Jadwal Dividen Elnusa (IDX: ELSA) 2021, Ini Tanggal Cum Date-nya

Tempias.com, JAKARTA – PT Elnusa Tbk. (IDX: ELSA) menetapkan dividen 2021 sebesar Rp 10,23 per lembar. Dividen ELSA ini setara dengan 30 persen laba tahun buku 2021 sebesar Rp 74,724 miliar. 

Selain dividen, ELSA menetapkan laba tahun lalu diperuntukkan untuk cadangan wajib sebesar Rp 9,96 miliar atau setara 4 persen. Sedangkan sebanyak Rp 164,39 miliar ditempatkan sebagai laba ditahan. 

Dalam keterbukaan informasi yang dikutip Jumat, 23 Juli 2021, jadwal dividen ELSA akan dimulai pada pekan depan. Pemegang saham ELSA menetapkan cum dividen 2021 pada 29 Juli 2021 di pasar reguler dan negosiasi. Sementara investor yang berhak memperoleh dividen pada pasar tunai adalah pemegang saham ELSA hingga penutupan perdagangan 2 Agustus 2021.

 

BACA JUGA: Profil Ali Mundakir, Direktur Utama Elnusa (ELSA)

 

Selanjutnya akhir periode perdagangan tanpa dividen (Ex dividen) saham ELSA ditetapkan pada 30 Juli 2021 untuk pasar reguler dan negosiasi serta 3 Agustus 2021 pada pasar tunai. 

ELSA akan melakukan recording date dividen 2021 pada 2 Agustus 2021 pada pukul 16.15 WIB. Sedangkan pembayaran dividen atau masuk ke rekening RDN investor pada 20 Agustus 2021.

“Bagi pemegang saham yang sahamnya dimasukkan dalam penitipan kolektif KSEI, pembayaran dividen tunai akan dilaksanakan melalui KSEI dan akan didistribusikan pada tanggal 20 Agustus 2021 ke dalam Rekening Dana Nasabah (RDN) pada Perusahaan Efek atau Bank Kustodian dimana pemegang saham membuka rekening efek.” tulis manajemen dalam pengumumannya.

Lebih jauh manajemen menjelaskan bahwa pemegang saham yang sahamnya tidak dimasukkan dalam penitipan kolektif KSEI maka pembayaran dividen tunai akan ditransfer ke rekening bank pemegang saham. 

 

hasil rups ELSA Dividen Rp per lembar
RUPS ELSA pada Rabu, 21 Juli 2021 menetapkan dividen Rp 10,2 per lembar./Foto: ELSA

Berikut tanggal penting terkait pembagian dividen ELSA 2021:

  • 29 Juli 2021 : Akhir periode perdagangan saham dengan hak dividen (Cum Dividen) pasar  reguler dan negosiasi
  • 2 Agustus 2021 : Akhir periode perdagangan saham dengan hak dividen (Cum Dividen) pasar tunai 
  • 30 Juli 2021 : Akhir periode perdagangan saham tanpa hak dividen (Ex Dividen) pasar reguler dan negosiasi
  • 3 Agustus 2021: Akhir periode perdagangan saham tanpa hak dividen (Ex Dividen) pasar tunai
  • 2 Agustus 2021 : Tanggal daftar pemegang saham yang berhak atas dividen (recording date) 
  • 20 Agustus 2021 : Tanggal pembayaran dividen tunai. 

 

BACA JUGA: Kinerja Semester I/2021 Sariguna (IDX: CLEO), Laba per Lembar Naik 41 Persen

 

Lebih jauh, terkait pembagian dividen ini, Manajemen ELSA mengingatkan dividen tunai dikenai pajak oleh pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

“Bagi Pemegang Saham yang merupakan Wajib Pajak Luar Negeri yang pemotongan pajaknya akan menggunakan tarif berdasarkan Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda (P3B) wajib memenuhi persyaratan Peraturan Direktur Jenderal Pajak No. PER-25/PJ/2018 tentang Tata Cara Penerapan Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda,” tambah manajemen. 

Pemegang saham dengan wajib pajak luar negeri juga harus menyampaikan dokumen bukti rekam atau tanda terima DGT/SKD yang telah diunggah ke laman Direktorat Jenderal Pajak kepada KSEI atau BAE dengan tenggat waktu sesuai dengan peraturan dan ketentuan KSEI. Bila tidak bisa menunjukkan dokumen dari KSEI dengan format dimaksud, dividen tunai yang dibayarkan akan dikenakan PPh pasal 26 sebesar 20 persen.  

RUPS kali ini, dua direksi ELSA juga ditetapkan diganti. Akan tetapi pemegang saham belum menetapkan pejabat definitif namun dirangkap oleh direksi yang sudah ada.

Dari jajaran komisaris juga terjadi pergantian, pemegang saham menetapkan Wakhid Hasyim menggantikan posisi Antonius Ratdomopurbo. Dengan keputusan ini, maka manajemen ELSA terdiri dari:

DIREKSI ELSA RUPS Juli 2021:

  • Direktur Utama : Ali Mundakir
  • Direktur Operasi merangkap Direktur Pengembangan Usaha: Tenny Rony Hartanto
  • Direktur SDM & Umum merangkap Direktur Keuangan : Elfrida

DEWAN KOMISARIS ELSA RUPS Juli 2021:

  • Komisaris Utama : Agus Prabowo
  • Komisaris : Wakhid Hasyim
  • Komisaris Independen : Lusiaga Levi Susila
  • Komisaris Independen : Anis Baridwan

2 komentar pada “Jadwal Dividen Elnusa (IDX: ELSA) 2021, Ini Tanggal Cum Date-nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *