Jadi Tokoh Google Doodle, Ini Profil Marie Thomas Dokter Pertama dari Indonesia

Tempias.com – Google doodle hari ini, 17 Februari 2020 menampilkan sosok Marie Thomas, perempuan pertama dari Indonesia yang menjadi dokter dan diakui dunia. 

Marie Thomas merupakan perempuan kelahiran Likupang, Minahasa, Sulawesi Utara. Marie Thomas lahir pada 17 Februari 1896 dan meninggal di Bukittinggi Sumatera Barat pada 10 Oktober 1966. Ia merupakan perempuan pertama yang menjadi dokter. 

Lulusan Sekolah Pendidikan Dokter Hindia (STOVIA) itu pada mulanya menjadi spesialis di bidang kandungan. Ia menjadi dokter pertama indonesia yang ahli di bidang obstetri dan ginekologi. Keahliannya di bidang kandungan ini mendorong Marie Thomas mendirikan sekolah kebidanan di Bukitiggi yang masih terkenal sampai hari ini. 

Maria Thomas merupakan anak dari Adrian Thomas yang merupakan perwira militer belanda. Semasa hidup ia sering berpindah dari satu daerah ke daerah lain mengikuti tempat penugasan ayahnya. Marie Thomas bisa menjadi perempuan pertama yang bersekolah di STOVIA dengan bantuan dari Yayasan yang didirikan oleh Charlotte Jacobs. Yayasan ini memberi bantuan pendidikan bagi wanita Indonesia yang ingin belajar di STOVIA. 

 

Marie Thomas Dokter Perempuan Pertama

 

Ahli Kebidanan, Marie Thomas Dokter Perempuan Pertama

Setelah menamatkan pendidikan di STOVIA pada 1922, Marie Thomas memulai praktik di Rumah Sakit Utama di Batavia. Ia kemudian berpindah tugas ke Medan, Manado dan selanjutnya kembali bertugas di Batavia. 

Saat bertugas, Marie Thomas merupakan dokter perempuan yang berani mempraktikkan ilmu kedokteran modern dalam membantu persalinan. Ia merupakan dokter Indonesia pertama yang meggunakan alat modern seperti intrauterine device dan pengaturan kelahiran saat proses persalinan. 

Setelah menjadi dokter, Marie Thomas menikah dengan Moehammad Joesoef pada 1929 yang merupakan sahabatnya saat bersekolah di STOVIA. M Joesoef adalah warga Solok, Sumatera Barat. Di situlah ia kemudian mendirikan sekolah kebidanan di Bukittinggi yang terkenal sampai hari ini. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *