IPO Hasnur Shipping (HAIS), Ini Profil Jayanti Sari & Zainal Hadi Pemegang Saham Pengendali

Tempias.com, JAKARTA – Jadwal IPO PT Hasnur Internasional Shipping Tbk. (IDX: HAIS) dirancang pada 31 Agustus 2021. Hasnur akan melepas 525,25 juta lembar saham dengan nominal Rp 100. 

Harga pelaksanaan IPO HAIS berkisar Rp 230 sampai Rp 300 per lembar. Nilai fix harga saham HAIS akan diumumkan terpisah sebelum tanggal penawaran umum yang diperkirakan pada 23-27 Agustus 2021. Dengan demikian HAIS akan memperoleh sebanyak-banyaknya Rp 157,57 miliar. 

Bidang usaha HAIS adalah pengangkutan barang dengan menggunakan kapal laut yang dirancang secara khusus untuk mengangkut suatu jenis barang tertentu. Termasuk usaha persewaan angkutan laut berikut operatornya. Perusahaan ini memiliki bisnis pengangkutan batu bara dari sister company nya dalam Hasnur Group. Hasnur Shipping memiliki kantor pusat di Gedung Office 8 Lantai 7, SCBD Lot 28, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta.

 

BACA JUGA: IPO Hasnur Shipping (IDX: HAIS), Cek 10 Fakta Ini Sebelum Beli

 

HAIS merupakan bagian dari konglomerasi Hasnur Group. Perusahan dari Kalimantan Selatan dengan bisnis membentang mulai dari sektor kehutanan, pertambangan, jasa, perkebunan,  logistik dan media itu dicatatkan dengan pengendali akhir kakak beradik Jayanti Sari dan Zainal Hadi HAS HB.

Dalam prospektus pemegang saham HAIS terdiri dari PT Hasnur Jaya International (35 persen), PT Nur Internasional Samudra (51 persen), serta Jayanti Sari dan Zainal Hadi HAS HB masing-masing 7 persen. 

Meski pengendali terakhir HAIS ditetapkan Jayanti Sari dan Zainal Hadi HAS HB., kepemilikan pada perusahaan kapal ini sejatinya tersebar kepada putra-putri mendiang Abdussamad Sulaiman atau Haji Leman, pendiri Hasnur Grup yang wafat pada 2015 silam.

Selain Sari dan Zainal, pewaris Hasnur Grup terdiri dari Rachmadi HAS, Nila Susanti Zulfikar, Hasnuryadi Sulaiman, Hasnuryani, dan Yuni Abdi Nur HAS.

Hal ini terlihat dalam kepemilikan Hasnur Jaya International atau HJI (35 persen), PT Nur Internasional Samudra atau NIS (51 persen). Pada HJI kepemilikan terdiri dari Hasnur Jaya Utama (96,5 persen), Rachmadi HAS (0,5 persen), Jayanti Sari (0,5 persen), Nila Susanti Zulfikar (0,5 persen), Hasnuryadi Sulaiman (0,5 persen), Hasnuryani (0,5 persen), Yuni Abdi Nur Sulaiman (0,5 persen), dan Zainal Hadi HAS HB (0,5 persen). Prospektus tidak menampilkan komposisi pembagian saham Hasnur Jaya Utama (96,5 persen). 

Sedangkan dalam NIS, putra-putri mendiang Haji Leman membagi kepemilikan dengan komposisi Hasnur Group Indonesia (30 persen). Selanjutnya dibagi rata masing-masing 10 persen kepada entitas Permata Kasih Cahaya, Jaya Hananto Utama, Nila Susanti Zulfikar, Hasnuryadi Sulaiman, Hasnuryani, Yuni Abdi Nur Sulaiman dan Zainal Hadi.

Lalu bagaimana profil Jayanti Sari dan Zainal Hadi yang ditetapkan dalam prospektus HAIS sebagai penerima manfaat terakhir atau pemilik? 

Jayanti Sari saat ini merupakan Direktur Utama HAIS. Alumnus Royal Melbourne

Institute of Technology, Melbourne, Australia pada tahun 1994 itu telah membesarkan Hasnur Group sejak 1996. Karirnya dalam konglomerasi ini dimulai sebagai manajer logistik dan peralatan pada HJU. 

 

BACA JUGA: IPO HAIS Agustus 2021, Begini Bidang Usaha & Prospek Saham Hasnur Internasional Shipping

 

Dia juga menjadi komisaris utama pada klub bola milik keluarganya, Barito Putra sejak 1987-2004. Lainnya, kelahiran 1971 itu juga ditetapkan sebagai presiden direktur Hasnur Group. 

Jayanti, dengan latar belakang pendidikan perdagangan internasional juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Hasnur Citra Terpadu, Ketua Dewan Pengawas Koperasi Teratai Putih, Direktur Utama PT Hasnur Internasional Shipping, Komisaris Utama PT Hasnur Binuang Putera Mulia, Direktur Utama PT Hasnur Jaya Utama, Direktur Utama PT Barito Putera Plantation, Direktur Utama PT Sinar Hasnur Putera, Komisaris Utama PT Hasnur Riung Sinergi, Anggota Dewan Pembina Yayasan Hasnur Centre, Komisaris Utama PT Hasnur Jasa Terminal, Komisaris Utama PT Hasnur Mitra Sarana, Komisaris PT Hasnur Cipta Karya, Direktur Utama PT Nur Jaya Samudra, Direktur Utama PT Nur Internasional Samudra, Direktur Utama PT Jaya Hananto Utama dan puluhan jabatan komisaris dan direktur lainnya dalam Hasnur Group. 

 

Pemegang Saham HAIS 2021 sebelum IPO
Keterangan: HRT : PT Hasnur Resources Terminal, HMS : PT Hasnur Mitra Sarana, HJI : PT Hasnur Jaya International, NIS : PT Nur Internasional Samudra, JS : Jayanti Sari, ZH : Zainal Hadi HAS HB, HJU : PT Hasnur Jaya Utama, RH : Rachmadi HAS, NS : Nila Susanti Zulfikar, HS : Hasnuryadi Sulaiman, AS : Hasnuryani, YN : Yuni Abdi Nur Sulaiman, HGI : PT Hasnur Group Indonesia, PKC : PT Permata Kasih Cahaya, JHU : PT Jaya Hananto Utama.

 

Sementara itu, Zainal Hadi saat ini didapuk sebagai Komisaris Utama HAIS. Kelahiran 1983 itu, seperti kakaknya, juga jebolan Australia. Zainal menamatkan pendidikan  master of commerce dalam bidang akuntansi dan keuangan dari Deakin University, Australia pada 2006. Dia juga menyelesaikan pendidikan S1 nya di universitas yang sama juga pada 2006. Langkah gelar ganda ini dapat diraih karena sebelumnya Zainal telah merampungkan pendidikan diploma  of Commerce di Melbourne Institute of Business  and Technology di Jakarta pada tahun 2002. 

Selain menjabat sebagai Komisaris Utama HAIS, Zainal juga didapuk oleh konglomerasi sebagai Direktur Utama PT Putera Barito Berbakti. Perusahaan ini adalah badan usaha yang menaungi Barito Putra. Klub bola dari Kalimantan Selatan yang tangguh di dalam negeri juga memiliki program kerjasama dengan Real Madrid Foundation melalui Sekolah Olahraga Barito Putera. 

Sederet jabatan Zainal dalam konglomerasi Hasnur Group seperti Direktur Utama PT Hasnur Jasa Terminal, Direktur Utama PT Sinar Fajar Sejahtera, Direktur Utama PT Hasnur Jaya International, Direktur Utama PT Hasnur Barito Jaya dan puluhan jabatan direksi dan komisaris lainnya dalam Hasnur Group. 

3 komentar pada “IPO Hasnur Shipping (HAIS), Ini Profil Jayanti Sari & Zainal Hadi Pemegang Saham Pengendali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *