Profil Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang, Dirut PAL 2021 Pilihan Erick Thohir

Tempias.com, JAKARTA – Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang ditetapkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Direktur Utama PT PAL Indonesia (persero) yang baru. 

Pergantian direksi dalam perusahaan yang tergabung dalam BUMN Pertahanan dan Manufaktur itu tertuang dalam  Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK- 123/MBU/04/2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT PAL Indonesia (Persero). 

Dalam surat keputusan itu, Kementerian BUMN menunjuk Iqbal Fikri sebagai Direktur Produksi PT PAL.  Sedangkan Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan diisi oleh Kuntjoro Pinardi.

Lalu siapa Kaharuddin Djenod? 

Dilihat dalam video penghargaan Achmad Bakrie XIII Bidang Teknologi, profil Kaharuddin Djenod disebut sebagai sosok yang menopang pengembangan industri maritim Indonesia melalui inovasi teknologi. 

“Khususnya pengembangan sistem dan metode mutakhir desain kapal laut yang terbukti mampu bersaing di dunia internasional,” tulis panitia penghargaan Achmad Bakrie XIII dalam pengantarnya. 

Kaharuddin Djenod sendiri menjalankan PT Terafulk Megantara Design dan PT Terafulk Global Biz. 

Pria kelahiran 1971 ini menamatkan pendidikannya sepenuhnya di Jepang. Pendidikannya dimulai di Nagasaki Institute of Applied Science jurusan Arsitek Perkapalan. 

Dia kemudian melanjurkan pendidikan master dan doktornya di Negara yang sama yakni Horishima University. Dalam program doktoralnya, Kaharuddin Djenod juga mengambil jurusan arsitek perkapalan. 

Dalam perjalanan karirnya, Kaharuddin Djenod terlebih dahulu berkarir di Shinkurushima Dockyard di Imabari, Jepang. 

Atas dedikasinya dalam bidang perkapalan, selain menerima penghargaan Achmad Bakrie XIII, Kaharuddin Djenod juga menerima penghargaan BJ Habibie Technology Award-BPPT dan The Best Naval Architect Student in Japan (SNAJ). 

Dalam perjalanan karirnya, Kaharuddin Djenod telah mendesain ratusan kapal milik perusahaan Jepang. Jenis kapal yang dirancang mulai dari Oil Tanker, Chemical Tanker, LPG Tanker, Pure Car Carrier, Container vessel, hinga ragam lainnya yang sebagian besar dibangun di Jepang. 

Pria kelahiran Surabaya ini telah mematenkan desainnya yang telah diaplikasikan oleh galangan kapal Jepang penghasil Chemical-Tanker terbesar di dunia, Shinkurushima Dockyard. Demikian juga Mitsubishi Heavy Industry, perusahaan galangan kapal terbesar nomor dua di dunia dan tertua di Jepang. 

Kini dengan pengalaman panjang merancang kapal untuk perusahaan Jepang, Kaharuddin Djenod yang memiliki orang tua berasal dari Sulawesi Selatan ini diminta membantu membangun industri perkapalan Indonesia. Mari kita tunggu sepak terjangnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *