Profil Ali Ghufron Mukti, Direktur Utama BPJS Kesehatan 2021-2026

Tempias.com- Ali Ghufron Mukti akhirnya terpilih menjadi Direktur Utama BPJS Kesehatan periode 2021-2026. Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Surat Keputusan tentang penetapan Ali Ghufron Mukti menjadi Direktur BPJS Kesehatan yang baru. 

Siapa sebenarnya sosok Ali Ghufron Mukti yang dipercaya menjadi direktur utama BPJS Kesehatan ini? 

 

Baca juga: Profil Edwin Aristiawan, Direktur BPJS Kesehatan Pilihan Jokowi

 

Profil Ali Ghufron Mukti 

Ali Ghufron Mukti merupakan profesor di bidang kedokteran yang menjabat sebagai Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (SDID), pada Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Kesehatan pada periode 2011-2014. 

Pada saat menjabat di Kementerian Kesehatan, Ali Ghufron Mukti sempat menjabat sebagai Menteri Kesehatan mengisi kekosongan setelah meninggalnya Menteri Kesehatan saat itu Endang Rahayu Sedyaningsih. Ali Ghufron Mukti menjabat Menkes dari 30 April 2012 – 14 Juni 2012 sampai Presiden SBY melantik Nafsiah Mboi sebagai Menkes berikutnya dan Ali Ghufron Mukti kembali menjadi Wamenkes.

Sebelumnya, Ali Ghufron Mukti merupakan Dekan Fakultas Kedokteran UGM (Universitas Gadjah Mada) pada 2008 dan pernah mejadi Ketua Pengelola Gama Medical Center (2001). 

Ali Ghufron Mukti lahir di Blitar, Jawa Timur, Indonesia, pada 17 Mei 1962. Ia menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Kedokteran, UGM, dan selanjutnya mendapat gelar master di  Tropical Medicine, The Department of Tropical Hygiene, Mahidol University, Bangkok, Thailand.

Ali Ghufron mukti lalu mendapatkan gelar Doktor di Faculty of Medicine, University of Newcastle, Australia, dan juga mendapat Profesi Ahli Asuransi Kesehatan (AAK) dari Pamjaki. 

Kepakaran Ali Ghufron Muki di bidang jaminan kesahatan sudah ia tunjukkan sejak muda. Ia bahkan disebut-sebut sebagai salah satu tokoh penggagas lahirnya sistem jaminan kesehatan terpadu di Indonesia. Ia mendirikan Jamkesmas saat mejabat Ketua Pengelola Gama Medical Center (GMC). Ia pernah menjabat direktur jaringan kesehaan masyarakat di UGM yang kemudian memberinya kesempatan mengembangkan Jamkesmas yang kini menjadi BPJS.

Penunjukan Ali Ghufron Mukti sebagai Direktur Utama BPJS Kesehatan periode 2021-2026 merupkana kesempatan bagi dia untuk membuktikan diri memajukan dan meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat. 

Untuk lima tahun ke depan Ali Ghufron Mukti akan memimpin BPJS Kesehatan bersama dengan enam direktur lainnya yaitu:

  • Andi Afdol: Direktur BPJS Kesehatan 2021-2026
  • Arief Witjaksono Juwono Putra, Direktur BPJS Kesehatan 2021-2026
  • David Bangun, Direktur BPJS Kesehatan 2021-2026
  • Edwin Aristiawan Direktur BPJS Kesehatan 2021-2026
  • Lily Kresnowati Direktur BPJS Kesehatan 2021-2026
  • Mahlil Ruby Mundiharno Direktur BPJS Kesehatan 2021-2026

 

 

4 thoughts on “Profil Ali Ghufron Mukti, Direktur Utama BPJS Kesehatan 2021-2026

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *