Saham IPO Februari-Maret 2021, Profil PT Era Graharealty Tbk, Bidang Usaha dan Prospek Bisnis

Tempias.com – PT Era Graharealty Tbk diperkirakan menyelenggarakan IPO atau pencatatan saham perdana pada 9 Maret 2021. 

Bidang usaha Era Graharealty adalah Waralaba dan Jasa Agen Real Estat dengan merek dagang ERA Real Estate. 

Kantor Pusat ERA beralamat pada TCC Batavia Tower One, Lantai 8, Suites 3-5 Jl. K.H. Mas Mansyur Kav. 126 Jakarta Pusat. 

Dalam prospektusnya yang ditampilkan dalam laman UOB Kay Hian Sekuritas, Era Graharealty direncanakan melepas 20 persen saham perusahaan atau setara dengan 189.973.700 lembar saham. Nominal saham yang dilepas adalah Rp 10. 

 

BACA JUGA : IPO ERA Graha 2021, Ini Profil Darmadi Darmawangsa Sang Pemegang Saham Pengendali

 

Lebih terperinci disebutkan dalam IPO Era Graharealty kali ini, sebanyak 47.36 juta lembar merupakan saham biasa yang dikeluarkan dari portepel. Sementara 142,60 juta lembar lainnya merupakan divestasi pemegang saham awal yakni PT Realti Indo Mandiri. 

Harga pelasanaan IPO ERA Real Estate adalah Rp 105 per lembar. Dengan demikian, melalui pelepasan saham ini akan terkumpul dana Rp 22,79 miliar. Dari dana yang terkumpul dalam IPO, sebanyak Rp 17,11 miliar akan dibayarkan kepada PT Realti Indo Mandiri sebagai pihak yang melakukan divestasi. Sedangkan Rp 5,68 miliar akan masuk ke perusahaan setelah pelepasan dari portepel. 

Dalam prospektusnya, ERA Real Estate diperkirakan akan melakukan penawaran umum pada 2 – 4 Maret 2021 mendatang. Sedangkan pelaksanaan IPO dengan seremoni pencatatan di Bursa Efek Indonesia dilakukan pada 9 Maret 2021. 

Sementara itu, sebelum IPO dilaksanakan pemegang saham PT Era Graharealty Tbk adalah PT Realti Indo Mandiri (99,72 persen) dan PT RJA (0,27 persen). 

Setelah IPO dan divestasi dilakukan, komposisi pemegang saham ERA Real Estate adalah Realti Indo Mandiri (79,73 persen), RJA (0,27 persen) serta Masyarakat 20 persen. 

 

BACA JUGA : Prospek & Profil Saham PWON, Emiten Blue Chip 2021 Sektor Properti

 

Seiring pelepasan saham perdana, pemegang saham pengendali juga akan mencatatkan seluruh sahamnya di Bursa Efek Indonesia. Dengan pilihan in maka jumlah saham yang dicatatkan seluruhnya menjadi 949,86 juta lembat atau 100 persen modal ditempatkan atau disetor penuh. 

Dana hasil IPO yang didapat perusahaan setelah aksi sebesar Rp 5,68 miliar setelah dikurangi biaya akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja terkait kegiatan operasional Perseroan. Belanja modal kerja itu seperti menggalakkan marketing dan program rekrutmen member broker dan agen baru.

Hasil IPO juga digunakan untuk memperkuat existing brand ERA saat ini sehingga brand ERA semakin kuat dibanding dengan kompetitor, merekrut software engineer untuk mengelola IT System menjadi lebih efisien, menyediakan training berstandar internasional dan mengembangkan kerjasama dengan pengembang properti untuk memasarkan proyek-proyek rumah kantor hingga lahan industri ke masyarakat. 

 

BACA JUGA : Prospek Saham Bank Jago (ARTO), Bidang Usaha dan Profil Pemegang Saham Terbaru

 

Sedangkan hasil divestasi sebesar Rp 17,11 miliar sepenuhnya menjadi milik pemegang saham yakni PT Realti Indo Mandiri. 

Dalam prospektus awal di situs UOB Sekuritas (kode broker : AI), Era tidak menampilkan neraca keuangan. Meski begitu perusahaan menampilkan ekuitas per 30 Juni 2020 dengan posisi modal ditempatkan dan disetor sebesar Rp 9 miliar, selanjutnya terdapat tambahan modal disetor sebesar Rp 17,5 miliar yang berasal dari tambahan modal RJA. 

Perusahaan mencantumkan saldo laba mengalami rugi -Rp 12,37 miliar. Namun perusahaan memiliki penghasilan komprehensif Rp 240 juta.  Dengan kondisi ini, total ekuitas Era setelah penambahan modal disetor menjadi Rp 14,26 miliar. 

Artinya jika penambahan modal oleh RJA dikeluarkan, maka ERA dalam posisi negatif modal -Rp3,13 miliar.

UOB menyebutkan prospektus lengkap PT Era Graharealty Tbk dapat diperoleh pada Masa Penawaran Umum yaitu dari tanggal 2 – 4 Maret 2021. 

Sedangkan Formulir Pemesanan Pembelian Saham dapat diperoleh dengan cara mengirimkan email pengajuan pemesanan saham dengan ketentuan dan persyaratan sebagai berikut:

  1. Nama pemesan;
  2. Nomor sub rekening efek;
  3. Single Investor Identification (SID);
  4. Jumlah pesanan; dan
  5. Informasi terkait detail nama bank, nomor rekening, dan nama pemilik rekening untuk keperluan pengembalian uang pemesanan (refund).

Pemesan juga wajib melampirkan dokumen berikut:

  1. Tanda jati diri (KTP/Paspor bagi perorangan dan Anggaran Dasar dan Perubahannya yang memuat susunan pengurus terakhir bagi badan hukum); dan
  2. Bukti transfer/pemindahbukuan pembayaran pemesanan yang memuat nama pemesan pada berita/keterangan;

Informasi dan lampiran dokumen tersebut harap dikirimkan ke alamat surat elektronik berikut: era.ipo@gmail.com

Jadwal Sementara IPO Saham PT Era Graharealty Tbk, Maret 2021

  • Masa Penawaran Awal : 18 – 23 Februari 2021
  • Perkiraan Tanggal Efektif : 26 Februari 2021
  • Perkiraan Masa Penawaran Umum : 2 – 4 Maret 2021
  • Perkiraan Tanggal Penjatahan : 5 Maret 2021
  • Perkiraan Tanggal Pengembalian Uang Pemesanan : 8 Maret 2021
  • Perkiraan Tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik : 8 Maret 2021
  • Perkiraan Tanggal Pencatatan Pada Bursa Efek Indonesia : 9 Maret 2021

Prospektus lengkap dapat di download di sini

 

One thought on “Saham IPO Februari-Maret 2021, Profil PT Era Graharealty Tbk, Bidang Usaha dan Prospek Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *