GPSO) akan melantai di bursa efek indonesia lewat initial public offering (IPO). Sesuai prospektus IPO yang telah dipublikasikan, rencananya IPO akan digelar pada 3 September 2021. 

Berdasarkan prospektus IPO yang diterbitkan Senin, 9 Agustus 2021, Geoprima Solusi akan menerbitkan maksimal 166 juta saham biasa. Jumlah ini setara dengan maksimal 25 persen modal ditempatkan dan disetor perseroan setelah IPO dengan nilai nominal Rp 50. 

Masih menurut prospektus saham GPSO nantinya akan dilepas pada harga Rp 175 – Rp 180 per lembar saham. Dengan perhitungan ini Geoprima Solusi diperkirakan bisa meraup Rp 29 miliar. 

Selain menerbitkan saham. GPSO juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 166 waran seri I yang menyertai Saham Baru Perseroan atau Sebanyak 33,33 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat IPO. Waran Seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang Saham Baru yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada Tanggal Penjatahan. 

Dana yang diperoleh dari hasil IPO rencananya akan digunakan GPSO untuk belanja modal terdiri dari 30,6 persen untuk pembelian aset berupa Ruko dari pihak terafiliasi Perseroan. Selanjutnya sekitar 36,74 persen untuk pembelian Lidar Optech atau Light Detection and Ranging yang merupakan sebuah teknologi peraba jarak jauh optik yang mengukur dengan cahaya yang tersebar untuk menemukan jarak dan informasi lainnya. Pembelian atas Lidar Optech tersebut adalah dengan pihak ketiga. 

 

BACA JUGA : IPO September 2021, Ini Profil & Prospek Cemindo Gemilang (IDX: CMNT)

 

Selanjutnya, sekitar 20.41 persen akan digunakan untuk pembelian persediaan yaitu Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau pesawat tanpa awak dengan principal dari luar negeri yang merupakan pihak ketiga. Pembelian UAV ini adalah sebagai persedian yang akan dijual oleh Perseroan. Sedangkan 12,24 persen akan digunakan untuk biaya pemasaran, promosi dan iklan serta sewa kantor perwakilan.

Sedangkan dana yang diperoleh Perseroan dari pelaksanaan Waran Seri I, jika dilaksanakan oleh pemegang waran, maka akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja Perseroan yaitu untuk pembelian persediaan barang.

Geoprima Solusi berdiri pada 6 Maret 1997. Perseroan berkedudukan di Kota Jakarta Utara dan beralamat lengkap di Rukan Artha Gading Niaga Blok D No. 9, Kelapa Gading, Jakarta Utara. 

Berdasarkan prospektus pemegang saham pengendali dikuasai oleh Karnadi Marga dengan kepemilikan 70 persen saham, Suriawati Tamin 10 persen, Priscilias Vikananda 10 persen, dan Axel Tobias Jolel 10 persen. Setelah IPO selanjutnya Karnadi akan memiliki 52,5 persen saham, dan masyarakat 25 persen. Sisanya masing-masing mendapat 7,5 persen. 

Bidang Usaha dan Prospek GPSO

GPSO merupakan perseroan yang kegiatan usaha utama bergerak dalam bidang perdagangan besar mesin, peralatan dan perlengkapan lainnya. Secara makro pembangunan infrastruktur secara keseluruhan telah memberikan dampak ekonomi, baik pada tahap konstruksi pembangunan infrastruktur maupun pada operasi infrastruktur. 

Dampak ekonomi pada tahap konstruksi terlihat dari peningkatan investasi terhadap pertumbuhan ekonomi dan nilai tambah yang dihasilkan. Karena bergerak di bidang perdagangan maka risiko utama usaha adalah keterlambatan penerimaan barang yang disebabkan karena regulasi proses penerimaan barang impor. Juga ada risiko usaha yang bersifat material seperti  kenaikan harga barang, perubahan teknologi. 

Berdasarkan laporan keuangan yang tidak diaudit per 31 Maret 2021 perusahaan tercatat memiliki aset Rp 65,6 miliar. Dari segi penghasilan perusahaan mencatatkan rugi Rp 242,7 juta. 

Pada pelaksanaan IPO nanti, yang akan menjadi penjamin pelaksana emisi efek adalah PT NH Korindo Sekuritas Indonesia dan PT Surya Fajar Sekuritas. Sedangkan untuk penjamin emisi efek akan ditentukan kemudian. 

5 komentar pada “IPO Geoprima Solusi (IDX: GPSO): Begini Profil, Prospek dan Bidang Usahanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *