Profil Jaffee A. Suardin, Dirut Pertamina Hulu Rokan Penopang Lifting Nasional

Tempias.com, JAKARTA – Pertamina, induk perusahaan energi milik negara menetapkan Jaffee A Suardin sebagai Direktur Utama Pertamina Hulu Rokan. 

Pertamina Hulu Rokan adalah perusahaan dalam konglomerasi Pertamina di bawah sub holding Pertamina Hulu. Cucu usaha ini akan bertugas melanjutkan peran Chevron dalam mengelola Blok Rokan di Riau. Blok ini merupakan salah satu lapangan utama di Tanah Air. Bahkan sejak pertama kali operasi, Blok Rokan telah memproduksi lebih dari 2 miliar barel 

Lalu siapa Jaffee Suardin? Dilihat dalam laman profilnya di Linkedin, Jaffee merupakan alumni Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Kimia. 

 

BACA JUGA: Profil Dedi Sunardi Bos Baru Pertamina era Erick Thohir

 

Selanjutnya Jaffee melanjutkan pendidikannya di Texas A&M University untuk jenjang master dan doktoral. Bidang yang ditekuni Jeffee adalah Process Safety Engineering. 

Di sela pendidikannya, Jaffee kemudian bekerja sebagai Research Assistant Mary Kay O’Connor Process Safety Center (2004 – 2008).

Karirnya kemudian berlanjut sebagai Technical HSE Engineer untuk Shell Project & Technology, serta Upstream Major Project di Shell International Exploration & Production. 

Karir di Shell ini berlanjut sampai akhirnya Jeffee dipanggil oleh Archandra Tahar, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral tersingkat dalam sejarah RI, sebagai staff khusus pada 2016. 

Jabatannya kemudian berlanjut menjadi Deputi Perencanaan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) pada 2017. Saat itu, Archandra ditetapkan sebagai Wakil Menteri ESDM oleh Presiden Joko Widodo. 

Kini, Jeffee akan ditunjuk menjadi punggawa utama mengejar lifting minyak nasional untuk mencapai target nasional. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *