Multipolar (IDX: MLPL) Buyback Rp720 per Lembar Saham, Apa Dampaknya?

Tempias.com, JAKARTA- PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) akan membeli kembali saham perusahaan yang sudah dilepas kepada masyarakat atau buyback sebanyak maksimal 10 persen dari modal disetor dan ditempatkan Perseroan atau maksimum 1,46 miliar saham. 

Sekretaris Perusahaan, Natalie Lie dalam keterbukaan informasi Jumat, 23 Juli 2021 mengatakan untuk rencana buyback ini perusahaan telah menyiapkan dana hingga Rp425 miliar. Biaya ini sudah termasuk biaya perantara pedagang efek dan biaya lainnya sehubungan dengan Pembelian Kembali Saham.

“Tujuan Perseroan melaksanakan pembelian kembali atas saham Perseroan yaitu agar Perseroan memiliki fleksibilitas untuk menjaga stabilitas harga saham dengan tetap memperhatikan prinsip dalam POJK 30/2017,” ujar Natalie dalam keterangan tertulisnya. 

Sesuai rencana, pelaksanaan buyback ini berlaku efektif setelah RUPSLB memberi persetujuan yaitu sejak 21 Juli 2021 sampai tanggal 20 Januari 2023.

 

BACA JUGA: Mengintip Saham Dekapan Gojek- Tokopedia (GoTo) Jelang IPO

 

Setelah buyback, manajemen MLPL berencana menyimpan saham yang telah dibeli kembali untuk dikuasai sebagai saham treasuri untuk jangka waktu tidak lebih dari 3 tahun. Meski begitu perseroan sewaktu-waktu melakukan pengalihan atas saham yang telah dibeli kembali. 

Berdasarkan peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 30 tahun 2017 passal 17 disebutkan, perusahaan bisa menggunakan saham yang sudah di-buyback untuk dijual baik di Bursa maupun di luar Bursa; ditarik kembali dengan cara pengurangan modal. Perusahaan juga bisa melaksanakan program kepemilikan saham oleh karyawan dan/atau direksi dan dewan komisaris, pelaksanaan konversi Efek bersifat ekuitas; serta cara lain dengan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan. 

Harga saham MLPL

Harga Saham

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, dalam perdagangan 1 bulan terakhir harga saham MLPL telah turun sebanyak 12,33 persen. Harga saham MLPL pada perdagangan Kamis 24 Juni 2021 adalah Rp730 turun menjadi Rp640 pada penutupan perdagangan Jumat, 23 Juli 2021. 

Menurut Natalie, saat ini perseroan menilai bahwa harga saham di pasar belum mencerminkan nilai atau kinerja Perseroan yang sesungguhnya. Selain itu MLPL juga mempertimbangkan adanya potensi peningkatan nilai perusahaan di masa yang akan datang. 

 

“Perseroan akan membatasi harga maksimal Pembelian Kembali Saham sebesar Rp720 per lembar saham dengan tetap memperhatikan ketentuan sebagaimana diatur dalam Pasal 10 dan 11 POJK 30/2017.”

 

Manajemen MLPL berharap, pelaksanaan pembelian kembali saham atau buyback tidak akan mempengaruhi kegiatan usaha dan operasional. Saat ini ia menyatakan Perseroan telah memiliki modal kerja yang cukup untuk menjalankan kegiatan usaha Perseroan.

Multipolar merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang investasi multi sektor dan berkantor pusat di Jakarta. Perusahaan ini berdiri sejak 1975 dan mulai melantai di bursa pada September 2005. Semula, MLPL bergerak pada sektor  perdagangan barang elektronik. Seiring berkembangnya usaha, MLPL mulai merambah investasi multi sektor, mulai dari ritel, teknologi, telekomunikasi hingga jasa keuangan.

Menurut Natalie, Perseroan memperkirakan tidak terdapat dampak signifikan aksi buyback ini terhadap pendapatan perusahaan secara signifikan. Dana yang dikeluarkan untuk buyback tidak akan mempengaruhi kinerja dan pendanaan perusahaan. 

 

BACA JUGA : Daftar Saham IDXTechno, Terkerek IPO Bukalapak (BUKA)?

 

Sejak beredarnya rencana buyback, sejumlah investor tercatat mulai rajin melepas saham MLPL. Pada Rabu, 21 Juli 2021, Connery Asia Limited yang menguasai lebih dari 5 persen saham MLPL telah mengkonfirmasi aksi lepas saham MLPL sebanyak 3,5 juta lembar saham. 

Dengan pelepasan ini, kini kepemilikan saham Connery berkurang dari 873,6 juta saham atau setara 5,97 persen menjadi 870,12 juta saham atau setara 5,94 persen. Natalie menjelaskan, Connery telah menjual saham dengan harga rata-rata Rp753,57 per lembar saham. Transaksi dilakukan pada 12 Juli 2021. 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *