IPO ERA Graha 2021, Ini Profil Darmadi Darmawangsa Sang Pemegang Saham Pengendali

Tempias.com –  PT Era Graharealty Tbk, dikenal juga dengan dengan nama ERA Indonesia menjadwalkan melakukan IPO dengan melepas 20 persen saham pada 9 Maret 2021 mendatang. 

Bidang Era Graharealty adalah waralaba dan jasa agen real estat dengan merek dagang ERA Indonesia. 

Berdasarkan prospektus sebelum IPO, saat ini dalam akta perubahan terakhir, Era Indonesia dimiliki oleh PT Realti Indo Mandiri (RIM) dengan kepemilikan 99,99 persen dan dan PT Realti Jaya Abadi (RJA) dengan 0,01 persen.

Sedangkan saat pendirian pertama kali, pemegang saham ERA Indonesia adalah Dharmala Realindo (salah satu entitas dalam PT Dharmala Intiland Tbk.) dengan kepemilikan 80 persen, Taman Harapan Indah yang juga anak usaha (10 persen), dan Dharmala Intiland Tbk. (pada 2007 berubah nama menjadi PT Intiland Development Tbk) dengan kepemilikan di ERA sebanyak 10 persen. 

Setelah melalui beberapa kali perubahan kepemilikan, dalam akta terakhir Realti Indo Mandiri (RIM) menjadi pemilik terakhir dengan penguasaan 99,99 persen. 

Lalu siapa di belakang RIM. Prospektus dari ERA menyebutkan pemilik terakhir atau ultimate beneficial owner adalah Darmadi Darmawangsa.

Dalam prospektus, profil Darmadi Darmawangsa tercatat sebagai kelahiran Ujung Pandang, 29 September 1971.

Dia tercatat menyelesaikan tiga gelar di Amerika Serikat yakni di jurusan teknik sipil di California State University, serta tingkat sarjana dan Magister Teknik Lingkungan di Massachusetts Institute of Technology Cambridge USA yang diselesaikan pada 1996. 

Darmadi kemudian sepulangnya dari AS langsung mengambil peran di Grup Dharmala sebagai asisten project manager, karirnya kemudian naik menjadi manajer konstruksi Taman Harapan Indah, dan terus mendaki menjadi GM Marketing Era Indonesia dan kemudian menjadi direktur sejak tahun 2000. 

 

BACA JUGA :Saham IPO Februari-Maret 2021, Profil PT Era Graharealty Tbk, Bidang Usaha dan Prospek Bisnis

 

Dengan demikian, Darmadi telah 20 tahun menjalankan ERA Indonesia. Meski begitu, secara hukum RIM sebagai pemilik 99 persen saham baru terjadi pada Februari 2019. Sebelumnya, pemegang 99 persen saham Era Indonesia adalah PT Esa Realty Aditama. 

Dalam IPO Era Indonesia, perusahaan akan direncanakan melepas 20 persen saham perusahaan atau setara dengan 189.973.700 lembar saham. Nominal saham yang dilepas adalah Rp 10. 

Saham IPO ini, sebanyak 47.36 juta lembar merupakan saham biasa yang dikeluarkan dari portepel. Sementara 142,60 juta lembar lainnya merupakan divestasi pemegang saham awal yakni PT Realti Indo Mandiri atau milik Darmadi Darmawangsa. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *