Pembangkit Energi Listrik (PLTP) Baturraden 220 MW Ditinggal Investor (STEAG PE GmbH) Jerman

Tempias.com, JAKARTA – PT Sejahtera Alam Energy (SAE), pengembang panas bumi yang mengelola WKP Gunung Slamet, Jawa Tengah atau Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Baturraden kembali ditinggal investornya. 

Setelah sebelumnya kerjasama dengan PT Adaro Power pada 2011 batal. Perusahaan, hari ini, Jumat, 23 April 2021 mengumumkan di media, induk usaha lokalnya PT Nirwana Suci Abadi, mengambil alih saham STEAG PE GmbH Jerman. 

“PT Nirwana Suci Abadi telah menjadi pemegang saham pengendali baru perseroan,” tulis manajemen dalam pengumumannya. 

Disebutkan dalam pengumuman yang sama, Nirwana Suci Abadi melakukan sejumlah pembelian dengan 89 persen saham perusahaan dari STEAG PE GmbH Jerman.

“Pengambilalihan tersebut telah mendapat persetujuan dari seluruh pemegang saham perseroan berdasarkan berita acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa perseroan tanggal 20 April 2021,” tulis pengumuman lebih lanjut. 

PLTP Batu Raden di lereng Gunung Slamet yang masuk wilayah Brebes dan Banyumas memiliki potensi 280 MW. Meski begitu perusahaan dari Jerman ini dalam rencana hanya mengembangkan 220 MW. 

Proyek ini rencananya akan tersambung dengan gardu induk Bumiayu. PLTP Baturaden sendiri merupakan bagian dari program fast track tahap 2 pembangkit 35.000 MW. Rencana yang diumumkan STEAG PE GmbH, PLTP mulai memproduksi listrik pada 2024. 

Kementerian ESDM pada 2017 mencatat total investasi yang dibutuhkan dalam pengembangan PLTP Batu Raden ini sebesar US$ 900 juta, dimana untuk tahap eksplorasi membutuhkan dana sekitar US$ 75 juta.

Energi panas bumi merupakan energi yang bersih dan ramah lingkungan, dimana emisi CO2 yang dihasilkan dari PLTP hanya 1,5% dari PLTU dan 2,7% dari PLTG. Karena energi panas bumi ini tidak dapat diekspor dan hanya dapat dimanfaatkan di lokasi dimana energi panas bumi berada, makan pengembangannya perlu didukung oleh semua pihak dalam rangka mewujudkan kemandirian energi.

Akan tetapi dengan perubahan investor ini, mungkinkah akan terjadi? Mari menunggu.  

 

One thought on “Pembangkit Energi Listrik (PLTP) Baturraden 220 MW Ditinggal Investor (STEAG PE GmbH) Jerman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *