Hasil RUPS Fajar Wisesa (FASW) 2021, SCG Thailand Bawa Dividen Rp 95,80 Miliar

Tempias.com – RUPS PT Fajar Surya Wisesa Tbk. atau FASW 2021 menetapkan pembagian dividen Rp 70 per lembar saham. 

Besaran dividen Fajar Surya Wisesa yang dibagikan untuk tahun buku 2020 itu setara dengan 49,09 persen laba tahun lalu (payout ratio). 

Sedangkan 50,85 persen lainnya atau setara Rp 179,64 miliar akan dimanfaatkan Fajar Surya Wisesa sebagai modal kerja dan antisipasi rencana pembiayaan ekspansi perseroan. 

Dalam risalah yang dipublikasikan KSEI, Jumat, 26 Maret 2021, RUPS FASW yang diselenggarakan 24 Maret 2021 lalu itu juga ditetapkan Akuntan Publik Harry Widjaja dan KAP Siddharta Widjaja & Rekan sebagai lembaga yang mengaudit laporan keuangan perusahaan untuk tahun buku 2021. 

Fajar Surya Wisesa juga menetapkan pergantian Komisaris Utama pada rapat pemegang saham tahunan kali ini. Wichan Jitpukdee yang sebelumnya bertindak sebagai komisaris naik menjadi Komisaris Utama menggantikan Tanawong Areeratchakul. 

Sedangkan posisi Wichan Jitpukdee yang kosong digantikan oleh Kulachet Dharachandra. Dalam rapat tahunan ini, perseroan juga menetapkan kenaikan honorarium dan tunjangan bagi dewan komisaris naik 6 persen dari ketetapan saat ini. 

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, pemegang saham FASW adalah Siam Cement Group (SCG) melalui anak usahanya SCG Packaging PTE. LTD atau SCG Packaging (SCGP) dengan kepemilikan 55 persen. 

Sedangkan sebanyak 44,48 persen saham FASW digenggam Intercipta Sempana. Perusahaan yang dikendalikan oleh taipan Winarko Sulistyo yang juga komisaris perusahaan. 

Sedangkan pemegang saham publik sangat kecil dalam perusahaan ini yakni 0,29 persen. Atas kondisi rendahnya saham publik ini yang seharusnya minimal 7,5 persen, saham FASW telah disuspensi oleh BEI sejak 1 Februari 2021 lalu. 

Dengan rasio ini, maka dari laba yang dibagikan Siam Cement Group mendapatkan bagian dividen Rp 95,80 miliar. Sementara taipan Winarko Sulistyo melalui Intercipta memperoleh Rp 70,14 miliar. 

JADWAL DIVIDEN Saham Fajar Surya Wisesa (FASW) 2021

  • Tanggal Cum Dividen di Pasar Reguler & Pasar Negosiasi Saham Fajar Surya Wisesa (FASW): 1 April 2021
  • Tanggal Ex Dividen Saham Fajar Surya Wisesa (FASW) di Pasar Regular & Pasar Negosiasi: 5 April 2021
  • Tanggal Cum Dividen Saham Fajar Surya Wisesa (FASW) di Pasar Tunai: 6 April 2021
  • Tanggal Ex Dividen Saham Fajar Surya Wisesa (FASW) di Pasar Tunai: 7 April 2021
  • Tanggal Pencatatan (Recording Date) Dividen Saham Fajar Surya Wisesa (FASW): 6 April 2021
  • Tanggal Pembayaran Dividen Tunai Saham Fajar Surya Wisesa (FASW): 22 April 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *