Ke Jakarta, Baik Sewa Apartemen atau Tinggal di Hotel?

Tempias.com, JAKARTA – Harga sewa apartemen di kota besar seperti Jakarta relatif naik setiap tahun. Bahkan untuk kawasan utama, harga sewa tidak banyak berubah bahkan di tengah pandemi Covid-19. 

Harga sewa apartemen di Jakarta juga beragam. Bahkan sewa sejumlah apartemen di Jakarta ditawarkan ada yang sampai Rp 3 jutaan per bulan. Meski begitu tidak sedikit apartemen yang menyasar para ekspatriat menyewakan apartemen hingga puluhan juta. 

Sewa apartemen sendiri juga relatif fleksibel. Sejumlah pemilik memutuskan menyewakan apartemen secara harian, lainnya sewa apartemen secara bulanan, namun tidak sedikit juga yang menetapkan sewa secara tahunan. 

Keunggulan mengambil lama sewa langsung dengan jangka panjang tentunya terkait lebih murahnya sewa yang ditawarkan. 

Meski begitu, dalam sewa yang panjang terdapat sejumlah beban yang tersembunyi yang pada akhirnya membawa harga sewa apartemen lebih tinggi. Biaya tersembunyi seperti listrik, biaya klub hingga keamanan dan air. 

Namun dibandingkan dengan tinggal di hotel, apartemen menawarkan fleksibilitas yang lebih tinggi. Apalagi untuk tujuan liburan, sewa apartemen menawarkan penghematan yang lebih besar hingga ketersediaan ruangan yang lebih mampu menanggung banyak. 

Lalu apa saja kelebihan menyewa apartemen dibandingkan hotel? 

  • Harga sewa  relatif lebih murah

Apartemen dengan hotel kelas sejenis biasanya memiliki rentang sewa yang jauh. Sewa apartemen biasanya lebih hemat, karena tidak bertambah dengan biaya pegawai dalam jumlah besar seperti yang ditanggung hotel. 

  • Fleksibilitas

Apartemen seperti hotel menyediakan beragam jenis ruangan yang dapat ditawarkan. Makin luas ruangan hotel atau apartemen, makan mahal harga yang harus dibayarkan. Meski begitu, kebutuhan ruang yang lebih besar lebih mudah dicari jika yang disasar adalah apartemen. Pasalnya untuk ukuran sejenis, hotel akan menawarkan harga berkali-kali lipat dibandingkan sewa apartemen dengan ukuran sama. 

  • Fasilitas tak sebanyak hotel namun cukup tersedia

Sejumlah apartemen menyediakan fasilitas untuk penggunanya seperti klub olahraga hingga kolam renang. Fasilitas yang sama  juga dimiliki oleh sejumlah hotel. Akan tetapi di hotel akan ada biaya tambahan yang membuat harga sewa hotel menjadi lebih mahal. 

  • Peraturan lebih sederhana

Tinggal di apartemen meski memiliki aturan yang rigid, namun jika dibandingkan dengan hotel, aturan tinggal di kawasan ini  jauh lebih sederhana. Sedangkan di hotel hampir semua kegiatan terdapat aturan dan biaya yang harus ditanggung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *