IPO Sunter Lakeside (SNLK), Ini Profil Sapto Utomo Hidajat Pemegang Saham Pengendali

Tempias.com – IPO saham Sunter Lakeside Hotel akan diselenggarakan pada 29 Maret 2021. 

Dalam gelaran IPO Sunter Lakeside Hotel ini, Bursa Efek Indonesia telah menetapkan kode saham yang digunakan yakni SNLK.

Dalam IPO SNLK ini pemegang saham akan melepas 150 juta lembar dengan harga saham Sunter Lakeside Hotel (SNLK) Rp150 per lembar. Artinya dari gelaran IPO SNLK akan terkumpul dana Rp22,5 miliar. 

Awal didirikan pada 1995, hotel ini bernama Clarion Sunlake Hotel. Meski begitu, posisinya yang dekat Danau Sunter, membuat pemegang saham kemudian mengubah nama menjadi Sunlake Hotel.

Sebelum IPO, pemegang saham SNLK atau hotel Danau Sunter adalah Bambang Waluyo Hidajat melalui Unilink Ventures Inc. Bambang menguasai 100 persen perusahaan cangkang ini. 

Sedangkan Unilink memiliki 45 persen saham SNLK. 

 

BACA JUGA : Saham IPO Maret 2021, Prospek Sunter Lakeside & Bidang Usaha

 

Pemegang saham SNLK terbesar kedua sebelum IPO adalah Sapto Utomo Hidajat dengan kepemilikan 14,68 persen, Leonard Hidayat (7,33 persen), Danies Hidayat (7,33 persen), Cheng Wai Ming (6,6 persen), Alexander Hidajat (5,1 persen), Jason Hidajat (5,1 persen), Elane Hidajat (4,43 persen) dan Isabel Hidajat (4,43 persen). 

Hotel Danau Sunter menetapkan Sapto Utomo Hidajat sebagai pemegang saham penerima manfaat terakhir atau Ultimate Beneficial Ownership meski bukan pemegang saham terbesar. 

Dilihat dalam prospektus, Bambang Waluyo dan saudaranya yang juga bertindak sebagai komisaris utama, Surjo Luhur Hidajat memiliki hubungan saudara dengan Direktur Utama Sapto Utomo Hidayat. 

Prospektus juga menegaskan seluruh pemegang saham SNLK terikat tali keluarga baik istri, keponakan hingga saudara. 

Lalu siapa, Sapto Utomo Hidajat? dilihat dalam profilnya dalam prospektus, Sapto saat ini juga menjalankan PT Inax International. Perusahaan produsen toilet duduk dengan merek dagang Ina Sanitary. 

 

BACA JUGA : IPO Maret 2021, Harga Saham Hotel Sunter (SNLK) Rp 150 per Lembar

 

Taipan dari Semarang, Jawa Tengah ini juga menjalankan perusahaan Sango Ceramics Indonesia. Produsen peralatan makan berbahan keramik yang sebagian besar produksinya untuk pasar ekspor terutama Amerika Serikat. 

Sapto sendiri merupakan alumni Cornell University pada tahun 1976. 

Setelah IPO SNLK, maka keluarga Hidayat yang akan muncul ke publik hanya Unilink Ventures Inc. dengan kepemilikan 30 persen dan Sapto Utomo Hidajat dengan saham sebanyak 9,77 persen. Kemudian pemegang saham di bawah 5 persen menjadi 33,33 persen.

Jajaran Direksi Sunter Lakeside Maret 2021

  • Direktur Utama : Sapto Utomo Hidajat
  • Direktur : Alexander Hidajat
  • Direktur : Daniel Hidayat
  • Komisaris Utama : Surjo Luhur Hidajat
  • Komisaris : Nicholas Thomas Pelliccione
  • Komisaris Independen : Ricardo Suhendra Wirjawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *