Hasil RUPS BMAS 2021, Saham Bank Maspion Rights Issue 2,28 Miliar Lembar

Tempias.com, JAKARTA –  Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa PT Bank Maspion Indonesia Tbk. (BMAS) yang diselenggarakan pada 8 April 2021 menetapkan persetujuan penyelenggaraan Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu atau rights issue

Jumlah saham baru yang diterbitkan BMAS dalam aksi korporasi yang dipublikasikan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada Senin, 12 April 2021 sebanyak 2.285.792.296 lembar saham dengan nominal Rp 100.

RUPS LB BMAS  menyetujui harga pelaksanaan, rasio dan jadwal rights issue ditetapkan oleh direksi. 

Meski begitu, sebagai acuan harga saham BMAS Rp 1.290 per lembar dalam perdagangan Senin, 12 April, maka perseroan berpotensi meraup dana Rp 2,94 triliun. Untuk kepastian harga pelaksanaan sendiri tentu bergantung kepada keputusan manajemen perusahaan.  

Aksi ini jika dilaksanakan seluruhnya dengan saham BMAS saat ini beredar 4.443.509.738 lembar saham, maka akan menciptakan efek dilusi 33,97 persen. 

RUPS LB BMAS juga menyetujui perubahan anggaran dasar dan menyesuaikan klasifikasi usaha yang dilakukan oleh perusahaan yang dikendalikan keluarga Markus itu. 

“Menyetujui perubahan dan pernyataan kembali Anggaran Dasar Perseroan dalam rangka penyesuaian dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan dan dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI), sebagaimana telah dijelaskan dalam Rapat,” tulis Iwan Djayawasita, Sekretaris Bank Maspion dalam risalah RUPS LB.

Sebelumnya pada 2020 lalu, Presiden Direktur Grup Maspion menyebutkan pelepasan sekitar 30 persen saham BMAS akan mendatangkan modal sebanyak Rp 3 triliun. 

Kasikornbank Public Company Limited yang saat ini menggenggam 9,99 persen saham BMAS akan meningkatkan kepemilikan menjadi sedikitnya 40 persen. 

Bank asal Thailand itu disebutkan tengah menjalankan uji kelayakan dan kepatutan di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

   

 

Pemegang saham Bank Maspion, April 2021

  • PT Alim Investindo: 62,01 persen
  • PT Guna Investindo: 5,87 persen
  • PT Maspion: 12,46 persen
  • Kasikornbank Public Company Ltd: 9,99 persen
  • Alim Markus: 1,22 persen
  • Alim Mulia Sastra: 0,98 persen
  • Alim Prakasa: 0,98 persen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *