Prospek Saham IPO Mei 2021, Harapan Duta Pertiwi (IDX: HOPE) & Bidang Usahanya

Tempias.com, JAKARTA – IPO PT Harapan Duta Pertiwi Tbk dijadwalkan 24 Mei 2021 menggunakan kode saham HOPE. 

Bidang usaha Harapan Duta Pertiwi (IDX: HOPE) adalah industri karoseri kendaraan bermotor roda empat atau lebih dan industri trailer serta semi trailer. Dengan kata lain Harapan Duta Pertiwi membuat bak karoseri dengan merek pengenal HDP. 

Selain itu, perusahaan juga memiliki hak merek HOPE untuk Badan Mobil; Casis Mobil; Pegangan Pintu Mobil; Pelek untuk Roda Kendaraan; Atap yang Dapat Dilipat untuk Mobil; Pintu Mobil; Tempat Bagasi untuk Mobil; Jeruji untuk Roda Mobil; Pemegang Roda Cadangan untuk Mobil; Pompa Udara untuk Mobil; Tirai Jendela M, Casis Kendaraan, Casis untuk Kendaraan Darat, Karoseri untuk Kendaraan Gandengan/Kereta Tempelan, Karoseri untuk Kendaraan Roda Empat atau Lebih Kategori Bak Tertutup, Kategori Tangki, Katogeri Bak Terbuka, Karoseri Wadah Atau Bak Penampungan Untuk Kendaraan Pembuangan, Truk, Truk Mini, Truk Pengangkut Barang, Truk Pengangkut Barang, Truk Sampah, Truk Sampah untuk Industri Pertambangan, Truk Semi Trailer, hingga Truk Tangki Air. 

Alamat kantor pusat dan pabrik Harapan Duta Pertiwi (IDX: HOPE) terletak di Kawasan Industri Purati Kencana Alam, Kav. 23E, Jl. Raya Serang Km 18.8 Cikupa, Tangerang. 

 

Dalam prospektusnya, HOPE menyebutkan akan melepaskan 851,66 juta lembar saham dengan nominal Rp20 dan ditawarkan dengan nilai Rp118 per lembar. Dengan demikian, melalui IPO, HOPE akan mengumpulkan modal tambahan Rp 100,49 miliar. 

Jumlah saham yang dilepaskan setara 40 persen saham baru. 

Seiring IPO HOPE, juga dilepaskan waran seri I secara cuma-cuma sebanyak 425,83 juta lembar. Pelepasan waran menggunakan rasio setiap pemegang dua lembar saham baru berhak atas satu waran. Harga pelaksanaan waran yang digunakan adalah Rp 200. 

Pelepasan waran ini jika terserap sepenuhnya maka akan membuat HOPE menambah modal baru sebanyak Rp 85,16 miliar. 

Dana dari IPO ini 90 persen digunakan untuk modal kerja pembelian bahan baku untuk pembuatan bagian-bagian atau karoseri kendaraan bermotor. 5 persen untuk peningkatan fasilitas pabrik dan penunjang serta 5 persen untuk pembelian mesin produksi. 

 

BACA JUGA: IPO Mei 2021, Prospek Saham Ladangbaja Murni & Bidang Usaha

 

Adapun dana pelaksanaan waran seri I digunakan sepenuhnya untuk belanja bahan baku pembuatan bagian-bagian ataupun karoseri kendaraan bermotor. 

Setelah IPO, pemegang saham HOPE akan mengalami penyesuaian. Keluarga besar mendiang Jong Kanesis yang semula memiliki 100 persen saham perusahaan akan terdilusi menjadi 50 persen setelah IPO dan Waran seri I dijalankan. 

Sedangkan publik akan memiliki sisanya, baik dari IPO maupun Waran. 

Keluarga mendiang Jong Kanesis mengendalikan HOPE  melalui PT Harapan Group Sukses (99 persen) dan PT Duta Pertiwi Indonesia (1 persen). 

Pada kedua perusahaan cangkang ini, janda Jong Kanesis yakni Then Lie Hwa atau lebih dikenal dengan Jessica Jong merupakan pemegang saham pengendali. 

Jessica Jong yang juga ibu dari Direktur Utama PT Harapan Duta Pertiwi Tbk, Kevin Jong ini secara struktur mengendalikan 50 persen saham dalam Harapan Group Sukses maupun Duta Pertiwi Indonesia. 

Sementara sang putra, Kevin Jong memiliki 30 persen, sedangkan putrinya, Clarissa memiliki 20 persen saat sebelum IPO.

SEJARAH Harapan Duta Pertiwi (IDX: HOPE)

Secara hukum, Harapan Duta Pertiwi (IDX: HOPE) didirikan oleh Alm. Jong Kanesis. pada 2005. Berjalan 1 tahun atau 2006, Jong Kenesis wafat dan usaha diteruskan oleh sang istri, Then Lie Hwa atau lebih dikenal dengan Jessica Jong. 

Kevin Jong kemudian mulai menjalankan perusahaan keluarga ini sejak 2010. Bertindak sebagai Direktur Utama, Kevin kemudian mengembangkan bisnis keluarganya dengan diversifikasi produk. Dari mulanya berfokus pada  dump truck merambah ke ragam produk karoseri seperti tangki air, tangki crude palm oil (CPO) dan bahan bakar minyak (BBM). 

Pada tahun-tahun selanjutnya HDP mampu membangun tangki hi blow, cement mixer, wing box, box besi untuk logistic, trailer untuk mengangkut container, self loader untuk mengangkut alat berat, hingga logging truck untuk mengangkut log kayu. Hingga Prospektus diterbitkan, portofolio Perseroan masih berfokus pada industri karoseri.  

Dengan pabrik dan jumlah karyawan yang ada, HOPE mampu memproduksi 120 unit per bulan dengan satu shift pekerja. 

“Kategori produk utama Perseroan adalah Gross Vehicle Mass (GVM) >24 ton terutama dump truck, wing box, dan tangki BBM,” tulis HOPE dalam prospektusnya. 

 

BACA JUGA: Daftar Saham CPO 2021 & Riwayat Dividen

 

HOPE sendiri mencatat pangsa pasar yang dimiliki untuk masing-masing produk masih di bawah 5 persen. Berdasarkan data pasar dari Gaikindo, total penjualan kategori ini pada 2017, 2018, 2019 dan 2020 secara berurutan adalah 20.779 unit, 29.825 unit, 20.901 unit, dan 6.507 unit. 

Dengan realitas penjualan nasional ini, maka HPD memiliki pangsa pasar 4 persen, 2,5 persen, 1,8 persen dan 3 persen dari total penjualan pasar. 

Pelanggan terbesar HPD terdiri dari PT Wahana Indo Trada Mobilindo, PT Indomobil Prima Niaga, dan PT Catur Putra Manunggal. 

Pada tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2019, PT Seino Indomobil Logistics melakukan pembelian secara tidak langsung melalui PT Indomobil Prima Niaga. 

Harapan Duta Pertiwi (IDX: HOPE) tercatat memiliki ekuitas Rp31,27 miliar per November 2020. Jumlah ini melonjak tajam dibandingkan Desember 2019 sebesar Rp9,8 miliar.

Lonjakan ekuitas perusahaan ini seiring pemegang saham melakukan uang muka setoran modal sebesar Rp 25 miliar. Sedangkan utang perusahaan mencapai Rp 59,73 miliar. 

Liabilitas ini terdiri dari kewajiban jangka pendek Rp57,15 miliar dan utang jangka panjang Rp 2,58 miliar. 

Dengan kondisi ini maka aset HOPE mencapai Rp 91,01 miliar dari sebelumnya Rp 66,51 miliar. 

Untuk pendapatan neto perusahaan per 2017 hingga 2019 dan per 30 November 2020 secara berurutan adalah Rp88,62 miliar (2017), Rp 98,81 miliar (2018), Rp 62,51 miliar (2019) dan Rp 28,41 miliar (November 2020). 

Sedangkan laba  yang dicapai Rp 82,73 juta (2017), Rp 1,45 miliar (2018), Rp 1,43 miliar (2019) dan rugi Rp 3,54 miliar (Nov 2020). 

CARA MEMESAN SAHAM IPO Harapan Duta Pertiwi (IDX: HOPE) Mei 2021:

I. Pemesanan saham hanya dapat dilakukan melalui website IPO BAE. Langkah pemesanan
adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke halaman: http://bimaregistra.co.id/ipo
b. Ketik Nomor Sub Rekening Efek anda di kolom ID ACC dan klik Search untuk pencarian nama
c. Kemudian akan tampil rincian data lengkap atas nama Sub Rekening yang dicari. Bila informasi sesuai, lanjut mengisi kolom;

i. Jumlah Pemesanan (dalam lembar)
ii. Nomor Telepon (harus tersedia WA pada nomor tersebut)
iii. Email
iv. Nomor Rekening untuk refund dana.

d. Setelah anda klik Submit akan muncul kode QR yang harus anda simpan dan informasi jumlah pemesanan, jumlah dana yang harus dibayarkan serta nomor Rekening Pembayaran
IPO.
e. Bila anda ragu apakah pemesanan anda telah tercatat atau belum, anda dapat mengulangi proses diawal.
f. 1 (satu) pemesan hanya dapat melakukan 1 (satu) kali pemesanan.
g. Operasional website pukul 10.00 – 15.00 WIB.

II. Pemesan mencetak FPPS, menandatangani, dan mencoret pilihan pada FPPS.
III. Pemesanan akan ditolak jika:

a. Nama pada nomor sub-rekening efek dengan KTP yang ditunjukkan berbeda;
b. Informasi dalam sub-rekening efek berbeda dengan informasi dalam KTP.

IV. Pemesan melakukan pembayaran ke:
PT Bank Mayapada Internasional Tbk
Cabang : KPO Mayapada Tower, Jakarta
Nomor Rekening : 100-300-29623
Atas nama : PT Danatama Makmur Sekuritas
Isi kolom berita dengan nomor FPPS dan Nama Pemesan.

 

BACA JUGA: Update Daftar Saham Coal (Batu Bara) 2021 dari Indeks IDXEnergy BEI

 

V. Pembayaran pemesanan saham tidak dapat dilakukan menggunakan Mobile Banking, ATM Transfer, dan Pembayaran Virtual Account.
VI. Pemesan yang tidak mencantumkan No FPPS dan Nama Pemesan pada bukti pembayaran
akan ditolak.
VII. Masa Penawaran Umum dilakukan pada tanggal 11 – 18 Mei 2021.
VIII. Setelah melakukan pembayaran, menyiapkan fotocopy KTP/Paspor dan mengisi FPPS, pemesan melakukan proses upload dokumen dengan langkah sebagai berikut :

a. Masuk ke halaman: http://bimaregistra.co.id/ipo
b. Ketik Nomor Sub Rekening Efek anda di kolom ID ACC dan klik Search
c. Kemudian akan tampil kode QR yang pada bagian bawahnya ada tombol upload.
d. Lakukan proses upload dokumen sesuai dengan kolomnya masing-masing (maksimal besaran file 10MB)

IX. Setelah melakukan proses upload akan ada pemberitahuan melalui media WhatsApp mengenai pemesanan, apakah sudah lengkap atau belum
X. Jika belum lengkap, anda harus mengulangi proses upload.
XI. Kelengkapan data FPPS, Slip Pembayaran serta fotokopi KTP/Paspor ini agar dapat dilengkapi dan diupload selambat-lambatnya pukul 15:00 WIB

Masa Penawaran Umum Perdana akan berlangsung selama 2 (dua) hari kerja, yaitu dimulai pada tanggal 11 – 18 Mei 2021. Jam penawaran dibuka pukul 10.00 WIB dan ditutup pada pukul 15.00 WIB.

Jadwal Lengkap IPO HOPE 2021:

  • Tanggal Efektif IPO HOPE: 7 Mei 2021
  • Masa Penawaran Umum Perdana Saham IPO HOPE: 11 – 18 Mei 2021
  • Tanggal Penjatahan IPO HOPE: 20 Mei 2021
  • Tanggal Distribusi Saham IPO HOPE: 21 Mei 2021
  • Tanggal Pengembalian Uang Pesanan IPO HOPE: 21 Mei 2021
  • Tanggal Pencatatan IPO HOPE pada Bursa Efek Indonesia: 24 Mei 2021
  • Awal Perdagangan Waran Seri I 24 Mei 2021
  • Akhir Perdagangan Waran Seri I
    • – Pasar Reguler & Negosiasi 20 Mei 2024
    • – Pasar Tunai 22 Mei 2024
  • Awal Pelaksanaan Waran Seri I 24 November 2021
  • Akhir Pelaksanaan Waran Seri I 23 Mei 2024
  • Akhir Masa Berlaku Waran Seri I 23 Mei 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *