Prospek Saham CENT, Bidang Usaha dan Pemegang Saham

Tempias.com – Bidang usaha PT. Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT) adalah penyewaan menara untuk operator seluler dan inbuilding distributed antenna system (DAS). 

Hingga Maret 2020, Centratama memiliki 2.250 menara dengan 849 site inbuilding DAS. 

Kantor Pusat Centratama Telekomunikasi berada di TCC Batavia Tower One Lt. 19 & 16, Jl. KH. Mas Mansyur Kav. 126, Jakarta 10220. 

Centrataman (CENT) didirikan pada 1987 dengan nama Centrindo Utama, perusahaan kemudian berganti bernama  Centrin Online pada tahun 2000. 

 

BACA JUGA : Daftar Saham Blue Chip Syariah 2021 dan Bidang Usahanya

 

Centrin Online mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia per 1 November 2001. Harga saham CENT saat IPO adalah Rp 125 dengan jumlah saham yang dilepaskan 18,18 persen.

Selanjutnya pada  2013, perusahaan kembali berganti nama menjadi PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk. (CENT) seiring pergantian pemegang saham. 

Pada 2002, Perseroan mendirikan 3 anak perusahaan, yaitu PT Centrin Nuansa Teknologi yang berkantor di Bandung dengan kepemilikan 99 persen, Centrin Communications Ltd. yang bertempat di British Virgin Islands, serta Centrin Technology Pte. Ltd., yang berkedudukan di Singapura, masing-masing dengan kepemilikan 100 persen.

Centratama juga mengakuisisi 51 persen saham PT Khasanah Timur Indonesia pada 2008. Khasanah merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyelenggaraan Jasa Internet dan penyelenggara Jasa Internet Telepon untuk Keperluan Publik (ITKP).

Pada Desember 2010, CENT memperluas bisnis dengan membentuk PT Centrin Teknologi Indonesia (PT CTI) dengan kepemilikan saham sebesar 55 persen. Bidang usaha Centrin Teknologi adalah perdagangan alat-alat multimedia, komputer, telepon seluler dan aksesorisnya. Berjalan setahun, bisnis ini kemudian ditutup. 

Pada 2014, bisnis penyediaan jasa  internet (ISP) dialihkan kepada pihak ketiga yakni PT Ultima Globalindo. 

 

BACA JUGA : Update Daftar Saham Blue Konvensional Chip 2021 dan Bidang Usahanya

 

Selanjutnya, perusahaan meningkatkan ekspansi pada bisnis in-building solutions dan proyek-proyek microcell dengan mengakuisisi PT Network Quality Indonesia (NQI) dan entitas anaknya PT MAC Sarana Djaya (MAC), serta PT Fastel Sarana Indonesia (FSI).

 

Atau dengan kata lain secara singkat, bidang usaha CENT terdiri dari : 

  • BTS yang memiliki menara macro dengan ketinggian sampai dengan 20 meter dari permukaan tanah untuk menara micro dan dengan ketinggian lebih dari 20 meter untuk menara macro. 
  • Internet atau Triple Play service yang menggunakan jaringan serat optik untuk pelanggan retail maupun corporate
  • BTS Hotel, secara sederhana bisnis ini adalah penguatan sinyal untuk wilayah remote dengan menggunakan kabel optik. 
  • Pengiatan sinyal dalam gedung
  • Penyedia WIFI baik di ruang publik maupun gedung
  • Digital Signage, bisnis ini adalah layar media digital untuk periklanan, promosi, pengumuman, dan produk lainnya.
  • IP Transit

 

PEMEGANG SAHAM CENT

Northstar Group melakukan negosiasi untuk menjadi pemegang saham pengendali CENT pada 2012. Perusahaan investasi asal Singapura itu menempatkan Clover Universal Enterprise Ltd. sebagai perpanjangan tangan perusahaan di Centratama. Pada 2014, masuknya Northstar diresmikan dalam RUPS sekaligus melakukan pengalihan segmen usaha dalam bidang penyedia jasa akses internet kepada PT Ultima Globalindo sebagai pihak ketiga. 

Setelahnya Centratama melakukan sejumlah aksi korporasi di bawah koordinasi dengan Northstar. Terdapat dua entitas milik Northstar dalam Centratama yakni Clover Universal Enterprise dan Trimegah Sekuritas.

Berdasarkan registrasi di Bursa Efek Indonesia, pemegang saham Centratama Telekomunikasi (CENT) per 31 Januari 2021 terdiri dari: 

  • Clover Universal Enterprise (41,80 persen)
  • Trimegah Sekuritas Tbk. atau TRIM (7,6 persen)
  • UOB Kay Hian Pte. Ltd. (21,19 persen), serta
  • Zico Allshroes yang ditempatkan di UOB Kay Hian (17,12)
  • Publik dan lainnya (12,27 persen)

 

2 thoughts on “Prospek Saham CENT, Bidang Usaha dan Pemegang Saham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *